BACA UNDANGAN PEMANGGILAN FINALIS OGN 2017
PENGUMUMAN PENETAPAN FINALIS OLIMPIADE GURU NASIONAL TAHUN 2017
BACA FINALIS OGN SD SMP TAHUN 2017
PENGUMUMAN PENETAPAN FINALIS OLIMPIADE GURU NASIONAL TAHUN 2017
BACA FINALIS OGN SD SMP TAHUN 2017
A. SOAL PERSIAPAN TES ONLINE WAWASAN KEPENDIDIKAN / PEDAGOGIK
PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
2. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah.....
A. inspirasi
B. budaya
C. inspirasi
D. pengasuhan dan lingkungan
…………………….
SOAL REFLEKSI PEMBELAJARAN
99. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100. Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A. Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
B. SOAL TEORI BABAK FINAL OGN
Tes teori merupakan salah satu jenis tes pada babak final Olimpiade Guru Nasional Tahun 2017.
Materi tes teori meliputi materi umum (pedagogik) dan materi bidang studi (profesional).
Di bawah ini akan disajikan contoh soal tes teori babak final OGN 2016 dan pembahasan tes teori materi umum dan bidang studi Bahasa Indonesia.
A. Tes Teori Materi Umum (PEDAGOGIK)
Soal: Jelaskan konsep literasi dan buatlah contoh program literasi sekolah.
Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Di abad 21 ini, kemampuan ini disebut sebagai literasi informasi.
Ferguson (www.bibliotech.us/pdfs/InfoLit.pdf) menjabarkan komponen literasi informasi sebagai berikut: literasi dasar, literasi perpustakaan, literasi media, literasi teknologi, dan literasi visual.
JAWABAN / PEMBAHASAN LENGKAP KONSEP LITERASI DAN
CONTOH PROGRAM LITERASI SEKOLAH BACA DI SINI
B. Tes Teori Materi Bidang Studi (PROFESIONAL) bahasa Indonesia
Soal: Buatlah contoh rubrik penilaian membaca puisi.
C. TES WORKSHOP BAHAN AJAR
Salah satu jenis tes babak final Olimpiade Guru Nasional (OGN) adalah tes workshop bahan ajar.
TES WORKSHOP BAHAN AJAR
BABAK FINAL OLIMPIADE GURU NASIONAL (OGN)
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Tes workshop bahan ajar adalah jenis tes yang menuntut peserta OGN menyusun bahan ajar sesuai materi bidang studi. Oleh karena itu, materi workshop bahan ajar berbeda antara mata pelajaran satu dengan yang lain. Misalnya, untuk mata pelajaran bahasa Inggris tes workshop bahan ajar adalah menyusun bahan ajar jenis teks tertentu. Tes workshop mata pelajaran Ekonomi adalah menyusun rancangan pembelajaran pengembangan koperasi sekolah.
Berikut akan disajikan contoh tes workshop bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.TES WORKSHOP BAHAN AJAR
BABAK FINAL OLIMPIADE GURU NASIONAL (OGN)
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
SOAL : Susunlah bahan ajar menulis naskah drama berdasarkan naskah cerpen!
Jawab:
BAHAN AJAR MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK BERDASARKAN NASKAH CERPEN
Kompetensi Dasar
Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mampu menyebutkan hal-hal yang menjadi kaidah penulisan naskah drama
2. Mampu menulis naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
A. Uraian Materi
Pada pelajaran ini kali, kita akan mempelajari menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
Kaidah penulisan naskah drama adalah sebagai berikut:
1. Naskah berisi dialog, prolog, dan epilog.
2. Dialog dituliskan di pinggir nama tokoh atau di bawah nama tokoh.
Contoh:
Dona : “Saya datang ke sini ingin berdiskusi dengan Kalian.”
atau
Dona :
“Saya datang ke sini ingin berdiskusi dengan Kalian.”
3. Petunjuk lakuan tokoh ditulis dalam tanda kurung dan dicetak miring atau digarisbawahi.
Contoh:
Alya: (memegang pensilnya kuat-kuat) “Ini pensil saya, Bu.”
4. Latar dituliskan secara singkat dan hanya merupakan petunjuk umum.
Untuk dapat menulis naskah drama kita dapat menggunakan cerpen sebagai bahan bakunya.
Penulisan itu terdiri atas beberapa tahap berikut.
1. Tuliskan pokok-pokok cerita cerpen menjadi tahapan alur yang nanti akan dibagi menjadi adegan atau babak dalam drama.
2. Tuliskan rincian penokohan yang ada dalam cerpen beserta perwatakannya.
3. Mengidentifikasi suasana-suasana latar dalam cerpen untuk dijadikan latar drama.
4. Susunlah naskah drama berupa dialog antara tokoh dan petunjuk-petunjuk lakuannya
B. Contoh
Cermatilah cuplikan cerpen berikut.
Proyek Kelas
Oleh: Ertu Elhijri
Pemilihan siswa teladan sudah berlangsung beberapa tahap yaitu tahap penyerahan nilai rapor, kesan dari teman-teman sekelas, tahap pemahaman agama yang dianut, dan tahap kesehatan. Pada semua tahap itu Arman lulus. Kami semua senang. Namun, kami tertegun melihat tahap selanjutnya. Tahap itu adalah tahap pidato.
Kami sekelas memilih Arman untuk mewakili kelas dalam ajang pemilihan siswa teladan karena kami memandangnya sebagai siswa terbaik, tercerdas, tersoleh, dan terberani. Hanya saja, untuk urusan pidato, kami sedikit meragukannya.
“Te..teman-teman tenang sa saja!” kata Arman, “saya sudah menulis naskah pidato tentang upaya pengolahan sampah mandiri di dise sekolah kita,” lanjutnya. Kami terdiam. Tema yang bagus dan kami pun yakin tulisannya bagus.
“Man, kami mendukungmu!” sari berkata lantang sambil tersenyum
“Te ..terima kasih” jawab Arman.
“Ah, tapi kamu harus berusaha untuk tidak gagap Arman!” tiba-tiba Luki berkata dan membuat raut muka sebagian dari kami berubah. Ya, kami prihatin dengan kebiasan gagap Arman.
“A.. aku berusaha”
“Ya sudah, kita doakan saja Arman, bagaimana?” tanya Meida, ketua kelas kami. Kami pun mengangguk.
Berikut adalah contoh penulisan naskah drama berdasarkan cerpen tersebut.
Proyek Kelas
Suatu sore, dalam kelas berkumpul lima orang anak. Mereka duduk melingkar pada masing-masing kursi.
Meida : “Tahap penyerahan nilai rapot sudah, kesan dari teman-teman sekelas sudah, tahap pemahaman agama yang dianut sudah, dan tahap kesehatan juga sudah.”
Hadi : “Hebat kamu Arman, lulus semua.”
Sari : (menarik napas) “Tinggal tahap pidato.”
Hadi : (menoleh pada Luki)
Luki : (menarik napas dan raut mukanya menjadi tegang)
Arman : “Te..teman-teman tenang sa ..saja! (diam sejenak) Saya sudah menulis naskah pidato tentang upaya pengolahan sampah mandiri di. . . di se. . . sekolah kita.”
Sari : “Man, kami mendukungmu!”
C. Pelatihan
Ubahlah cerpen berjudul “Pak Tua Pemungut Sampah” berikut menjadi sebuah naskah drama.
Pak Tua Pemungut Sampah
Oleh: Kanianingsih
Setelah mencium tangan bundanya dan mengucap salam, Ra berlari keluar rumah. Teman-temannya sudah menunggu di halaman depan, ada Fathia, Tary, dan Rita. Mereka akan pergi ke sekolah bersama-sama. Ra dan teman-temannya melambaikan tangan pada bunda yang melepas kepergian mereka dengan senyum di depan pintu.
Belum jauh melangkah, anak-anak itu melihat seorang lelaki tua sedang mengaduk-aduk bak sampah.
Setiap hari, Ra melihat orang itu mengambil sampah lalu menaruhnya di gerobak dorong tanpa merasa jijik. Sampah-sampah itu bau dan busuk. Ada kulit pisang, sayuran busuk, kertas pembungkus, botol pecah, dan lainlain. Setiap hari Ra menutup hidung jika bertemu Pak Tua itu.
“Ih, bau sekali!” kata Ra
“Aku jadi ingin muntah ...,” bisik Rita.
“Eh, bukankah itu sampah-sampah bekas dari rumah kita juga?” bela Tary.
“Tapi kita kan mau lewat. Pak Tua itu harusnya berhenti dulu supaya baunya tidak menyengat,” kata Fathia.
“Iya. Kita lari saja yuk begitu lewat gerobak sampahnya! Supaya tidak kena baunya,” usul Ra.
“Yuk!” Keempat gadis itu berlari sambil tertawa-tawa.
***
“Bunda, sampah di depan rumah bau sekali,” ujar Ra seraya menghampiri bunda yang sedang menggoreng nasi untuk sarapan. Ra masih menggenggam sapu. Karena hari ini hari Minggu, dia membantu bunda menyapu lantai.
“Iya, sudah beberapa hari sampah tidak diambil. Pak Soleh sedang sakit. Nanti Ra antar Bunda menjenguk beliau ya?” kata Bunda. Ra sebenarnya tidak mengerti apa yang dikatakan bunda. Tapi melihat bunda sedang repot, Ra tidak bertanya lagi dan melanjutkan pekerjaannya.
(Sumber: Diktat Bahasa Indonesia SMP Negeri 3 Kartasura Kelas VIII Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017, Penyusun Endah Mustaqimah, S.Pd., M.Pd.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar