Jumat, 04 Agustus 2017

RPP TEKS EKSPLANASI 3.3 DAN 4.3 KELAS XI (draf)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Nama Satuan Pendidikan        : SMA N

Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                        : XI/1

Materi                                      : Eksplanasi

Jumlah Pertemuan                   : 2 pertemuan (4 X 45’)



A.    Kompetensi Inti

     1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

     2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan  dari yang dipelajarinya  di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.



B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
3.3Mengidentifikasi informasi(pengetahuan dan kejadian) dalam teks eksplanasi kompleks  baik melalui lisan maupun tulisan
Pertemuan 1
3.3.1        Mengidentifikasi dan menentukan struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
3.3.2        Menganalisis teks eksplanasi dengan memperhatikan isi,urutan kejadian,hubungan kausalitas,dan topik  yang tepat.

 
4.3 Mengkontruksi informasi (pengetahuan dan urutan  kejadian)dalam teks eksplanasi kompleks baik secara lisan maupun tulisan
Pertemuan 2
4.3.1 Menulis kembali informasi(pengetahuan dan urutan kejadian) pada teks eksplanasi kompleks.
4.3.2 Mempresentasikan,mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun.




C.                Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1:

1.        Setelah mencermati  teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat menuliskan  pengertianteks eksplanasi kompleks dengan penuh tanggung jawab.

2.        Setelah mencermati  teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat menuliskan  isi teks eksplanasi kompleks dengan penuh tanggung jawab.

3.        Setelah mencermati teks eksplanasi kompleks,peserta didik dapat menyebutkan urutan kejadian hubungan kausal mengenai sebab dan akibat peristiwa alam dan sosial.

4.        Setelah mencermati teks eksplanasi kompleks , peserta didik menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi secara lisan dan tulis.

Pertemuan 2:

1.Setelah mencermati  teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat menyebutkan urutan kejadian hubungan kausal mengenai sebab dan akibat peristiwa alam dan sosial.

2.Setelah mencermati  teks eksplanasi kompleks, peserta didik dapat menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi secara lisan dan tulis.



D.      Materi Pembelajaran

       Pertemuan 1:

Struktur teks eksplanasi kompleks:

1.        pernyataan umum

2.        urutan sebab-akibat

Kaidah teks eksplanasi kompleks:

                     1.Kalimat kompleks (konjungsi)



Pertemuan 2:

Struktur teks eksplanasi kompleks:

1.        pernyataan umum

2.        Urutan sebab-akibat

Kaidah teks eksplanasi kompleks:

1.        Urutan kejadian

E.       Metode Pembelajaran

Pendekatan   :  saintifik

Metode          :  diskusi,  tanya jawab, penugasan

Model             : Discovery Learning

F.       Media, Alat, dan Sumber Belajar

1.    Media                          : CD interaktif, LCD, laptop

2.    Alat dan bahan            : Teks eksplanasi kompleks

3.    Sumber Belajar            :

Anderson, Mark dan Kathy Anderson. 2003. Text Types in English. South Yarra: Macmillan Education Australia. 

Hartono, Bambang. 2012. Dasar-dasar Kajian Wacana Bahasa Indonesia. Semarang: Pustaka Zaman.

Kemdikbud, 2013b. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Siswa. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi dan Akademik Kelas XI. Jakarta: Kemdikbud.

G.      Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1:



Bagian
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Pendahuluan
a.    Peserta didik memberi salam hormat kepada pendidik, berdoa, dan mengondisikan diri siap belajar.
b.   Peserta didik bertanya jawab (dengan peserta didik yang lain dan pendidik) berkaitan dengan materi teks eksplanasi  yang akan dipelajari.
c.    Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran.
d.   Peserta didik menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran
9 menit
Inti







Mengamati
a.    Peserta didik membaca  teks eksplanasi  yang terdapat dalam buku teks halaman 25.(Literasi)
b.    Peserta didik mencermati teks eksplanasi  secara berpasangan.(Kerja sama)

Menanyakan
c.    Peserta didik secara berpasangan bertanya jawab tentang struktur dan kaidah teks eksplanasi dengan kritis.
d.   Peserta didik secara berpasangan menuliskan masalah yang muncul tentang struktur dan kaidah teks eksplanasi dengan kerja sama.

Mengeksplorasi
e.    Peserta secara berkelompok membaca berbagai sumber tentang teks eksplanasi .(Literasi)
f.     Peserta didik secara berkelompok menuliskan struktur dan kaidah sebuah teks eksplanasi  berdasarkan berbagai sumber yang dibaca.(Literasi)

Mengasosiasikan
g.    Peserta didik secara berkelompok menganalisis struktur dan kaidah teks eksplanasi .
h.    Peserta didik menuliskan hasil diskusi tentang analisis struktur dan kaidah teks eksplanasi .

Mengomunikasikan
i.      Secara berkelompok peserta didik melaporkan hasil diskusi masing-masing tentang struktur dan kaidah teks eksplanasi .
j.      Kelompok lain menyampaikan sanggahan (pertanyaan, pernyataan setuju/tidak setuju) terhadap laporan yang disampaikan temannya.
k.    Pendidik memberikan penguatan struktur dan kaidah teks eksplanasi .



l.      Peserta didik menarik simpulan dan merevisi temuannya tentang struktur dan kaidah teks eksplanasi .
m.  Peserta didik membuat rangkuman .
n.    Peserta didik mencacat tugas untuk mencari teks eksplanasi kompleks tentang sebab dan akibat peristiwa alam dan sosial dari majalah atau surat kabar dan menganalisisnya dari segi struktur dan kaidahnya.

Penutup
a.    Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi yang diajarkan tentang teks eksplanasi kompleks berdasarkan struktur dan kaidah.
b.   Peserta didik melalukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi.
c.    Peserta didik mengerjakan evaluasi formatif berkaitan struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
d.   Peserta didik saling bertukar hasil pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi.
e.    Peserta didik memperoleh tugas pengayaan untuk menganalisis struktur dan kaidah bahasa teks eksplanasi  yang diambil dari surat kabar atau majalah.(Literasi)
13 menit



Pertemuan ke-2:

Bagian
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Pendahuluan
a.     Peserta didik memberi salam hormat kepada pendidik, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar.
b.     Peserta didik bertanya jawab (dengan peserta didik yang lain dan pendidik) berkaitan dengan materi teks eksplanasi kompleks yang akan dipelajari.
c.     Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran.
d.    Peserta didik menyimak pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
9 menit
Inti







Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
a.    Guru meminta siswa untuk menyebutkan jenis-jenis bencana alam.
b.    Guru mengingatkan siswa bahwa setiap bencana alam pasti ada penyebab beserta prosesnya
c.    Guru menstimulasi siswa sehingga siswa memiliki keinginan untuk mengetahui penyebab terjadinya bencana alam

10 menit
Problem statement (pertanyaan/identifikasi masalah)
a.    Peserta didik merumuskan pertanyaan dan jawaban sementara yang akan diuji , misalnya (1) “Apa sajakah penyataan umum dan urutan sebab-akibat yang terdapat dalam teks “Penyebab Tanah Longsor” halaman 25 (2) “Apa sajakah kalimat kompleks (konjungsi) yang tepat dalam teks “Penyebab Tanah Longsor” halama 25?
10 menit
Data collection (pengumpulan data)
a.    Peserta didik membaca kembali secara cermat teks “Penyebab Tanah Longsor”.(
b.    Peserta didik membaca literatur (jika diperlukan) yang dapat digunakan sebagai sarana dalam menjawab pertanyaan yang dirumuskan pada langkah problem statemen.
15 menit
 Data processing (pengolahan data)
a.    Peserta didik mengidentifikasi dan menentukan penyataan umum dan urutan sebab-akibat yang terdapat dalam teks “Penyebab Tanah Longsor”
b.    Peserta didik menentukan kalimat kompleks (konjungsi) yang tepat dalam teks “Penyebab Tanah Longsor”
16 menit
a.    Peserta didik memberi  tanda pada bagian-bagian pernyataan umum, urutan sebab-akibat dan kalimat kompleks(konjungsi) dalam teks “Penyebab Tanah longsor”.
b.    Peserta didik secara berkelompok membaca dan memberikan tanggapan pada bagian-bagian teks yang sudah ditandai.
16 menit

Generalization (menarik simpulan/generalisasi)
a.    Peserta didik menarik simpulan dan merevisi temuannya tentang hasil suntingan struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks tulisan teman.
b.    Guru dan siswa menyimpulkan pernyataan umum, urutan sebab-akibat dan kalimat kompleks (konjungsi) dalam teks “Penyebab Tanah longsor”.
10 menit
Penutup
a.    Peserta didik menarik simpulan dan merevisi temuannya tentang hasil suntingan struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks tulisan teman.
b.    Peserta didik membuat ringkasan berdasarkan isi teks.
c.    Peserta didik mencacat tugas untuk mencari teks eksplanasi kompleks tentang bencana alam dari surat kabar  dan atau internet menyuntingnya dari segi struktur dan kaidahnya.
14 menit



H.      Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.        Sikap Spiritual

a. Teknik Penilaian    : Observasi

b. Bentuk instrument : Lembar Observasi

c. Kisi-kisi                  :

Lembar Observasi

Sikap Spiritual


Sikap/Nilai
Indikator
Butir Pertanyaan
1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks baik lisan maupun tulisan
A1
Menggunakan kata kerja material dan  relasional dalam menganalisis teks eksplanasi kompleks baik lisan maupun tulis.
       A2



2.                                                                                                                                        Penilaian Sikap

a. Teknik Penilaian     : Observasi

b. Bentuk instrumen  : Lembar Observasi

c. Kisi-kisi

Lembar Observasi

Sikap Sosial

No.
Sikap/Nilai
Indikator

Butir Pertanyaan
1
Jujur
Menunjukkan perilaku tidak berbohong pada kegiatan mengungkapkan informasi dari berbagai sumber
A3
Berperilaku selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain.
A4
2
Tanggung jawab
Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks eksplanasi kompleks
A5
Berperilaku selalu menyelesaikan tugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan pembelajaran teks eksplanasi kompleks
A6
3
Santun
Menggunakan pilihan kata, ekspresi, dan gestur santun.
A7
Berperilaku yang menunjukkan sifat  halus dan baik  dari sudut pandang bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang.
A8

     

3.        Pengetahuan

a.              Teknik Penilaian     : Tes Tertulis

b.              Bentuk instrumen : Uraian

c.              Kisi-kisi

No.
Indikator
Butir Soal
1.
Menuliskan pengertian teks eksplanasi kompleks
B1
2.
Menuliskan isi teks eksplanasi kompleks
B2
3.
Menemukan urutan kejadian teks eksplanasi kompleks
B3



4.   Keterampilan

a.    Teknik Penilaian     : Unjuk Kerja

b.   Bentuk instrumen   : Produk

c.    Kisi-kisi


No.
Indikator
Butir Soal

1
Mempresentasikan hasil menulis kembali informasi teks ekplanasi.
C1

2
Mengomentari dan merevisi teks eksplanasi yang telah disusun teman lain.
C2

Mengetahui

                                   Boyolali,   Juli 2017
Kepala SMA N


                                                                                                                  
                                    Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia












LAMPIRAN 1: Bahan Ajar

Teks Eksplanasi kompleks

A. Analisis  Teks Eksplanasi kompleks

Teks eksplanasi merupakan jenis teks yang menjelaskan hubungan logis dari beberapa peristiwa. Pada teks eksplanasi, sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa lain lagi sesudahnya. Struktur teksnya adalah pernyataan umum secara berurutan dan logis dengan menggunakan kata sambung (konjungsi). Eksplanasi kompleks terdiri atas pernyataan umum dan urutan sebab-akibat.



Bacalah paragraf berikut !
Erosi
      Erosi adalah suatu proses atau peristiwa hilangnya lapisan permukaan tanah atas, baik disebabkan oleh pergerakan air maupun angin. Erosi merupakan tiga proses yang berurutan, yaitu pelepasan partikel tunggal dari massa tanah, pengangkutan oleh media yang erosi  seperti aliran air dan angin, dan pengendapan bahan-bahan tanah oleh penyebab erosi, pada kondisi ketika energi yang tersedia tidak cukup lagi untuk mengangkut partikel. Di daerah-daerah tropis yang lembab seperti di Indonesia, air merupakan penyebab utama terjadinya erosi, sedangkan untuk daerah-daerah panas yang kering, angin merupakan faktor penyebab utamanya.
     Percikan air hujan merupakan media utama pelepasan partikel tanah pada erosi yang disebabkan oleh air. Pada saat butiran air hujan mengenai permukaan tanah yang gundul, partikel tanah terlepas dan terlempar ke udara. Karena gravitasi bumi, partikel tersebut jatuh kembali ke bumi. Pada lahan miring partikel tanah tersebar ke arah bawah searah lereng. Partikel tanah yang terlepas akan menyumbat pori-pori tanah. Percikan air hujan juga menimbulkan pembentukan lapisan tanah keras pada lapisan permukaan. Hal ini mengakibatkan menurunnya kapasitas dan laju infiltrasi tanah. Pada kondisi ketika intensitas hujan melebihi laju infiltrasi, akan terjadi genangan air di permukaan tanah, yang kemudian akan menjadi aliran permukaan. Aliran permukaan ini menyediakan energi untuk mengangkut partikel yang terlepas, baik oleh percikan air hujan maupun oleh adanya aliran permukaan itu sendiri. Pada saat energi aliran permukaan menurun dan tidak mampu lagi mengangkut partikel tanah yang terlepas, partikel tanah tersebut akan mengendap baik untuk sementara maupun tetap.
Proses pengendapan sementara terjadi pada lereng yang bergelombang ,yaitu bagian lereng yang cekung akan menampung endapan partikel yang hanyut untuk sementara dan pada hujan berikutnya endapan ini akan terangkut kembali menuju dataran rendah atau sungai.Pengedapan akhir terjadi pada kaki bukit yang relatif datar, sungai, dan waduk. Pada daerah aliran sungai partikel dan unsur hara yang larut dalam aliran permukaan akan mengalir dan mengendap ke sungai dan waduk sehingga menyebabkan pendangkalan .
          Besarnya erosi bergantung pada kuantitas suplai material yang terlepas dan kapasitas media pengangkut. Jika media pengangkut mempunyai kapasitas lebih besar daripada suplai material yang terlepas, proses erosi dibatasi oleh pelepasan. Sebaliknya, jika kuantitas suplai materi melebihi kapasitas, proses erosi dibatasi oleh kapasitas (Suripin , 2004)

Soal :
1.         Tulislah kalimat yang mengandung unsur sebab-akibat yang terdapat dalam teks tersebut!
2.        Cermati paragraf  berikut, lalu isilah dengan memberikan konjungsi sebab-akibat yang tepat!
Percikan air hujan merupakan media utama pelepasan partikel tanah pada erosi yang disebabkan oleh air. Pada saat butiran air hujan mengenai permukaan tanah yang gundul, partikel tanah terlepas dan terlempar ke udara. ______   grafitasi bumi, partikel tersebut jatuh kembali ke bumi. Pada lahan miring, partikel tanah tersebar ke arah bawah searah lereng. Partikel tanah yang terlepas akan menyumbat pori-pori tanah. Percikan air hujan juga menimbulkan pembentukan lapisan tanah keras pada lapisan permukaan _____ menurunnya kapasitas dan laju infiltrasi tanah. Pada kondisi ketika intensitas hujan melebihi laju infiltrasi, akan terjadi genangan air di permukaan tanah, yang kemudian akan menjadi aliran permukaan. Aliran permukaan ini menyediakan energi untuk mengangkut partikel yang terlepas, baik oleh percikan air hujan maupun oleh adanya aliran permukaan itu sendiri. Pada saat energi aliran permukaan menurun dan tidak mampu lagi mengangkut partikel tanah yang terlepas, partikel tanah tersebut akan mengendap baik untuk sementara maupun tetap.
3.        Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Keluarga Berencana dapat membahagiakan hidup bahagia sejahtera. Seorang ibu tidak terlalu lelah melahirkan anak setiap tahun sekali. Ayah tidak terlalu pusing mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga setiap hari. Di samping itu, anak-anak dapat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.
Berilah tanggapan terhadap paragraf tersebut mengenai ciri-ciri sebagai teks eksplanasi kompleks!


 Kunci Jawaban :
1.    Karena gravitasi bumi, partikel tersebut jatuh kembali ke bumi. Pada lahan miring partikel tanah tersebar ke arah bawah searah lereng. Partikel tanah yang terlepas akan menyumbat pori-pori tanah.
2.    Karena, sehingga
3.    Berdasarkan ciri-cirinya, paragraf tersebut sudah memenuhi sebagai teks eksplanasi kompleks walaupun konjungsi tidak digunakan secara eksplisit.

Pedoman penskoran
Skor
Deskripsi
3
Jawaban benar dan lengkap
2
Jawaban benar tetapi kurang lengkap
1
Jawaban kurang sesuai
0
Jawaban tidak sesuai

Pedoman penilaian :
                                                 Skor yang dicapai
                       Nilai = --------------------------------------------- X 100
                                                        3







LK2 : Menemukan Kaidah Teks Eksplanasi kompleks





Bacalah teks eksplanasi kompleks berikut dengan saksama!
Apa Penyebab Terjadinya Badai ?
Badai adalah cuaca yang ekstrem, mulai dari hujan es dan badai salju sampai badai pasir dan debu. Badai disebut juga siklon tropis oleh meteorolog, berasal dari samudera yang  hangatBadai bergerak di atas laut mengikuti arah angin dengan kecepatan sekitar 20 km/jam.Badai bukan angin ribut biasa. Kekuatan anginnya dapat mencabut pohon besar dari akarnya, meruntuhkan jembatan, dan menerbangkan atap bangunan dengan mudah. Tiga hal yang paling berbahaya dari badai adalah sambaran petir, banjir bandang, dan angin kencang. Terdapat berbagai macam badai, seperti badai hujan, badai guntur, dan badai salju. Badai paling merusak adalah badai topan (hurricane), yang dikenal sebagai angin siklon (cyclone) di Samudera Hindia atau topan (typhoon) di Samudera Pasifik.
Penyebab badai adalah tingginya suhu permukaan lautPerubahan di dalam energi atmosfer mengakibatkan petir dan badai.Badai tropis ini berpusar dan bergerak dengan cepat mengelilingi suatu pusat, yang sumbernya berada di daerah tropis. Pada saat terjadi angin ribut ini,tekanan udara sangat rendah disertai angin kencang dengan kecepatan bisa mencapai 250 km/jam. Hal ini bisa terjadi di Indonesia maupun negara-negara lain. Di dunia, ada tiga tempat pusat badai, yaitu di Samudera Atlantik, Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik.
Badai bukan angin ribut biasa. Kekuatan anginnya dapat mencabut pohon besar dari akarnya, meruntuhkan jembatan, dan menerbangkan atap bangunan dengan mudah. Tiga hal yang paling berbahaya dari badai adalah sambaran petir, banjir bandang, dan angin kencang. Terdapat berbagai macam badai, seperti badai hujan, badai guntur, dan badai salju. Badai paling merusak adalah badai topan (hurricane), yang dikenal sebagai angin siklon (cyclone) di Samudera Hindia atau topan (typhoon) di Samudera Pasifik.
Soal
1.   Buatlah abstraksi  teks eksplanasi berikut!

Kunci Jawaban:
Abstraksi Teks:
Pernyataan Umum:
Badai adalah cuaca yang ekstrem, mulai dari hujan es dan badai salju sampai badai pasir dan debu. Badai disebut juga siklon tropis oleh meteorolog, berasal dari samudera yang hangat.

Sebab :
Penyebab badai adalah tingginya suhu permukaan laut. Perubahan di dalam energi atmosfer mengakibatkan petir dan badai.

Akibat  :
Kekuatan anginnya dapat mencabut pohon besar dari akarnya, meruntuhkan jembatan, dan menerbangkan atap bangunan dengan mudah.




Pedoman penskoran

Skor
Deskripsi
3
Jawaban lengkap tiga unsur dan tepat
2
Jawaban hanya mencakup dua unsur yang tepat
1
Jawaban hanya mencakup satu unsur yang tepat
0
Jawaban tidak ada yang tepat



Pedoman penilaian :



                                                 Skor yang dicapai

                       Nilai = --------------------------------------------- X 100

                                                            3






Lampiran 2: INSTRUMEN PENILAIAN 



1.         Sikap Spiritual



LEMBAR OBSERVASI

SIKAP SPIRITUAL



Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:

4 =  selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati

3 =  sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati

2 =  kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati

1 =  tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati



Nama Peserta Didik                : ...

Kelas                                       : ...

Tanggal Pengamatan               : ...

Materi Pokok                          : ...



No.
Sikap/Nilai yang Diamati
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran teks eksplanasi kompleks




2
Mengucapkan syukur atas karunia Tuhan sebagai tanda telah dipermudah mendapatkan informasi pembelajaran teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi dengan bahasa yang baik dan benar.




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan melalui isi teks eksplanasi kompleks dengan kata, istilah, dan ungkapan bahasa Indonesia yang baik dan benar.




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan melalui isi teks eksplanasi kompleks




Jumlah Skor



Keterangan:

1        : Kurang

1        : Cukup

2        : Baik

3        : Baik Sekali



2.   Sikap Sosial

a.   Jujur

Nama Peserta Didik    :          

Kelas                           :          

Materi Pokok              :          

Tanggal                       :          



Petunjuk                                 

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan

      kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan

      sering tidak melakukan

1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan






No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Sebagai peserta didik  melakukan tugas-tugas dengan baik




2
Bekerja sama dalam kelompok




3
Menuduh orang lain tanpa bukti




4
Mau mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain




5
Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain







b.   Sikap Tanggung Jawab



Nama Peserta Didik       :          

Kelas                              :          

Materi Pokok                 :          

Tanggal                          :          



Petunjuk                                  

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan

      kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan

      sering tidak melakukan

1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan



No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Sebagai peserta didik  melakukan tugas-tugas dengan baik




2
Bekerja sama dalam kelompok




3
Menuduh orang lain tanpa bukti




4
Mau mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain




5
Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain







c. Sikap Santun

Nama Peserta Didik          :           ...        

Kelas                                 :          

Materi Pokok                    :          

Tanggal                             :          



Petunjuk

STS      : Jika kamu sangat tidak setuju dengan pernyataan

               tersebut

TS        : Jika kamu tidak setuju dengan pernyataan tersebut

S          : Jika kamu setuju dengan pernyataan tersebut

SS        : Jika kamu sangat setuju dengan pernyataan tersebut

No.
Pernyataan
Penilaian
STS
TS
S
SS
1
Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi sesama teman




2
Tidak berkata kata kotor, kasar dan takabur




3
Tidak menyela pembicaraan orang




4
Mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan dari orang lain




5
Tersenyum, menyapa, memberi salam kepada orang yang ada di sekitar














PENILAIAN DIRI

Nama Peserta Didik    : …

Kelas                           : …



Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda (V) yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.



No.
Perilaku
Dilakukan/Muncul


Ya
Tidak
1.
Mengungkapkan informasi  disertai dengan sumber rujukan.


2.
Aktif menyelesaikan masalah dalam diskusi dalam kelompok


3.
Menggunakan kalimat yang tidak menyinggung perasaan teman diskusi.



Keterangan:

Ya     =  2

Tidak = 0



PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK



Nama/No.Penilai               : …

Nama/No.yang Dinilai      : …

Kelas                                 : …



-          Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pelajaran

-          Berikan tanda (V) pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatanmu.

-          Serahkan hasil pengamatanmu kepada guru.






No.
Perilaku
Dilakukan/Muncul


Ya
Tidak
1.
Mengungkapkan informasi  disertai dengan sumber rujukan.


2.
Aktif menyelesaikan masalah dalam diskusi dalam kelompok


3.
Menggunakan kalimat yang tidak menyinggung perasaan teman diskusi.



Keterangan:

Ya       = 2

Tidak   = 0



JURNAL PENILAIAN SIKAP



Tulislah  hal-hal/peristiwa/kejadian luar biasa yang dilakukan peserta didik baik hal yang positif maupun negatif!



No.
Kelas
Nama Peserta Didik
Hari/
Tanggal
Catatan
1.




2.




3.




4.




Dst.












REKAPITUASI

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran           :  ...

Kelas/Semester          :  ...

Tahun Pelajaran         :  ...

Waktu Pengamatan   :  ...



Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif, dan kerja keras

1.   BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas

2.   MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten

3.   MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten

4.   MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten



Bubuhkan check list  (√)  pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.



Lembar Pengamatan Sikap

No.
Nama Siswa
Jujur
Tanggung Jawab
Santun
Jumlah
Nilai
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.















2.















3.















4.























2.      Penilaian Pengetahuan

Tugas: Carilah teks eksplanasi kompleks tentang peristiwa alam dari majalah atau surat kabar dan analisislah dari segi struktur dan kaidahnya!



Pedoman penskoran



No.
Kriteria
Skor
1.
Menganalisis teks eksplanasi kompleks dengan struktur dan kaidah benar
91-100
2.
Menganalisis teks eksplanasi kompleks dengan struktur dan kaidah  cukup benar
81-90
3.
Menganalisis teks eksplanasi kompleks dengan struktur dan kaidah agak benar
71-80
4.
Menganalisis teks eksplanasi kompleks dengan struktur dan kaidah kurang benar
61-70
5.
Menganalisis teks eksplanasi kompleks dengan struktur dan kaidah tidak benar
0-60



3.      Penilaian Keterampilan



SOAL KETERAMPILAN

Petunjuk

a.    Bacalah dengan cermat teks eksplanasi kompleks yang ditulis temanmu!

b.   Setelah itu, suntinglah berdasarkan struktur dan bahasanya!






Rubrik Penilaian Keterampilan Menyunting Teks Eksplanasi kompleks



No.
Kriteria
Skor
1.
Menyunting teks eksplanasi kompleks dengan struktur dan kaidah benar
91-100
2.
Menyunting teks eksplanasi kompleks dengan struktur dan kaidah  cukup benar
81-90
3.
Menyunting teks eksplanasi kompleks dengan struktur dan kaidah agak benar
71-80
4.
Menyunting teks eksplanasi kompleks dengan struktur dan kaidah kurang benar
61-70
5.
Menyunting teks eksplanasi kompleks dengan struktur dan kaidah tidak benar
0-60




Tidak ada komentar:

Posting Komentar