INFO PENDAFTARAN PESERTA SERTIFIKASI GURU JALUR PRESTASI TAHUN 2017
Berdasarkan surat edaran nomor 17504/B.B2/GT/2017 tanggal 15 Juni 2017 Hal Pendaftaran Peserta Sertifikasi Guru Jalur Prestasi diinformasikan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan memberikan kesempatan bagi guru berprestasi untuk mengikuti sertifikasi guru tahun 2017. Jumlah kuota Sertifikasi Guru Jalur Prestasi tahun 2017 disiapkan sejumlah 100 guru.
Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah akan menyelenggarakan Olimpiade Guru Nasional Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada: Hari, Tanggal : Selasa s.d. Jum’at, 18 s.d. 21 Juli 2017 Tempat : Hotel UNY Yogyakarta Komplek Kampus UNY Karang Malang, Jl. Colombo Caturtunggal Sleman D.I. Yogyakarta Telp : (0274) 553079 Check-In : Selasa, 18 Juli 2017, Pukul 12.00 WIB Pembukaan : Selasa, 18 Juli 2017, Pukul 16.00 WIB Penutupan : Jum’at, 21 Juli 2017, Pukul 10.00 WIB
Sedikit pengantar, tulisan ini saya tulis menjelang idul fitri, eh tulisan yang benar idulfitri.
Dalam masyarakat Jawa dikenal idiom 'salah kaprah'. Salah artinya salah, kaprah memiliki dimensi makna berlaku, diterima, dan digunakan oleh masyarakat luas sehingga dianggap benar. Dalam beberapa hal, ke-salah-kaprah-an tersebut sudah tidak lagi dianggap sebuah kesalahan melainkan dianggap sesuatu yang sudah benar.
Contoh salah kaprah dalam bahasa Jawa, ada ungkapan nggodok kopi (menanak kopi). Sebenarnya yang dimaksud adalah memasak air (merebus air) setelah mendidih air tersebut digunakan untuk menyeduh kopi. Bukan kopi yang sedang direbus. Hal ini berlaku jua dalam ngulek sambel, menanak nasi (seharusnya: menanak beras untuk dijadikan nasi)
Tulisan Idulfitri yang Benar dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab
Dalam frasa menanak nasi dapat diketahui bahwa kasus 'salah kaprah' ini, juga menjangkiti bahasa Indonesia.
Kesalah-kaprahan seperti di atas terjadi karena penutur bahasa menginginkan istilah yang lebih singkat dari pada maksudnya. Hal tersebut diimbangi dengan diterimanya istilah yang diungkapkan oleh lawan tuturnya. Karena sudah sama-sama mengerti antara penutur (pembicara) dan mitra tutur (pendengar), maka istilah itu cukup untuk menyampaikan informasi, maka dianggap benar.
Ada pula istilah salah kaprah yang muncul karena ketidakpahaman dan ketidaktahuan dari penutur tentang istilah yang sedang dituturkannya.
Misalnya, penutur bahasa Indonesia ingin menggunakan istilah keren yang benuansa barat. Maka muncul istilah 'servis'. Jelas, kata tersebut diserap dari bahasa Inggris 'service' yang jika ditejemahkan secara sederhana artinya sama dengan 'layanan'. Maka, dalam istilah Indonesia juga dikenal istilah 'diservis' yang artinya 'dilayani'.
Tetapi, istilah tersebut berkembang cukup 'liar' sehingga arti kata servis yang digunakan dan dipahami oleh masyarakat luas menjadi 'perbaikan' atau 'memperbaiki'. Hal itu bisa kita lihat dalam tulisan yang terpampang dalam spanduk dan papan nama, misalnya ada tulisan Melayani Jual Beli dan Servis HP. Kata servis dalam kalimat tersebut 'dimaknai' perbaikan. Padahal, dalam bahasa Inggris, arti perbaikan adalah reparasi. Masing tidak parah jika ditulis servis ada pula sebuah bengkel yang menulis sevice. Sudah ditulis dalam ejaan Inggris, maknaya juga yang dimaksud adalah perbaikan. Ini salah kuadrat.
Istilah servis sebagai istilah salah kaprah terjadi karena penutur Bahasa Indonesia tidak memahami bahasa sumber, yaitu bahasa Inggris.
Karena sudah menjadi istilah yang salah tapi kaprah, jangan pula kita terlalu banyak protes dengan kesalahan-kesalahan itu. Diterima saja, tapi harus disadari bahwa itu salah. Sehingga kita tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama.
Kasus salah kaprah yang lain adalah penulisan idul fitri. Bahkan google pun yang dianggap sebagai mesin serba tahu, juga tidak mengetahui bahwa tulisan idul fitri merupakan penulisan yang salah. Ketika kita mengetik idulfitri di kotak telusur, maka oleh mesin pencari ini akan diberi tawaran perbaikan "Mungkin yang anda maksud idul fitri". Idulfitri merupakan istilah yang diserap dari Bahasa Arab menjadi bahasa Indonesia. Karena sudah terbiasa menulis idul fitri, baik media ataupun yang lainnya, maka dianggap penulisan idulfitri denan menggunakan spasi dianggap benar. Semua menganggap benar. Bahakan guru bahasa Indonesia di sekolah juga menganggap benar.
Padahal dalam kaidah penyerapan istilah yang berlaku dan dijadikan pedoman dalam pembentukan istilah yang berasal dari bahasa asing, harus sudah disesuaikan dengan lidah dan kaidah bahasa Indonesia. Jika diserap menjadi idul dan fitri maka seolah-olah terdiri dari dua istilah, padahal itu adalah satu istilah yang bersinonim dengan lebaran. Maka perlu ditulis dalam satu rangkaian karena merupakan satu istilah.
Tulisan yang benar adalah idulfitri tanpa spasi.
Nah, dalam kasus salah kaprahnya idulfitri ini, menunjukkan bahwa bangsa Indonesia masih belum memahami bahasanya.
Mengaku cinta Bahasa Indonesia? Mari terus pahami agar semakin cinta.
Dalam membuat atau menyusun RPP K13 Bahasa Inggris Kelas 10 Peminatan revisi baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni perihal pengembangan materi ajar harus berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar di dalam silabus. SKL merupakan target setiap pengajar yang berpedoman pada kurikulum 2013 revisi baru, anda harus bisa mencapai tolak ukur yang sudah ditetapkan pada silabus integrasi, apa yang terjadi di kelas itulah yang harus anda laporkan sesuai dengan alokasi waktu antara jam pembelajaran dengan tema pembahasan judul pokok. Pentingnya menyusun perencanaan mengajar yakni untuk mengembangkan kreatifitas pendidik disaat memberikan isi bahasan kepada murid, harapan itu adalah untuk mengasah metode-metode yang dimiliki oleh guru tersebut. Juga penelitian yang dilakukan setiap tatap muka mendorong pengajar memahami kemampuan, permasalahan, potensi, serta karakter masing-masing peserta didik. Mental peserta didik di usia remaja sangat rentan dengan pengaruh lingkungan luar sekolah, dikarenakan pemikiran remaja tersebut masih labil, ditambah dengan rasa keingintahuan yang makin menggebu-gebu menjadi tantangan guru untuk meredam karakter yang mnegarah kepada hal-hal yang negatif.
Silahkan dapatkan beberapa contoh format RPP dibawah ini.
Berikut RPP K13 Bahasa Inggris Kelas 10 Peminatan Revisi Baru :
Contoh metode mengajar yang kami bagikan merupakan pengalaman yang sudah dibuat oleh rekan-rekan kami sehingga harus dirubah sesuai dengan kenyataan yang terjadi di sekolah masing-masing.
File contoh format RPP K13 matematika wajib kelas X (10), XI (11) revisi baru semester 1 dan 2, bisa dijadikan bahan referensi ketika anda membuat laporan sesudah mengajar di sekolah. Penyusunan rencana mengajar harus berdasarkan silabus, karena itu merupakan pedoman pembelajaran guru dalam menyampaikan materi belajar kompetensi serta menghitung waktu antara tema dan jam pelajaran. Dalam memperhitungkan alokasi waktu Anda bisa bersikap bijaksana dengan menyesuaikan situasi, kemampuan, potensi, dan lingkungan siswa itu sendiri. Bila perkiraan Anda waktu tidak cukup, bisa mengarahkan pembelajaran diluar jam pelajaran seperti mengadakan les dirumah atau mengikuti kursus matematika praktis, juga bisa menggunakan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi internet. Karena mengemas pembelajaran menggunakan multimedia berdampak besar dalam komunikasi serta pendidikan, mengembangkan pembelajaran bisa dengan audio visual, alat peraga, video, serta animasi sehingga proses belajar lebih dinamis. Tercapainya pembahasan akan memberikan dampak positif terhadap peserta didik, selain mendapatkan pemahaman dari ulasan materi yang diberikan guru siswa tersebut mempunyai mental yang rajin belajar, otomatis masa depan mereka terbuka lebar dapat memilih dan memilah khususnya yang melanjutkan kuliah ke jenjang universitas. Jika mendapati murid berprestasi tapi kurang biaya segera arahkan untuk mendaftar ke perguruan tinggi melalui jalur beasiswa masyarakat berprestasi. Arahan tersebut bukan hanya akan memotivasi siswa juga menambah nilai plus di mata orang tua. Perangkat mengajar guru SMA berbeda dengan sekolah dasar, perbedaannya yakni pengajar di SMA, SMK, dan MA menurut bidang studi atau permata pelajaran, sedangkan SD menurut masing-masing pemegang kelas. Gaya mengajar untuk siswa menengah atas harus lebih mengutamakan komunikasi sehingga karakter peserta didik lebih terbuka dalam menemui kendala-kendala baik dari pemahaman materi maupun masalah di luar sekolah.
Informasi tambahan untuk guru SMA yakni RPP K13 Bahasa Inggris Kelas 10 11 yang berisi mengenai peluang untuk mendapatkan beasiswa S1 di luar negeri. Berikut contoh format untuk membuat rencana mengajar di sekolah, silahkan kunjungi halaman link di bawah ini.
Berikut Contoh Format RPP K13 Matematika Wajib Kelas XI Revisi Baru :
RPP Kurikulum 2013 Matematika kelas XII Kurikulum 2013 Download Demikian pembahasan kami, semoga bisa berguna bagi anda ketika menyusun laporan RPP. Apabila artikel ini bermanfaat mohon untuk dibagikan.
Pengambaran Sederhana Animasi Burung di Senja Hari
Dua arti yang pertama, merujuk pada istilah biologi yang berkaitan dengan ilmu hewan (zoologi). Yaitu menjelaskan tentang burung yang bersinonim dengan unggas.
Dimensi maknanya, burung adalah hewan yang bisa terbang. Meskipun bersayap dan berkaki dua, tetapi tidak bisa terbang, tidak disebut burung. Meskipun dari ordo avian.
Burung memiliki makna simbolis yang kuat. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di banyak negara. Di Indonesia, burung menjadi lambang negara, Burung Garuda, meskipun merupakan makhluk mitologi, burung garuda tidak ada wujud aslinya.
Sebagian partai juga menggunakan 'burung' sebagai lambang. Misalnya Partai Demokrat, menggunakan burung elang yang membawa lambang mercy Partai Demokrat. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang kelahirannya dibidani oleh Prabowo Subionto juga menggunakan gambar kepala burung (garuda) sebagi simbol partainya.
Tidakn sedikit pula produk yang menggunakan burung sebagai logo dan simbolnya. Transjakarta menggunakan elang bondol sebagai logonya, produk kacang ada yang menggunakan burung sebagai namanya, maskapai penerbangan Indonesia juga menggunakan burung sebagai namanya, karena identik dengan terbang. Ada maskapai Garuda, dan Merpati.
Burung, juga digunakan di negara lain. Mitologi Yunani yang akhirnya menyebar ke seluruh dunia melalui beragam rekonstruksi seni baik berupa tulisan maupun film dan teater. Dalam mitologi eropa ini, dikenal burung phoenix, burung api yang abadi.
Negara adidaya, Amerika Serikat juga menggunakan burung sebagai lambang negaranya. Elang Amerika.
Penggunaan 'burung' sebagai lambang oleh masyarakat modern, juga menjadi tindak lanjut 'penghormatan' terhadap burung oleh leluhur-leluhurnya. Dalam cerita rakyat bangsa Indonesia dikenal tokoh 'Jatayu'. Tokoh burung raksasa dalam pewayangan, yang berhati mulia dan sudi menolong orang yang baik. Karena bagian dari pewayangan, tokoh 'Jatayu' pasti juga dikenal di India.
Jadi, intinya, burung sebagai makhluk yang dihormati dikenal dan digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Mengapa 'burung' digunakan sebagai simbol atau lambang, tentu karena memiliki makna yang baik. Berikut ini makna penggunaan burung sebagai simbol atau lambang atau logo.
1. Burung adalah hewan yang bisa terbang. Terbang tinggi sekali menguasai angkasa. Maka penggunaan burung sebagai lambang menjadi simbol harapan bahwa sesuatu tersebut (organisasi, partai, produk, perusahaan) bisa terbang tinggi menembus angkasa.
2. Burung adalah hewan dengan pengelihatan tajam, maka diharapkan membawa makna menjadi sebuah badan yang disimbolkan tersebut sebagai lembaga atau badan yang awas terhadap perkembangan zaman.
3. Burung adalah hewan yang setia (merpati), digunakan sebagai simbol kesetiaan.
4. Burung adalah hewan yang abadi (phoenix) maka diharapkan menjadi simbol keabadian bagi penggunanya.
5. Burung juga menjadi simbol bagi keindahan dan kemerduan, maka juga digunakan sebagai logo perusahaan komunikasi 'twitter'.
Makna Negatif Burung
Burung selain memiliki makna positif, juga memiliki konotasi negatif sebagai kata ganti untuk kemaluan orang laki-laki. Lambang burung juga digunakan oleh para kartunis untuk menggambarkan kondisi 'alat kelamin' yang kesakitan.
Masih banyak pula konteks yang menunjukkan penggunaan kata 'burung' sebagai alat kelamin laki-laki. Mungkin tidak perlu dibahas di sini.
Arti Burung dalam Bahasa Lain
Kata yang dieja 'burung' tidak hanya dikenal dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa daerah, bahasa Madura, juga dikenal istilah 'burung'.
Tolos apa burung? Jika kalimat di samping diucapkan oleh orang Madura, maka artinya adalah: Jadi apa gagal?
Struktur Kurikulum adalah alokasi waktu yang ada dan menjadi muatan dalam Kurikulum 2013. Perbedaan antara kurikulum KTSP 2006 dengan Kurikulum 2013 (K13) yaitu adanya perbedaan jumlah jam pada masing-masing mata pelajaran (Mapel).
Struktur Kurikulum 2013 Berdasarkan Panduan Kemendikbud
Perbedaan itu seperti pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang pada KTSP 2006 sebanyak 4 Jam Pelajaran (Pertemuan) dalam seminggu, sementara pada kurikulum 2013 (K13) jumlah jam mata pelajaran Bahasa Indonesia berubah menjadi 6 Jam Pertemuan dalam seminggu.
Ada pula perubahan mata pelajaran. Pada Kurikulum KTSP 2006 ada mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan jumlah jam mata pelajaran sebanyak 2 JP (Jam Pertemuan). Pada kurikulum 2013 (K13) tidak ada lagi mata pelajaran TIK karena dikombinasikan dengan pelajaran lain.
Namun, ada pula pelajaran yang ditambahkan dalam Kurikulum 2013, yaitu pelajaran Prakarya. Dengan jumlah jam sebanyak 2 JP (Jam Pertemuan).
Berikut daftar lengkap Struktur Kurikulum 2013 (K13) untuk Tingkat SMP:
No
Mata Pelajaran
Alokasi Waktu dalam Seminggu
KELOMPOK A
1
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
3 JP
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3 JP
3
Bahasa Indonesia
6 JP
4
Matematika
5 JP
5
Ilmu Pengetahuan Alam
5 JP
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
4 JP
7
Bahasa Inggris
4 JP
KELOMPOK B
1
Seni Budaya
3 JP
2
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (PJOK)
Jadi, jumlah total jam pelajaran dalam seminggu pada Kurikulum 2013 (K13) adalah 38 JP. Jumlah ini adalah jumlah minimal. Jam Pelajaran masih bisa ditambah dengan muatan lokal sesuai dengan kearifan dan kebutuhan sekolah.
Jumlah total jam pelajaran tersebut masih bisa bertambah jika materi muatan lokal dipisah menjadi mata pelajaran sendiri.
Muatan lokal harus ada, tetapi tidak harus menjadi mata pelajaran. Muatan lokal dapat dikombinasikan dan dimasukkan ke dalam pelajaran kelompok B.
Misalnya, pelajaran tentang alat musik daerah, dapat dimasukkan materinya ke dalam pelajaran seni budaya.
Misalnya muatan lokal membatik sebagai batik khas wilayah atau daerah tempat sekolah, bisa dimasukkan ke dalam pelajaran Prakarya.
Muatan lokal juga bisa dimasukkan ke dalam pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan jika muatan lokal yang ingin dibelajarkan kepada siswa berupa Pencak Silat dan Sepak Takraw.
Jadi muatan lokal bersifat fleksibel dalam Kurikulum 2013. Adapun kelompok muatan lokal yang dapat berdiri sendiri sebagai mata pelajaran adalah muatan lokal bahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa asing.
Muatan lokal juga dapat berupa 'pelajaran khusus' yang sesuai dengan lembaga pendidikan. Misalnya di sekolah dalam naungan LP Maarif NU, memungkinkan dimasukkan mata pelajaran Asawaja/Ke-NU-an.
Di sekolah-sekolah Muhammadiyah, dimasukkan pelajaran Ke-Muhammadiyah-an. Begitu pula dalam yayasan-yayasan yang lain, bisa dimasukkan Ke-PGRI-an, misalnya.
Bandingkan dengan stuktur kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) 2006 berikut ini!
Pembagian Jam Per Mapel Untuk pelajaran Bahasa Indonesia yang terdiri dari 6 JP dalam seminggu, harapannya dalam satu kali pertemuan adalah 3 jp. Jadi, ada dua kali pertemuan dalam seminggu. Masing-masing pertemuan 2 JP.
Untuk pelajaran Matematika yang tediri dari 5 JP, pembagiannya adalah 3 JP dan 2 JP sehingga menjadi dua pertemuan.
Hal yang sama juga pada pelajaran IPA. Jika memungkinkan pembagiannya adalah 3 JP dan 2 JP. Untuk pelajaran yang memiliki 4 JP dalam seminggu, dibuat menjadi dua kali tatap muka. Sementara semua pelajaran yang terdiri dari 3 JP diharapkan dilaksanakan menjadi 1 pertemuan saja dalam seminggu.
Namun, jika tidak memungkinkan karena pembagian jam mengajar juga harus disesuaikan dengan kondisi SDM di Sekolah masing-masing. Maka memerlukan kebijakan dari Kurikulum dan Kebijaksanaan dari guru mapel untuk menyesuaikan.
Misalnya Pelajaran IPA yang tediri dari 5 JP, jika tidak bisa dilakukan 2JP dan 3 JP bisa saja dilaksanakan dengan struktur 1 Jp dan 4 Jp dalam masing-masing pertemuan.
Tidak harus memaksakan pola yang diharapkan. Meskipun akan berdampak dalam proses pembelajaran, tetapi sebagai seorang guru, bagaimanapun pola pembagian jamnya, intinya pembelajaran dalam kelas harus tetap berjalan kondusif.
Semoga tulisan tentang struktur kurikulum 2013 (K13) Berserta jumlah pelajaran dan jumlah jam pelajarannya ini dapat dimanfaatkan sekaligus menjadi rangkuman dari isi peraturan yang tekait. Dengan demikian guru sebagai guru mapel maupun bidang Urusan Kurikulum di sekolah dapat mudah mengetahui jumlah jam pelajarannya.
Jika masih ada ketentuan pembagian jam pelajaran dalam Kurikulum 2013 yang masih belum dipahami, juga berkaitan dengan perangkap pembelajaran, penilaian dan sebagainya dalam K13, bisa dibaca dalam Permendikbud no 21, 22, 23, dan 24.
Silahkan baca dan cek peraturan tentang kurikulum ya.
Contoh Teks Fantasi Singkat yang Sesuai Struktur Teks Cerita Fantasi
Salah satu materi pelajaran Bahasa Indonesia SMP adalah Teks Fantasi. Pada dasarnya teks Fantasi merupakan teks narasi (cerita). Dalam kurikulum sebelumnya sama dengan materi cerpen. Bedanya, dalam Kurikulum 2013, teks Fantasi diperkuat (bahkan diletakkan di bagian awal) untuk mengasah daya imajinasi siswa.
Inti dari Teks Fantasi adalah adanya unsur cerita yang tidak masuk akal, baik sebagian maupun secara keseluruhan.
Misalnya, cerita Upin-Ipin bisa menjadi contoh teks Fantasi ketika episode tentang Ultramen, atau ketika Upin-Ipin dan kawan-kawan menjadi pasukan penjaga keamanan kota metromillenium. Karena menuju ke masa depan, dan tidak masuk akal, maka disebut teks Fantasi.
Kegiatan Siswa dalam Memahami Teks Bacaan
Ada banyak sekali contoh teks cerita fantasi dari luar maupun cerita-cerita daerah. Contoh teks fantasi dari luar negeri yang terkenal adalah Harry Potter, Twilight, dan sejenisnya. Contoh teks fantasi dari Indonesia misalnya cerita-cerita daerah tentang asal-usul wilayah. Itu juga termasuk contoh teks cerita fantasi.
Adapun struktru teks cerita fantasi adalah Orientasi, Komplikasi, dan Resolusi. Orientasi adalah pengenalan tokoh, karakter, dan latar cerita. Komplikasi adalah isi pemasalahan cerita, bisa beberapa. Resolusi adalah akhir cerita yang berisi penyelesaian.
Berikut Contoh Teks Fantasi Sederhana dan Singkat yang Dapat Ditulis Sendiri
Teks Fantasi 1: Cak Rat sang Penyelamat
Di sebuah dusun kecil, hiduplah seorang anak kecil. Dia bernama Cak Rat. Dia adalah anak seorang petani yang setiap hari harus membantu orang tuanya di sawah. Tetapi, di tengah kerja kerasnya, Cak Rat masih bertahan untuk bersekolah meskipun teman-temannya sudah mulai enggan sekolah.
Sepulang dari sekolah yang letaknya cukup jauh dari rumahnya, dia berjalan dengan tergesa-gesa. Di tengah jalan, ada seorang tua yang sedang memikul jagung di depan dan padi di bagian belakang. Cak Rat menyapanya, “Dari mana, Kek?”
Bukannya menjawab, Pak Tua justru berkata, “Di belakangku ada perampok. Dia ingin mencuri hasil panen warga kampung. Jika kamu yakin ingin menolong, tolonglah. Pasti Tuhan akan membantu.”
“Tapi aku tidak mungkin berdaya jika melawan perampok sendirian. Bantulah aku!” Cak Rat meminta.
“Bismillah. Ucapkan saja bismillah, Nak.” Cak Rat melihat di kejauhan, terlihat dua orang sedang berhadapan dengan seorang perempuan.
“Baik.... “ Ucapan Cak Rat terpotong. Pak Tua pemikul jagung dan padi tidak lagi terlihat. Dia bingung, pergi ke mana kakek-kakek tadi. Masih dengan perasaan bingung, akhirnya dia berlari sekuat tenaga ke arah perampok yang ditunjukkan kakek tadi.
“Hei, kenapa kalian beraninya sama perempuan!” Cak Rat menantang Perampok yang bersenjata golok.
“Dasar anak kecil! Pergi kamu! Kalau tidak, kamu pasti mati!” Gertak perampok yang berbadan tinggi. Perampok berbadan pendek memegang leher Cak Rat. Cak Rat tidak bisa melawan. Hampir pingsan. Cak Rat dilempar ke tepi jalan. Kedua perampok tertawa lebar. “Dasar Anak Kecil!” Kata perampok berbadan kecil.
“Bismillah! Bibi Lari!” Sambil berteriak, Cak Rat bangkit dan menyongsong kedua perompok itu. Cak Rat menyerang perampok dengan tinju tangan kanan. Perampok bukannya kaget, justru tertawa lebar.
Perampok pendek mendapat tinju dari Cak Rat tepat di perutnya. Dia terlempar jauh ke belakang menghantam pohon pisang. Perampok tinggi mengayunkan goloknya. Cak Rat menangkis dengan lengan kiri. Lengan kirinya tidak terluka meskipun ditebas golok perampok. Perampok tinggi yang kaget dan tertegun langsung ditendang oleh Cak Rat. Dia terlempar ke parit di tepi jalan.
Kedua perampok belum menyerah. Mereka bangkit dan hendak menyerang Cak Rat bersama. Seketika Cak Rat berkata, “Bismillah”. Kedua perampok tidak bisa bergerak. Beberapa saat kemudian badan mereka lemas, akhirnya lari menjauh.
“Bibi tidak apa-apa?” Cak Rat menghampiri perempuan yang dirampok.
“Tidak apa-apa, Nak. Terima kasih ya. Kamu hebat. Namamu siapa?”
“Maaf, Bi. Saya terburu-buru. Harus bantu bapak dulu. Permisi.” Cak Rat berlari sangat kencang menuju ke rumah. Dia teringat harus membantu Bapaknya di sawah.
Berikut ini adalah Hasil Visualisasi Cerita Fantasi 'Cak Rat sang Penyelamat'
Bisa ditonton di sini atau di Youtube.
Lihat Video Cerita Fantasi 'Cak Rat sang Penyelamat' | Tonton
Teks Fantasi 2: Tamasya ke Bulan
Beronto hidup di dalam sebuah laboratorium. Setiap hari dia berbincang-bincang dengan merpati. Merpati memberitahunya bahwa ada sebuah tempat yang sangat di bulan.
“Aku tidak bisa pergi dari laboratorium ini. Ayahku tak mengizinkan,” keluh Beronto.
“itu bukan masalah. Kita ke bulan Cuma sebentar. Kita akan kembali sebelum ayahmu sadar bahwa kau sudah pergi.” Desak merpati.
“Bagaimana caranya?” Beronto masih ragu.
“Mudah, kau ambil itu. Bubuk pebesar badan. Kau taburkan pada tubuhku. Setelah itu, baru kau bisa menaikiku. Dan kita pergi ke bulan.”
Beronto mengambil bubuk di meja kerja ayahnya. Dia taburkan ke badan merpati. Merpati membesar. Seperti garuda. Sayapnya berubah sekuat baja. Beronto naik ke punggung merpati.
Di bawah, para pengawal menduga merpati raksasa adalah musuh yang menyusup. Maka mereka menembaki Merpati dan Beronto menggunakan senapan mesin dan meriam. Tidak mempan. Beronto dan Merpati sampai ke bulan.
Di bulan, mereka mendarat di sebuah danau yang berwarna jingga. Di dalam danau itu terdapat ikan yang menari-nari. Ikan-ikan itu memiliki sayap yang mereka gunakan untuk terbang di atas air. Matahari dari bulan tampak kebiruan karena terpantul bumi.
Beronto sangat menikmati pemandangan di bulan. Merpati berada di sampingnya. Keadaan yang sangat menenangkan, Beronto tertidur lelap.
Beronto kemudian terbangun setelah mendengar teriakan ayahnya. Beronto terkejut, kemudian melihat sekeliling. Dia melihat merpati yang kembali ke ukuran semula bertengger di dahan depan jendela laboratorium ayahnya. Beronto melihat, merpati itu tersenyum.