Rabu, 31 Mei 2017

JAWABAN LEMBAR KERJA KKA-2 KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

LEMBAR KERJA KOMPETENSI PEDAGOGIK (KKA-2)
KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
LK–1. 1 Memahami Karakteristik Peserta Didik
1. Hal-hal apa saja yang harus diketahui pendidik agar memahami perkembangan karakteristik peserta didik?

2. Sebutkan tahapan perkembangan kognitif yang Saudara ketahui

No
Tahapan
1.
2.
3.
4.

 LK–1.2 Mengidentifikasi Potensi Peserta Didik

Permasalahan
Solusi
Ketika melaksanakan pembelajaran,
Anda berhadapan dengan siswa yang
mengalami kesulitan belajar. Apa tindakan
yang akan Anda lakukan?

LK–1.3 Mengidentifikasi Pemahaman Awal Peserta Didik

Pertanyaan
Jawaban
Apakah tujuan mengidentifikasi
Pemahaman awal (entry behavior)
peserta didik? Bagaimanakah caranya?

LK–1.4 Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Peserta Didik

Ryan Permana adalah siswa kelas XII SMA. Tidak lama lagi dia akan mengikuti ujian sekolah yang akan menentukan kelulusannya dari sekolah tersebut. Namun upaya mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti ujian sekolah sering terkendala dengan kesibukannya membantu pekerjaan ibunya yang sudah hidup menjanda selama 15 tahun. Setiap hari Ryan harus bangun pagi-pagi agar dapat membantu mempersiapkan dan menata kue buatan ibunya untuk dibawa ke sekolah. Kue tersebut dijual di kantin
sekolah. Sepulangnya dari sekolah, Ryan jarang langsung pulang ke rumah, karena dia harus belanja dulu bahan-bahan untuk membuat kue di pasar yang berdekatan dengan sekolahnya. Tidak jarang Ryan setiap hari pulang sekolah sore hari. Akibatnya dia tidak memiliki waktu untuk belajar di rumah.
Bahkan, di malam hari pun tidak banyak waktu yang dapat digunakan Ryan untuk belajar karena dia harus membantu ibunya membuat kue yang akan dijual keesokan harinya.
1. Tergolong ke dalam kesulitan belajar yang manakah kasus Ryan di atas?
2. Bagaimanakah cara Saudara mendiagnostik masalah belajar yang dihadapi Ryan tersebut? Tulislah jawaban Saudara tempat tersedia

 JAWABAN / PEMBAHASAN LK
LK–1. 1 Memahami Karakteristik Peserta Didik
1. Hal-hal apa saja yang harus diketahui pendidik agar memahami perkembangan karakteristik peserta didik?
a. Potensi yang dimiliki peserta didik
b. Tingkat perkembangan kedewasaan peserta didik
c. Kemampuan kognitif peserta didik Potensi mandiri yang dimiliki peserta didik
d. Tingkat Kebutuhan peserta didik dalam hal bimbingan dan perlakuan manusiawi

2. Sebutkan tahapan perkembangan kognitif

TAHAPAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK
No
Tahapan
1
Tahap Sensorik-Motorik (usia 0-2 tahun)
2
Tahap Pra-Operasional (usia 2-7 tahun)
3
Tahap Konkret-Operasional (usia 7-11 tahun)
4
Tahap Operasional Formal (usia 11 tahun-dewasa)

LK–1.2 Mengidentifikasi Potensi Peserta Didik

Permasalahan
Solusi
Ketika melaksanakan pembelajaran,
Anda berhadapan dengan peserta didik yang malas belajar. Apa tindakan
yang akan Anda lakukan?
Usaha yang dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan motivasi semangat belajar peserta didik yang malas antara lain melakukan pendekatan secara persuasif dan edukatif. Selain itu, pendidik harus berupaya dengan
merancang pembelajaran yang lebih menarik, memilih bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik,
menggunakan media pembelajaran yang menarik, dan lain-lain.


Pertanyaan
Jawaban
Apakah tujuan
mengidentifikasi
pemahaman awal
(entry behavior)
peserta didik?
Bagaimanakah caranya?
Tujuan mengidentifikasi pemahaman awal peserta didik
adalah:
a. Memperoleh informasi yang lengkap dan akurat berkenaan dengan kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti program pembelajaran tertentu
b.Menyeleksi tuntutan, bakat, minat, kemampuan serta
kecendrungan peserrta didik berkaitan dengan pemilihan program program pembelajaran tertentu yang akan diikuti mereka.
c.Menentukan desain program pembelajaran dan atau pelatihan tertentu yang perlu dikembangkan sesuai dengan kemampuan awal peserta didik.
Cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi Pemahaman awal peserta didik adalah dengan cara (1) pre test, (2) observasi, dan (3) wawancara.

LK–1.4 Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Peserta Didik
Kasus Ryan termasuk kategori kasus keluarga, mengatasinya dengan memberi motivasi kepada keluarga Ryan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar