Kamis, 03 Agustus 2017

RPP TEKS PROSEDUR KELAS XI KD 3.1 DAN 4.1 (DRAF)







RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (draf)



Satuan Pendidikan       : …………………..

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/semester              : X1/1

Materi Pokok                : Teks Prosedur

Pertemuan Ke              : 1,2 dari 8 Pertemuan

Alokasi Waktu              : 1 Pertemuan (2 x 45 menit)



A.    Kompetensi Inti



KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



B.     Kompetensi Dasar dan Pencapaian Indikator Kompetensi



3.1  Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam  teks prosedur baik melalui lisan maupun tulisan

3.1.1.      Mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan isi,pernyataan umum dan langkah-langkah/tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.

4.1  Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur  baik secara lisan maupun tulisan

a)      Membuat rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat.

b)      Mempresentasikan,menanggapi dan merevisi  teks prosedur .



C.    Tujuan Pembelajaran

           1. Siswa dapat mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan isi,pernyataan umum   dan langkah-langkah/tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur secara mandiri dan kerja sama.

2.      Siswa dapat membuat rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat untuk mengatasi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Siswa dapat mempresentasikan ,menanggapi dan merevisi teks prosedur dengan mandiri dan tanggung jawab.






D.    Materi Pembelajaran

a.  Fakta     

Teks prosedur kompleks dari koran, majalah, dan internet. Kalau di Buku Siswa Bahasa Indonesia  Ekspresi Diri dan Akademik, Kelas X

b. Konsep

Struktur teks prosedur kompleks

c.  Prinsip

Kaidah/ciri bahasa teks prosedur kompleks

d. Prosedur

Langkah Menginterpretasi teks prosedur

E.     Metode Pembelajaran

Pendekatan                 : Saintifik
Model Pembelajaran   : Kooperatif
Metode                       : Inkuiri, diskusi kelompok dan penugasan


F.     Media Pembelajaran

Media           : Powerpoint

Alat/bahan   : LCD, laptop, teks prosedur kompleks

Sumber         : Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik . 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

G.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Siswa menjawab sapaan guru, berdoa, dan mengondisikan diri siap belajar.
2.    Siswa dan guru bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik.
3.    Siswa menyimak tujuan pembelajaran dan penjelasan tentang manfaatnya menguasai materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Siswa menyimak cakupan materi pembelajaran yang disampaikan dengan baik.
10 menit
Isi
Stimulan( memberi stimulan)
1.      Siswa mengamati dan membaca model teks prosedur kompleks yang berjudul “Pengurusan SKCK” dengan teliti dan bertanggung jawab.(Literasi)
2.      Siswa memperhatikan pembagian struktur teks prosedur kompleks yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah dengan teliti dan bertanggung jawab.
Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
3.      Siswa berdiskusi dan kerja sama dalam kelompok mengidentifikasi teks prosedur kompleks dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.
Data Collecting(mengumpulkan data)
4.      Siswa bekerja sama dalam kelompok dan berbagi tugas untuk mencari informasi/data pendukung mengenai struktur  teks “Pengurusan SKCK” secara bergantian.
5.      Siswa bekerja sama dalam kelompok mengkategorikan data yang telah terkumpul ke dalam ide struktur teks prosedur untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dikaji dalam kehidupan sehari-hari.
Data Processing(mengolah data)
6.      Siswa berdiskusi (4C) dalam kelompok menyelesaikan masalah yang disajikan guru dengan menggunakan ide yang telah dikelompokkan sebelumnya dan menggunakkan ide tersebut untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang disajikan dalam kehidupan sehari-hari dengan berpikir kritis.
Verification(memverifikasi)
7.      Siswa bekerja sama (4C) dengan anggota kelompoknya melakukan verifikasi,menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaikan masalah dan membuat kesimpulan sementara.
8.      Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas sedangkan kelompok yang lain melakukan penilaian,dan membandingkan dengan hasil diskusi antar kelompok secara kritis.
Generalization(menyimpulkan)
9.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan dengan materi teks prosedur yang telah dipelajari (HOTS)

10






15


15




15


10
Penutup

10.  Siswa merefleksi dalam kehidupan sehari-hari secara mandiri dalam penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
11.  Siswa mengerjakan evaluasi.
12.  Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
13.  Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan mencari teks prosedur kompleks dan menganalisis strukturnya.
15 menit





Pertemuan ke-2

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1. Siswa menjawab sapaan guru, berdoa, dan mengondisikan diri siap belajar.
2.      Siswa dan guru bertanya jawab berkaitan dengan materi pada pertemuan sebelumnya.
3.      Siswa menyimak tujuan pembelajaran dan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran.
4.      Siswa menyimak cakupan materi pembelajaran yang disampaikan dengan baik.
10 menit
Isi
Mengamati
5.      Siswa memperhatikan cara membuat rancangan teks prosedur  dengan teliti dan bertanggung jawab.
Menanya
6.      Siswa berdiskusi cara membuat rancangan teks prosedur kompleks dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.
Menalar
7.      Siswa mengemukakan hasil diskusi kelompok mengenai membuat rancangan teks prosedur Apa yang harus anda lakukan  jika kena tilang ?”
8.      Siswa menanggapi hasil diskusi kelompok lain.
Mencoba
9.      Siswa secara individu membuat  rancangan teks prosedur kompleks berdasarkan teks prosedur yang telah diberikan oleh guru

Mengomunikasikan
10.  Siswa menampilkan hasil karyanya di depan kelas sedangkan kelompok yang lain melakukan penilaian
10










15



15



15




10
Penutup
11.  Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
12.  Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
13.  Siswa mengerjakan evaluasi.
14.  Siswa memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
15.  Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan mencari teks prosedur dari internet dan menganalisis struktur dan kaidah yang hadir.(literasi)
15 menit



H.Penilaian



1.    Teknik    : tertulis

2.    Bentuk   : uraian

3.    Instrumen          : soal



Bacalah sebuah teks prosedur kompleks tentang “Mengurus KTP” berikut ini, kemudian tentukan struktur teks tersebut!

Kartu Tanda Penggenal



            Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan  salah satu alat yang bisa digunakan sebagai bukti identitas seseorang sebagai warga negara. Setiap warga negara yang sudah berusia 17 tahun ke atas harus memiliki KTP sebagai syarat yang menunjukkan keanggotaan penduduk suatu negara.  Bentuk KTP sekarang mengalami perubahan, yaitu berbentuk elektronik. Apabila seorang penduduk ingin memiliki sebuah KTP, maka yang pertama kali dilakukan adalah menghubungi ketua RT setempat untuk mengisi blangko pendaftaran. Sesudah mendaftarkan diri ke ketua RT setempat dimana penduduk itu berdomisili, maka langkah selanjutnya adalah menyerahkan blangko pendafrtaran tersebut ke kelurahan untuk mendapatkan pengesahan. Blangko pendaftaran setelah mendapatkan pengesahan dari kelurahan dibawa ke kecamatan untuk mendapatkan pengesahan juga. Setelah blangko pendaftaran mendapatkan pengesahan dari dua instansi tersebut, maka dibawa ke kantor Capil dan Kependudukan untuk dibuatkan KTP.

a.         Bagaimanakah tujuan dibuatnya KTP?

b.        Bagaimanakah langkah-langkah prosedur pembuatan KTP?



Kunci jawaban

a.       Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan  salah satu alat yang bisa digunakan sebagai bukti identitas seseorang sebagai warga negara.

b.      Langkah-langkah prosedur pembuatan KTP:

1)      Mendaftarkan diri di ketua RT setempat untuk mengisi blangko pendaftaran dan pengesahan.

2)      menyerahkan blangko pendafrtaran tersebut ke kelurahan untuk mendapatkan pengesahan dari pejabat kelurahan.

3)      Blangko pendaftaran setelah mendapatkan pengesahan dari kelurahan dibawa ke kecamatan untuk mendapatkan pengesahan  dari pejabat kecamatan dalam hal ini camat daerah di mana penduduk itu berdomisili.

4)      Blangko pendaftaran mendapatkan pengesahan dari kedua instansi tersebut, maka dibawa ke kantor Capil dan Kependudukan untuk dibuatkan KTP.



Tugas

Kutiplah sebuah teks prosedur dari surat kabar kemudian analisislah struktur teks tersebut!





Lembar Pengamatan Perkembangan Akhlak dan Kepribadian

Mata pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/semester : X/ I

Tahun ajaran                : 2013-2014

Waktu pengamatan     :

Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun.



1.      BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh dalam melaksanakan tugas.

2.      MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.

3.      MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.

4.      MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan ajeg/konsisten.



Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No.
Nama Siswa
Religius
Tanggug jawab
Peduli
Responsif
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















...
























Bacalah sebuah teks prosedur kompleks tentang “Mengurus KTP” berikut ini, kemudian tentukan kaidah struktur teks tersebut!



Kartu Tanda Penduduk

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan  salah satu alat yang bisa digunakan sebagai bukti identitas seseorang sebagai warga negara. Setiap warga negara yang sudah berusia 17 tahun ke atas harus memiliki KTP sebagai syarat yang menunjukkan keanggotaan penduduk suatu negara. Penduduk itu warga negara. Bentuk KTP sekarang mengalami perubahan, yaitu berbentuk elektronik. Apabila seorang penduduk ingin memiliki sebuah KTP, maka yang pertama kali dilakukan adalah menghubungi ketua RT setempat untuk mengisi blangko pendaftaran. Sesudah mendaftarkan diri ke ketua RT setempat dimana penduduk itu berdomisili, maka langkah selanjutnya adalah menyerahkan blangko pendafrtaran tersebut ke kelurahan untuk mendapatkan pengesahan. Blangko pendaftaran setelah mendapatkan pengesahan dari kelurahan dibawa ke kecamatan untuk mendapatkan pengesahan juga. Setelah blangko pendaftaran mendapatkan pengesahan dari dua instansi tersebut, maka dibawa ke kantor Capil dan Kependudukan untuk dibuatkan KTP.

a)      Bagaimana ciri kebahasaan  meliputi partisipan,verba material dan tingkah laku, konjungsi temporal, kalimat imperatif, kalimat deklaratif, dan kalimat interogatif yang terdapat dalam teks,



Kunci jawaban

a.         1) partisipan: warga negara, penduduk, ketua RT

       2) verba material: penduduk itu warga negara

       3) verba tingkah laku: memiliki, menghubungi, mengisi, mendaftarkan diri,   menyerahkan, dan dibawa

       4) konjungsi temporal: sesudah, setelah

       5) kohesi: pembuatan KTP

       6) kalimat deklaratif: warga negara yang sudah berusia 17th ke atas wajib memiliki KTP





Tugas

Kutiplah sebuah teks prosedur dari surat kabar kemudian analisislah kaidah teks prosedural tersebut!

Lembar Pengamatan Perkembangan Akhlak dan Kepribadian



Mata pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/semester : XI/ I

Tahun ajaran                : 2017-2018

Waktu pengamatan     :

Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun.



1.      BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh dalam melaksanakan tugas.

2.      MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.

3.      MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.

4.      MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan ajeg/konsisten.



Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No.
Nama Siswa
Religius
Tanggug jawab
Peduli
Responsif
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















...






















                                  

Mengetahui,                                                                Boyolali,   Juli  2017

Kepala                                                                         Guru Mata Pelajaran,

                                                                                               









………………….                                                       ……………………………..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar