Sabtu, 06 Mei 2017

Untung Mobil Nissan Pakai Dua 'S' | Penjelasan Arti Kata Nissan dan Nisan

Salah satu merk mobil yang terkenal adalan Nissan di samping mobil Toyota dan mobil produsi Honda. Dalam blog ini tentu tidak akan dibahas secara detail mobil-mobil pabrikan Nissan karena ini adalah blog bahasa, maka akan dibahas dari segi bahasa saja, tidak dari segi detail mobil.

Pernahkah bepikir apa arti kata Nissan? Pernahkah juga Anda membandingkan ada kata 'nisan' dalam bahasa Indonesia yang identik dengan kematian?

Logo 'Nissan' diambil dari: 4muda.com


Postingan ini saya tulis ketika melihat iklan mobil di blog, kemudian terpikir untuk melihat beberapa merk mobil. Perhatian tefokus pada nama mobil Nissan. Kemudian saya berusaha mencari arti kata Nissan. Setelah kesulitan mencari arti Nissan karena pasti merujuk pada merk mobil, maka saya putuskan untuk mengetik Nissan dalam google translate, kemudia saya 'deteksi bahasa'nya. Yang muncul adalah bahasa Jepang. Begitu ditejemahkan lagi-lagi artinya adalah 'Nissan' sebagai merk mobil.

Dalam google translate, kata Nissan juga disediakan dalam aksara Jepang. Muncul huruf begini: 日産 tolong jangan tanya saya bagaimana bacanya, karena saya juga tidak mengetahui cara membaca rangkaian huruf yang saya salin-tempel dari google translate tersebut. Untuk mengetahui arti asalnya maka saya terjemahkan rangkaian huruf tersebut dalam google penerjemah ini. Yang muncul justru arti yang sama dalam bahasa Indoensia yaitu merk mobil.

Maka kemudian saya putuskan untuk menerjemahkan satu persatu. Pertama kata 日 saya terjemahkan dalam google yang muncul adalah kata 'hari'. Kemudian bagian yang kedua, 産 yang muncul adalah kata 'produksi'. Mungkin yang dimaksud dengan Nissan dalam bahasa Jepang jika diterjemahkan secara bahasa artinya adalah 'Produksi sehari-hari'.

Tentu arti Nissan yang saya terjemahkan menjadi 'Produksi sehari-hari' atau 'Hari yang produktif' adalah usulan saya yang saya terima dari google terjemah. Tentu tidak akurat. Mungkin jika ada orang yang mengerti bahasa Jepang bisa berkomentar untuk meluruskan arti Nissan.

Sementara itu, dalam bahasa Indonesia ada kata 'nisan'. Jika dilihat artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah 'tonggak pendek dan sebagainya yang ditanam di atas kubur sebagai penanda'. Tonggak yang digunakan biasanya benda yang berisi tulisan nama, nama orang tua, tempat tanggal lahir, dan tempat tanggal meninggal. 

Jadi, nisan adalah penanda yang berisi identitas orang yang dikubur di tempat itu. Identitas itu tidak hanya berisi informasi standar, tetapi juga bisa berisi informasi atau kutipan yang diinginkan atau identik dengan orang yang di kubur. Misalnya, pesan Gus Dur, Presiden Keempat RI, beliau berpesan agar di nisannya ditulis 'Di sini dikubur seorang humanis'. 

Bahkan ada nisan yang tidak ada nama, hanya tanda bahwa di situ adalah kuburan manusi. Ada pula yang hanya ditulis 'Pemuda' pada nisannya karena tidak dikenal dan gugur dalam sebuah pertempuran mempertahankan kemerdekaan.

Jadi, istilah nisan, identik dengan kata batu, yaitu 'batu nisan'. Yang dimaksud dengan 'batu nisan' tidak harus berupa batu yang terbentuk secara alami dari magma atau lava yang mendingin dan mengeras. Dewasa ini, yang dimaksud batu nisan bisa berupa cetakan semen, kayu, atau memang batu yang diukir.

Sementara itu, dalam KBBI, kata nisan juga dirujuk pada kata 'maesan'. Artinya sama persis. Bedanya 'maesan' adalah serapan dari bahasa Jawa. Sementara itu, dalam bahasa Jawa juga dikenal istilah 'patokan' yang juga identik dengan nisan. 

Kembali ke Nissan dalam bahasa Jepang, dilihat dari sini keduanya tidak memiliki keterkaitan arti. Nissan dalam bahasa Jepang artinya seperti yang sudah disebutkan di atas, memiliki arti positif karena berkaitan dengan produksi dan produktif. Sementara nisan yang hanya satu s, dalam bahasa Inodonesia artinya adalah tanda tempat orang mati dikubur.

Semoga informasi yang ringan ini bermanfaat. Selamat membaca....

Selasa, 02 Mei 2017

Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP/MTs 2017

Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP/MTs 2017

Berikut ini merupakan kunci jawaban sekaligus pembahasan soal Ujian Nasional
Bahasa Indonesia tahun 2017 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Mei 2017. Pembahasan dan kunci jawaban berikut ini merupakan pendapat pribadi saya. Jika ada kesalahan mohon koreksi melalui komentar.


Bacalah Teks beirkut, kemudian kejrakan soal nomr 1 s.d. 3!
Mengerjakan Soal (ilustrasi) | Foto oleh Muntijo


Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia, baik langsung maupun tidak langsung. Komponen lingkungan dapat dibedakan menjadi lingkungan abiotik, biotik sosial, dan budaya. Lingkungan abiotik adalah unsur lingkungan hidup yang tediri atas benda-benda tidak hidup yang terdiri atas makhluk hidup, seperti manusia, tumbuhan, hewan, dan jasad renik. Lingkungan sosial adlah lingkungan yang dibuat oleh manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam peirlau sebagai makhluk hidup.

Aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan. Dampak terhadap lingkungan muncul karena manusia cenderung mengambil sumbe rdaya alam dari lingkungan secara berlebihan tidak lagi sekadar mempertahankan kebutuhan hidup. Akibat dari perilaku tersebut, lingkungan mengalami kerusakan. Kerusakan lingkungan makin parah seiring dengan perkembangan kehidupan manusia.

Soal Nomor 1
Petanyaa yang jawabannya sesuai dengan isi paragraf pertama adalah....
a. Ada berapa jenis komponen lingkungan?
b. Apa saja manfaat lingkungan bagi manusia?
c. Bagaimana lingkungan memengaruhi manusia?
d. Mengapa lingkungan terus mengalami kerusakan?

Jawaban: A

Pembahasan:
Jawaban untuk pertanyaan Ada beapa jenis komponen lingkungan ada pada paragraf pertama. Yaitu ada tiga komponen yaitu komponen abiaotik, biotik sosial, dan budaya.

Soal Nomor 2

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua tersebut adalah....
a. Lingungan abiotik adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas benda-benda tak hidup.
b. Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang  mempunyai kehidupan manusia baik kehiduapn manusia baik langsung atau tidak langsung.
c. dampak terhadap lingkungan muncul karena manusia cenerung mengambil sumber daya alam dari lingkungan secara berlebiha.
d. Lingkungan sosial adalah lingkungan yang dibuat oleh manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyainan dalam perilaku sebagai makhluk hidup.

Jawaban: C

Pembahasan:
Teapat pada bagian tengah paragraf kedua.

Soal Nomor 3

Makna dampak dalam teks tersebut adalah....
a. persoalan
b. pengaruh
c. penyebab
d. permasalahan

Jawaban: B

Pembahasan:
Aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan.

Dalam teks di atas, dampak sama artinya dengan pengaruh.

Bacalah teks beirkut, kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
(1) Hutan tropis yang kaya dengan keragamannya menjadi sumber penghidupan Indonesia. (2) Puluhan juta masyarakat Indonesia mengandalkan hidup dan mata pencahariannya dari hutan. (3) Mereka mengumpulakan bebagai jenis hasil hutan. (4) Merka juga bekerja di sektor industri pengolahan kayu dari hasil hutan.

Indonesia menjadi pusat pehatian dunia karena melakukan peusakan sumber daya alam yang semena-mena di negeri ini. “Keajaiban ekonomi Indonesia pada 1980-an dan 1990 ternyata sebagaian terjadi dengan menghancurkan lingkungan dan pelanggaran hak dan tradisi masyarakat lolak. Pembalakan ilegal sudah berlangusng secara tertang-terangan dalam volume yang sangat besar selama bertahun-tahaun dan diyakini telah merukan hutan seluas 10 juta hektar.

Soal Nomor 4
Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah....
a. sekarang Indonesia menjadi pusat perhatian dunia.
b. Keajaiban ekonomi Indonesia (tahun 1980-an dan 1990-an)
c. peruskan sumber daya alam Indonesia yang semena-mena.
d. pembalakan ilegal sudah berlangsung secara terang-terangan

Jawaban: C

Pembahasan:
Yang ditanyakan adalah ide pokok. Ide pokoknya adalah perusakan alam Indonesia yang semena-mena. Mulai dari ilegal loging. Bahkan penah menjadi pusat perhatian dunia karena merusak dengan sangat ekstrem. Disebutkan bahwa 10juta hektar hutan yang rusak.

Soal Nomor 5
Kalimat utama pada paragaraf pertama tersebut ditandai dengan nomor....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

Jawaban: A

Pembahasan:
Kalimat utama berisi informasi umum. Kalimat (1) dalam soal di atas berisi informasi umum tentang manfaat alam dan hutan. Kalimat-kalimat selanjutnya merupakan pendukung pernyataan pada kalimat (1). Hutan menjadi sumbe penghidupan, dibuktikan dengan puluhan juta orang bekerja di sektor ini (2), mengumpulkan hasil hutan (3), dan bekerja di sektor industri pengolahan kayu (4), ini semua mendukung pernyataan kalimat 1.

Bacalah kutipan teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 6-8!
Senam otak atau Brain Gym adalah serangkaian latihan berbasis gerakan tubuh sederhana. Gerakan ini dibuat untuk merangsang otak kiri dan otak tkanan. Selain itu, untuk meingankan atau merelaksasi bagian belakang dan bagian depan otak, serta merangsang sistem ang tekait dengan perasaan atau emosional, yakni otak tengah dan otak besar.

Paul E Denison, PhD adalah orang yang pertama kali mengenalkan metode Brain Gym pdas 1900-an. Meskipun sederhana, brain gym mampu memudahkankegiatan belajar dan melakukan penyesuaian tehradap ketegangan, tantangan, dan tuntutan hidup sehari-hari.

(1) Pada mulanya, senam otak dimanfaatkan untuk anak yang mengalami gangguan, seperti hiperaktif, keusakan otak, sulit konsentrasi, dan depresi. (2) Namun dalam perkembangannya, setiap orang memanfaatkan brain gym untuk beragam kegunaan, terutama membuat gelombang otak menjadi alfa. (3) Saat ini, hampir di sekolah-sekolah terbaik di seluruh dunia, brain gym sedang digemari. (4) Brain gym dimanfaatkan di sekolah-sekolah karena banyak siswa dan guru yang merasa terbantu melepaskan stres, menjernihkan pikiran, dan meningkatkan daya ingat.

Soal nomor 6
Simpulan dari paragraf ketiga teks tersebu adalah....
a. Brain gym merangsang otak kiri dan otak kanan.
b. Brain gym sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan.
c. Senam otak adalah serangkain latihan berbasis gerakan.
d. Hampir di sekolah-sekolah terbaik mengajarkan brain gym.

Jawaban: B

Pembahasan:
Jawban B, Brain gym sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan menjadi kesimpulan yang paling tepat karena pada paragraf ktiga, dijelaskan bahwa brain gym digunakan di sekolah untuk menjernihkan pikiran. Berarti kalau pikiran jernih belajar akan lebih mudah. Jadi, intinya sangat bermanfaat bagi pendidikan.

Soal Nomor 7
Pernyataan yang menunjukkan persetujuan pada paragraf ketiga teks tersebut ditandai dengan nomor....
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1

Jawaban: A

Pembahasan:
Persetujuan adalah pendapat yang tidak menolak. Pernyataan yang tidak menolak dan justru menunjukkan alasan sebuah pendapat terdapat pada kalimat keempat (4). “.... kerena banyak siswa dan guru yang merasa terbatun melepaskan stress... “ Jadi ini pernyataan yang menyetujui bahwa brain gym dilaksanakan di sekolah.

Soal Nomor 8
Kalimat yang menyatakan hubungan sebagb akibat pada paragaraf ketiga ditandai dengan nomor .....

Jawaban: D Kalimat 4
Pembahasan:

Hubungan sebab akibat ditandai dengan kata ‘karena’ atau ‘sebab’ atau dikarenakan oleh. Nah, kalimat yang mengandung kata karena tersdapat pada klimat empat.

Bacalah Teks berikut!
(1)  Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. (2) Lingkungan bermacam-macam jenisnya. (3) Lingkungan yang ada di sekitar misalnya adalah lingkungan rumah, dan lingkungan sekolah. (4) Keberhsailhan lingkungan adalah salah satu hal yang perlu di suatu lin lingkungan. (5) Jika tidak merawat lingkungan tempat kita tinggal, kita sendiri yang akan meraskan akibatnya.

Soal Nomor 9
Kalimat yang tidak padu pada teks tersebur ditunjukkan nomor....

a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

Jawaban: A

Pembahasan:

Paragraf di atas tidak sedang membahas jenis-jenis lingkungan, melainkan sedang membahas tentang  hubungan timbal balik manusia dengan lingkungannya. Kalimat 3, 4, dan 5 behubungan dengan hubungan antara lingkungn dan manusianya. Sementara kalimat 2, tidak.


Soal Nomor 10

Bacalah teks berikut!

Berdasarkan ramalan BMKG, Pulau Jawa akan hujan dengan intensitas ringan sampai sedang. Di Jawa Tengah bagian selatan bahkan hujan sudah turun sebelum ramalan itu disampaikan. Kali Bogowonto yang melintasi di Purworejo meluap hingga membanjiri pemukiman dan pesawahan. Banjir tersebut sangat mengganggu aktivitas warga.

Peristiwa yang tergambar pada teks tersebut adalah....

a. Hujan lebat di Purworejo
b. Kali Bogowonto meluap
c. Banjir melanda pemukiman
d. Aktivitas warga menanggulangi banjir


Jawaban: B

Pembahasan

Yang ditanyakan adalah peristiwa yang tergambar dalam teks. Peristiwa yang digambarkan dalam teks adalah meluapnya sungai Bogowonto.  Digambarkan juga pada teks di atas bahwa, meluapnya Kali Bogowonto juga sampai membanjiri pemukiaman dan pesawahan.

Mungkin ada yang menjawab C, Banjir melanda pemukiman. Tetapi jawaban ini (menurut saya) salah karena tidak digambarkan banjir di pemukiaman itu bagaimana. Tidak disebutkan banjir berapa tinggi dipemukiaman, berapa rumah yang terendam. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.