Kamis, 25 Mei 2017

KISI-KISI SOAL UKK 2016/2017 KELAS XI SMA BAHASA INDONESIA


Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia SMA KISI KELAS X BACA DI SINI
No. Kompetensi Dasar Materi Kelas/Smt. Indikator Soal Bentuk Soal No. Soal
1 3.12 Menentukan informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca Informasi dalam proposal XI/2 Disajikan sebuah penggalan proposal, peserta didik dapat menentukan informasi yang terdapat di dalam penggalan tersebut dengan benar. PG 1
4.12 Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif Unsur-unsur proposal. XI/2 Disajikan sebuah penggalan proposal yang dirumpangkan sebaian informasinya, peserta didik dapat melengkapi dengan benar. PG 2
2 3.13 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan  suatu proposal Isi proposal XI/2 Disajikan sebuah penggalan proposal, peserta didik dapat menentukan informasi yang sesuai dengan penggalan tersebut dengan benar. PG 3
4.13 Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan Sistematika proposal XI/2 Disajikan sebuah penggalan proposal, peserta didik dapat menentukan bagian sistematika penggalan tersebut dengan benar. PG 4
XI/2 Disajikan sebuah ilustrasi kegiatan di sekolah, peserta didik dapat menyusun pendahuluan dalam proposal dengan benar. PG 5
XI/2 Disajikan sebuah ilustrasi kegiatan di sekolah, peserta didik dapat menyusun latar belakang masalah dalam proposal dengan benar. PG 6
XI/2 Disajikan sebuah ilustrasi penelitian ilmiah di sekolah, peserta didik dapat menyusun bagian metode dalam proposal dengan benar. PG 7
XI/2 Disajikan sebuah ilustrasi penelitian ilmiah di sekolah, peserta didik dapat menyusun bagian pelaksanaan dalam proposal dengan benar. PG 8
Unsur kebahasaan proposal XI/2 Disajikan sebuah penggalan proposal, peserta didik dapat menyunting bahasa yang salah dalam penggalan tersebut dengan benar. PG 9
XI/2 Disajikan sebuah judul proposal kegiatan bulan bahasa, peserta didik dapat menyusun pendahuluan proposal kegiatan dengan benar. Uraian 41
3 3.14 Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca Isi dan kebahasaan dalam karya ilmiah XI/2 Disajikan sebuah penggalan karya ilmian, peserta didik dapat menentukan informasi yang tidak sesuai dengan penggalan tersebut dengan benar. PG 10
XI/3 Disajikan sebuah penggalan karya ilmian yang unsur kebahasaannya salah, peserta didik dapat menentukan alasan kesalahan bahasa dalam penggalan tersebut dengan benar. PG 11
4.14 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah  Tujuan dan esensi karya ilmiah XI/4 Disajikan sebuah penggalan karya ilmian, peserta didik dapat menentukan tujuan yang terdapat di dalam penggalan tersebut dengan benar. PG 12
XI/5 Disajikan sebuah penggalan karya ilmian, peserta didik dapat menentukan karakteristik karya ilmiah tersebut dengan benar. PG 13
Membuat karya ilmiah XI/2 Disajikan sebuah ilustrasi berupa kasus sosial, peserta didik dapat mengembangkannya menjadi judul karya ilmiah dengan tepat. PG 14
XI/2 Disajikan sebuah judul karya ilmiah, peserta didik dapat menyusun latar belakang karya ilmiah dengan tepat. PG 15
XI/2 Disajikan sebuah latar belakang karya ilmiah, peserta didik dapat menyusun tanggapan dengan tepat. PG 16
XI/2 Disajikan rumusan masalah karya ilmiah yang salah, peserta didik dapat merevisi rumusan tersebut dengan tepat. PG 17
4 3.15 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah Kebahasaan karya ilmiah XI/2 Disajikan sebuah judul karya ilmiah, peserta didik dapat menentukan data primer yang dibutuhkan untuk menyusun karya ilmiah dengan tepat. PG 18
XI/2 Disajikan sebuah judul karya ilmiah, peserta didik dapat menentukan alasan penggunaan metode tertentu dalam menyusun karya ilmiah dengan tepat. PG 19
4.15 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. Kalimat baku XI/2 Disajikan penggalan karya ilmiah sebanyak lima kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang baku dengan tepat. PG 20
Penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul) XI/2 Disajikan daftar isi karya ilmiah, peserta didik dapat menentukan penulisan penomoran bab yang baku dengan tepat. PG 21
XI/2 Disajikan lima judul karya ilmiah, peserta didik dapat menentukan penulisan judul yang baku dengan tepat. PG 22
Menyusun karya ilmiah XI/2 Disajikan sebuah judul karya ilmiah, peserta didik dapat menyebutkan data primer dan data sekunder yang dibutuhkan dengan tepat. Uraian 42
5 3.16 Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi Isi dan kebahasaan dalam resensi XI/2 Disajikan dua kutipan resensi buku fiksi, peserta didik dapat menemukan persamaan isi resensi tersebut dengan tepat. PG 23
XI/2 Disajikan dua kutipan resensi buku nonfiksi, peserta didik dapat menemukan perbedaan sistematika resensi tersebut dengan tepat. PG 24
XI/2 Disajikan sebuah penggalan resensi buku fiksi dan sebuah penggalan resensi buku nonfiksi, peserta didik dapat menemukan perbedaan kebahasaan kedua resensi tersebut dengan tepat. PG 25
4.16 Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi Unsur-unsur resensi XI/2 Disajikan kutipan resensi buku, peserta didik dapat menentukan bagian unsur resensi tersebut dengan benar.  PG 26
Sistematika resensi XI/2 Disajikan kutipan resensi buku, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan kelebihan buku dengan benar.  PG 27
6 3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda. Unsur-unsur kebahasaan resensi; dan XI/2 Disajikan sebuah penggalan teks resensi, siswa dapat menemukan kalimat kompleks dengan tepat.  PG 28
XI/2 Disajikan sebuah penggalan teks resensi, siswa dapat menemukan nomina turunan dalam teks tersebut dengan tepat.  PG 29
XI/2 Disajikan sebuah penggalan teks resensi, siswa dapat menemukan nomina turunan dalam teks tersebut dengan tepat.  PG 30
4.17 Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku  kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca. Merekonstruksi resensi XI/2 Disajikan sebuah penggalan teks resensi novel, siswa dapat menyusun rangkuman teks tersebut dengan benar.  PG 31
XI/2 Disajikan sebuah penggalan teks resensi buku kumpulan cerpen, siswa dapat menyusun kritik atas isi dan kebahasaan teks tersebut dengan benar.  Uraian 43
7 3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik  dalam drama yang dibaca atau ditonton Alur dalam drama XI/2 Disajikan penggalan teks drama, peserta didik dapat menentukan alur cerita dengan tepat. PG 32
Babak dalam drama XI/2 Disajikan satu babak teks drama, peserta didik dapat menganalisis unsur intrinsiknya dengan benar. Uraian 44
Konflik dalam drama XI/2 Disajikan penggalan teks drama, peserta didik dapat menentukan konflik cerita dengan tepat. PG 33
Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan Penokohan dalam drama XI/2 Disajikan penggalan teks drama, peserta didik dapat menentukan watak tokoh dengan tepat. PG 34
8 3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton Isi dan kebahasaan drama XI/2 Disajikan penggalan teks drama, peserta didik dapat menenetukan pesan moral dalam teks tersebut dengan tepat. PG 35
XI/2 Disajikan penggalan teks drama, peserta didik dapat menenetukan peribahasa yang tepat sesuai dengan isi teks. PG 36
4.19 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan ·      Persiapan mementaskan drama. XI/2 Disajikan penggalan teks drama, peserta didik dapat mendeskripsikan kostum tokoh sesuai dengan perwatakannya. PG 37
Pementasan drama XI/2 Disajikan penggalan ulasan pementasan drama, peserta didik dapat menentukan bagian yang menyatakan kelebihan pementasan drama tersebut dengan tepat. PG 38
9 3.20 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca Unsur-unsur novel atau kumpulan puisi. XI/2 Disajikan penggalan teks novel dan teks puisi, peserta didik dapat menentukan pesan dalam teks-teks tersebut dengan benar. PG 39
4.20 Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi. XI/2 Disajikan beberapa pesan dari buku kumpulan puisi, peserta didik dapat menyusun ulasan terhadap pesan-pesan tersebut berdasarkan kesesuaiannya dengan situasi kekinian dengan tepat. PG 40
XI/2 Disajikan penggalan ulasan buku kumpulan puisi yang kurang tepat, peserta didik dapat menyusun perbaikan ulasan tersebut dengan tepat. Uraian 45
BACA KISI KISI KELAS X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar