Selasa, 05 September 2017

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA-MENENTUKAN KALIMAT UTAMA (SOAL NOMOR 1)

MENENTUKAN KALIMAT UTAMA PARAGRAF

SOAL UN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2016/2017



Soal nomor 1

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Kunci Jawaban: C

Pembahasan

Soal nomor 1 di atas menanyakan tentang kalimat utama paragraf. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN bahasa Indonesia tahun 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca nonsastra. Soal di atas tergolong level kognitif aplikasi atau penerapan. Kompetensi yang diuji yaitu menentukan kalimat utama pada bacaan/paragraf.

Kalimat utama paragraf di atas adalah Orang Banyuwangi sangat terbuka menerima budaya luar untuk diolah menjadi budaya Banyuwangi. Kalimat tersebut berisi ide pokok tentang sifat orang Banyuwangi yang sangat terbuka terhadap budaya luar. Kalimat tersebut  bersifat umum dan diperjelas oleh kalimat 1, 2, 4, 5, dan 6 . Kalimat 1 dan 2 berisi contoh atau bukti sifat terbuka orang Banyuwangi yang tampak pada batik dan makanan. Kalimat 4, 5, dan 6 berisi penjelasan sebab yang mendasari sifat terbuka orang Banyuwangi.  Jenis paragraf di atas disebut paragraf ineratif. Paragraf ineratif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di tengah paragraf. 

RINGKASAN MATERI

A.                KALIMAT UTAMA

Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok. Kalimat utama juga sering disebut sebagai  kalimat topik. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas. Kalimat penjelas yaitu kalimat yang isinya  memperjelas, menguraikan, atau berupa rincian-rincian tentang kalimat utama.

Kalimat utama dapat ditemukan di awal, di tengah, di akhir, di  awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.

Ciri kalimat utama di antaranya:

1.    mengandung permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut;

2.    biasanya berupa kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri;

3.    mempunyai arti jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain;

4.    dapat dibentuk tanpa kata sambung transisi; dan

5.    dalam paragraf induktif, kalimat utama sering ditandai kata-kata kunci, seperti jadi atau dengan demikian.

B. PARAGRAF INERATIF

Paragraf merupakan kumpulan dari beberapa kalimat yang terdiri dari kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Sementara itu, paragraf ineratif yaitu paragraf yang terdiri dari beberapa kalimat yang memiliki kalimat utama ditengah-tengah paragraf sebagai gagasan utama. 

Pengembangan paragraf ini dilakukan dengan pola khusus – umum – khusus, yaitu paragraf ini memiliki beberapa kalimat khusus diawal paragraf sebagai pengantar, kemudian terdapat satu kalimat di tengan paragraf yang berfungsi sebagai kalimat utama, lalu berikutnya terdapat beberapa kalimat yang menjelaskan dan mempertegas kalimat utama atau gagasan utama tersebut. 

 1. Ciri-Ciri Paragraf Ineratif

Ciri-ciri paragraf ineratif adalah sebagai berikut.

 

a.       Kalimat utama terletak di tengah paragraf sebagai gagasan utama

  1. Diawali dengan kalimat-kalimat yang mengandung hal-hal khusus sebagai pengantar gagasan utama
  2. Diakhiri dengan kalimat-kalimat yang juga mengandung hal-hal khusus sebagai penjelas dan penguat gagasan utama

 2. Penjelasan Paragraf Ineratif 

Perhatikanlah contoh paragraf ineratif berikut ini:

 Tanaman padi menghasilkan beras yang kemudian dimasak menjadi nasi yang merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Tanaman tersebut dihasilkan oleh para petani yang bekerja keras menanam tanaman yang nantinya akan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, petani merupakan pekerjaan yang sangat penting dan sangat berjasa bagi kita semua. Para petani inilah yang setiap hari pergi ke sawah untuk mengurus bahan pangan kita. Tanpa adanya para petani, tidak akan ada nasi yang kita konsumsi sehari-hari. Beras tidak akan dapat tergantikan meskipun oleh makanan yang mengandung karbohidrat lain, seperti singkong, jagung, sagu, dan sebagainya, karena kandungan karbohidrat pada beras paling tinggi diantara makanan berkarbohidrat lainnya.  
Penjelasan: 

Kalimat pertama dan kedua pada paragraf diatas merupakan kalimat-kalimat penjelas yang menghantarkan kalimat utama. Kalimat utama terletak di tengah-tengah paragraf pada kalimat ketiga yang merupakan gagasan utama pada paragraf ini (Tak heran, petani merupakan pekerjaan yang sangat penting dan sangat berjasa bagi kita semua).  Gagasan utama tersebut selanjutnya akan diperjelas dan diperkuat oleh kalimat-kalimat pendukung yang terletak setelah kalimat utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar