ALIRAN-ALIRAN LINGUISTIK
1. Roman Jakobson mengembangkan metode komunikasi sastra di Praha. Aliran linguisitik yang dikembangkan bernama .....
A. Deskriptif
B. Fungsional
C. Struktural
D. Transformasi
2. Salah satu ciri dari teori linguistik strukural adalah bahasa merupakan kebiasaan (habit). Hal ini memiliki makna….
A. Pembelajaran bahasa menggunakan metode kontekstual yakni suatu bentuk kegiatan yang menyesuaikan dalam kehidupan nyata
B. Pembelajaran bahasa menggunakan metode komunikatif yakni suatu kegiatan berbahasa dalam konteks/ penggunaan komunikasi
C. Pembelajaran bahasa menggunakan metode whole languge yakni suatu kegiatan yang mengintegrasikan semua aspek berbahasa
D. Pembelajaran bahasa menggunakan metode drill and practice yakni suatu bentuk latihan yang terus menerus, berkelanjutan, dan berulang-ulang
3. Pengertian tentang unsur bahasa yang berada di balik tanda yang berupa konsep di balik sang penutur atau disebut juga makna adalah….
A. signifiant
B. signifie
C. parole
D. langue
4. Aliran deskriptif memiliki kekurangan, yaitu hanya memperhatikan akan makna dan arti. Hal ini dimaksudkan bahwa….
A. Cenderung menganalisis fakta-fakta secara objektif dan nyata
B. Memiliki cara kerja yang sangat menekankan pentingnya data objektif untuk memerikan suatu bahasa
C. Menerima mentalistik sejalan dengan iklim filsafat yang berkembang pada masa itu yaitu behaviorisme
D. Aliran ini sudah mengelompokkan kategori gramatikal, verbal dan pronomina kata ganti.
5. Konsep utama dalam aliran fungsional ialah fungsi bahasa dan fungsi dalam bahasa. Berikut ini bukan termasuk sikap aliran fungsional terhadap fungsi bahasa adalah …
A. Sudut pandang pembicara menjadi perspektif analisis.
B. Deskripsi yang sistematis dan menyeluruh tentang hubungan antara fungsi dan bentuk.
C. Analisis bahasa mulai dari bentuk ke fungsi
D. Pemahaman atas kemampuan komunikatif sebagai tujuan analisis bahasa.
6. Pernyataan berikut sesuai dengan pandangan kaum strukturalis adaah....
A. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantik.
B. Fokus perhatian pada fonologi, morfologi, sedikit, sintaksis, dan sama sekali tidak pada semantic.
C. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sedikit sekali pada sintaksis, dan semantik.
D. Fokus perhatian pada fonologi dan morfologi, sama sekali tidak memperhatikan sintaksis dan semantik.
7. Paham behaviourisme adalah faham yang mengemukakan bahwa proses berbahasa merupakan proses rangsang-tanggap (stimulus-response).
Pernyataan tersebut merupakan faham pada aliran:
A. Strukturalisme
B. Deskriptif
C. Fungsional
D. Deskriptif fungsional
8. Saussure mengembangkan pikiran ke dalam enam dikotomi tentang bahasa. Yaitu (a) sinkronik dan diakronik (b) bentuk (form ) dan substansi © significant signifie (d) langue dan parole (e) sintagmatik dan paradigmatik. Signifiant merupakan ....
A. Bunyi ujaran
B. Bagian makna
C. Tindak ujar
D. Sistem bahasa
9. Dari aspek morfologi dapat dilihat contoh penggunaan awalan Meng- dan Peng-. Awalan me-jabat dan pe-jabat memiliki fungsi pembeda. Me-jabat menjadi ‘menjabat’ sebagai kata kerja dan pe-jabat menjadi ‘pejabat’. Penggunaan morfem bebas atau kata dasar yang sama namun didahului oleh morfem terikat yang berbeda maka fungsinya pun menjadi berbeda.
Penjelasan tersebut merupakan pengembangan materi pada aliran ....
A. struktural
B. deskriptif
C. fungsional
D. pragmatic
10. Linguistik deskriptif, artinya mendeskripsikan bahasa secara apa adanya. Berdasarkan hal tersebut terdapat keunggulan pada aliran deskripsi, yaitu ....
A. Memiliki cara kerja yang sangat menekankan pentingnya data objektif untuk memerikan suatu bahasa
B. Aliran ini hanya cenderung memperhatikan makna bahasa
C. Cenderung menganalisis fakta-fakta secara objektif dan nyata
D. Menerima mentalistik sejalan dengan iklim filsafat yang berkembang pada masa itu yaitu behaviorisme
11. Kajian linguistik deskriptif yang paling penting menurut John Ruperth F (1994) adalah konteks. Kajian bahasa memiliki lima tingkatan. Kajian bahasa hierarki yang runtut dari dasar sampai ke lima adalah ….
A. fonologi, leksikon, morfologi, semantik dan sintaksis
B. fonetik, morfologi, semantik, sintaksis dan leksikon
C. fonologi, morfologi, leksikon, , semantik dan sintaksis
D. fonetik, leksikon, morfologi, sintaksis, dan semantik.
12. Aliran linguistik fungsional berusaha menjelaskan tentang wujud bahasa sebagai sistem komunikasi manusia. Maksudnya adalah .…
A. Sistem komunikasi tidak berkaitan dengan tujaan berbahasa
B. Sistem komunikasi dideskripsikan apa adanya
C. Sistem komunikasi menggunakan unit-unit bahasa
D. Sistem komunikasi tidak terpisah dari tujuan berbahasa.
13. Perhatikan nama-nama tokoh linguistik berikut!
(1) Roman Jakobson,
(2) Praha,
(3) Andre Martinet,
(4) Leonard Bloomfield,
(5) Nida.
Dari nama-nama tokoh di atas manakah tokoh pelopor aliran fungsional?
A. Roman Jakobson dan Andre Martinet
B. Roman Jakobson dan Praha
C. Andre Martinet dan Bloomfield
D. Nida dan Andre Martinet
14. Roman Jakobson merupakan salah seorang yang melihat bahasa berdasarkan fungsi khususnya tataran fonologi. Salah satu fungsi yang diungkapkannya Jacobson bahwa bahasa digunakan untuk mengungkapkan perasaan sedih yang disebut dengan fungsi...
A. Emotif
B. Referensial
C. Puitik
D. Konatif
15. Perhatikan kalimat berikut ini!
(1) Ani menulis surat.
(2) Ira membaca buku.
(3) Lia menyimak radio.
Kajian bahasa yang menelaah hubungan paradigmatik antara kata menulis, membaca, dan menyimak merupakan kajian linguistik ....
A. Komparatif
B. struktural
C. Fungsional
D. Deskriptif
16. Hubungan antara bunyi /t/,/j/ dan /d/ yang terdapat pada kata-kata dari, tari, dan jari, merupakan hubungan antar unsur-unsur yang terdapat dalam suatu tuturan dengan unsur-unsur sejenis yang tidak terdapat dalam tuturan yang bersangkutan pada tataran fonologi.
Penjelasan tersebut merupakan pengembangan materi pada aliran ....
A. Fungsional
B. Deskriptif
C. struktural
D. Transformasi
17. Ibu Sinta, guru bahasa Indonesia SMA akan mengajarkan materi yang berkaitan dengan kajian morfologi berupa frasa yang merupakan unit gramatika dengan menyajikan sebuah kalimat di bawah ini.
/Siskasedang membaca novel di perpustakaan/.
Dari kalimat tersebut dapat dianalisis menjadi unit yang lebih kecil, yaitu frasa. Kalimat tersebut memiliki frasa 'sedang membaca' dan 'di perpustakaan'.
Kajian unit bahasa seperti contoh di atas merupakan kajian linguistik berdasarkan aliran ....
A. Deskriptif
B. Fungsional
C. struktural
D. Transformasi
18. Ibu Endah, guru bahasa Indonesia di SMP Juara Sejati akan mengajarkan materi morfem, misalkan kata pemberdayaan. Kata tersebut dapat dianalisis unsur Langsung dibawahnya, yaitu morfem….
A. Perdaya
B. daya
C. Berdaya
D. perdaya
19. Seseorang akan selalu teringat kebaikan yang diterima dari sahabatnya. Pada kata kebaikan, terdiri atas morfem bebas baik dan morfem terikat ke-an.
Kajian unit bahasa seperti contoh di atas merupakan kajian linguistik berdasarkan aliran...
A. Deskriptif
B. struktural
C. Fungsional
D. Transformasi
20. Perhatikan kalimat di bawah ini!
Pak Tarsis sedang mengerjakan tugas.
Kalimat di atas merupakan kajian unit bahasa dalam aliran linguistik struktural yang mempunyai pola S-P-O. Kalimat yang mempunyai struktur pola yang sama dengan contoh kajian kalimat di atas adalah ....
A. Pak Indra Jaya sedang membaca di teras.
B. Ibu Margareta sedang berbelanja buah-buahan
C. Ibu Sutriani sedang menyelesaikan tugas di kamar
D. Nona Aira Aftani sedang menyeduh kopi
Sumber:
Umar, Azhar. 2016. Berbagai Aliran Linguistik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan
Kurniawan, Endang dkk. 2017. Aliran-aliran Linguistik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa
Sangat bermanfaat. Thanks
BalasHapus