A. KOMPETENSI PEDAGOGIK
Deskripsi Indikator
1. Mengidentifikasikan karakteristik perkembangan sosial-emosional peserta didik.
2. Menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik
3. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran bahasa.
4. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
5. menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD
6. Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
7. Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
8. Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
9. Menentukan model pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal
10. Melakukan komunikasi secara efektif
11. Mengidentifikasi aspek penilaian keterampilan
12. Menyusun instrumen pengetahuan
13. Menentukan pencapaian kompetensi
14. Menganalisis ketercapaian KKM
15. Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
16. Merancang program remedial berdasarkan hasil penilaian
17. Menjelaskan tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif
18. Membuat desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.
B. KOMPETENSI PROFESIONAL (BAHASA INDONESIA SMA/SMK)
Deskripsi Indikator
19. Menjelaskan konsep, teori, dan materi aliran struktural yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa.
20. Pengembangan metode pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional.
21. Menjelaskan konsep hakikat bahasa.
22. Mengidentifikasi jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan pragmatik).
23. Menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia.
24. Menjelaskan fungsi Bahasa Indonesia.
25. Mengidentifikasi ragam Bahasa Indonesia.
26. Mengaplikasi prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis).
27. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis. (3)
28. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis.
29. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa berdasarkan konteks (akademis, formal, vokasional).
30. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan produktif.
31. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan reseptif.
32. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis produktif.
33. Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif.
34. Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia
35. Menerapkan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (3)
36. Menjelaskan teori dan genre puisi Indonesia (1)
37. Menjelaskan teori dan genre prosa Indonesia
38. Mengapresiasi puisi Indonesia
39. Menulis puisi Indonesia
40. Mengapresiasi prosa Indonesia
41. Menulis prosa Indonesia
42. Mengapresiasi teks drama Indonesia
43. Mementaskan naskah drama sederhana Indonesia
44. Membuat kritik sastra Indonesia
45. Merumuskan indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa.
46. Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD.
47. Merumuskan masalah dalam pembelajaran bahasa.
48. Memanfaatkan jaringan komunikasi on-line untuk mendukung komunitas profesi sebagai penunjang PKB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar