RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 4
Sekolah : SMP ……….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Iklan, Slogan, dan Poster
Alokasi Waktu : 8 X 40 Menit ( 4 pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami pengetahuan(Faktual,konseptual, dan prosedural) Berdasarkan rasa ingin taunya tentang ilmu penegetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (Menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan menggarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | ||
3.4 | Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan,slogan,proses ( yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar. | 3.4.1 3.4.2 3.4.3 3.4.4 | Menentukan ciri iklan dengan tepat Menentukan ciri slogan dengan tepat Menentukan ciri poster dengan benar . Membedakan iklan,slogan dan poster dengan benar |
4.4 | Menyajikan gagasan, pesan dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis. | 4.4.1 4.4.2 4.4.3 | Membuat iklan, dengan tepat Membuat slogan dengan tepat Membuat poster dengan benar |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran tentang iklan slogan dan poster, siswa diharapkan dapat:
1. Menentukan ciri dalam iklan.
2. Menentukan ciri dalam slogan.
3. Menentukan ciri dalam poster.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran Menentukan ciri dalam iklan slogan dan poster, siswa diharapkan dapat membedakan iklan,slogan dan poster
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran iklan, slogan, dan poster, siswa diharapkan dapat membuat iklan
Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti pembelajaran iklan, slogan, dan poster, siswa diharapkan dapat membuat slogan.
Pertemuan Kelima
Setelah mengikuti pembelajaran iklan, slogan, dan poster, siswa diharapkan dapat membuat poster
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian iklan slogan dan poster
2. Ciri kebahasan iklan slogan dan poster
3. Struktur kebahasaan iklan, slogan, dan poster
E. METODE/MODEL PEMBELAJARAN
- Saintifik
F. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1. Media::
- LCD proyektor
2. Bahan :
a. Contoh Teks Iklan dari berbagai sumber
b. Contoh Teks slogan dari berbagai sumber
c. Contoh Teks Poster dari berbagai sumber
3. Sumber belajar:
Harsiati,.Titik dkk.2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 243-253.
Harsiati,.Titik dkk. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud. Hlm, 117-121.
Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. .
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. (PPK) - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Guru menayangkan contoh teks Iklan poster dan slogan. (LITERASI) - Siswa mengamati tayangan iklan poster dan slogan. - Siswa menuliskan prediksi ciri iklan poster dan slogan berdasarkan contoh yang telah diamati. - Siswa mengidentifikasi ciri iklan poster dan slogan. - Guru menanyakan materi yang akan diajarkan. - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang. - Siswa dalam kelompok mengamati iklan poster dan slogan. (4C) - Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai informasi dalam iklan poster dan slogan. - Masing-masing kelompok mencari informasi dari berbagai sumber informasi atau berdiskusi dengan anggota kelompoknya tentang iklan poster dan slogan. (4C) - Siswa menuliskan informasi yang diperoleh dari iklan poster dan slogan. - Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C) - Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan. | 60’ |
Penutup | - Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari. - Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa menerima tugas dari guru untuk menemukan informasi iklan poster dan slogan. (HOTS) - Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung. - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. | 10’ |
Pertemuan Kedua
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru memberikan motivasi kepada siswa - Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas empat orang. - Siswa mengamati sebuah iklan poster dan slogan secara berkelompok (literasi) - Setiap kelompok mengidentifikasi ciri iklan poster dan slogan. - Siswa menuliskan informasi dari teks iklan poster dan slogan. - Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai ciri iklan poster dan slogan. - Siswa menukarkan hasil kerja dengan hasil kerja kelompok lain. - Setiap kelompok memberikan penilaian atas hasil kelompok lain. - Setiap kelompok menyampaikan hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi. | 60’ |
Penutup | - Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa menerima tugas dari guru, yaitu mencari dan mengamati iklan poster dan slogan dari berbagai sumber. - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. | 10’ |
Pertemuan Ketiga
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru memberikan motivasi kepada siswa - Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang. - Siswa dalam kelompok membuat iklan - Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. - Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan tentang iklan | 60’ |
Penutup | - Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari. - Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan ciri iklan dari berbagai sumber. - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur. | 10’ |
Pertemuan Keempat
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru memberikan motivasi kepada siswa - Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang. - Siswa dalam kelompok membuat slogan - Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. - Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan tentang slogan . | 60’ |
Penutup | - Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari. - Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan ciri slogan dari berbagai sumber. - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur. | 10’ |
Pertemuan Kelima
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru memberikan motivasi kepada siswa - Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang. - Siswa dalam kelompok membuat poster - Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. - Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan tentang poster. | 60’ |
Penutup | - Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari. - Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan ciri poster dari berbagai sumber. - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur. | 10’ |
H. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
1) Tes tertulis (Uraian)
2) Penugasan (Lembar Kerja)
c. Keterampilan :
Praktik (Penilaian Praktik)
2. Pembelajaran Remedial
Kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
• pembelajaran ulang
• bimbingan perorangan
• belajar kelompok
• pemanfaatan tutor sebaya
bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
………….. 15 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala, Guru,
…………………………. …………………………….
NIP NIP
LAMPIRAN MATERI SURAT IKLAN POSTER DAN SLOGAN
Pengertian & Contoh Slogan dan Poster serta Perbedaannya
Seringkali kita melihat slogan dan poster di tempat-tempat umum, seperti dipinggir jalan. Slogan dan poster merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi yang memiliki ciri-ciri tersendiri dibandingkan dengan jenis penyampaian informasi lainnya.
Agar sebuah slogan dan poster dapat meyakinkan pembacanya, slogan dan poster harus dibuat semenarik mungkin, baik secara isi maupun penampilan, dengan kreativitas kalian.
Agar sebuah slogan dan poster dapat meyakinkan pembacanya, slogan dan poster harus dibuat semenarik mungkin, baik secara isi maupun penampilan, dengan kreativitas kalian.
Pengertian slogan dan poster
Menurut kamus besar bahasa Indonesia, slogan berarti perkataan atau kalimat pendek yg menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu; perkataan atau kalimat pendek yg menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dsb.
Menurut sumber yang sama, pengertian poster adalah plakat yg dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan.
Menurut sumber yang sama, pengertian poster adalah plakat yg dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan.
Perbedaan slogan dan poster
Hal yang membedakan antara slogan dengan poster adalah berikut.
1. Isi atau muatan slogan berupa penjelasan mengenai tujuan ideologi suatu organisasi, golongan, dan sebagainya.
2. Isi atau muatan poster dapat berupa imbauan, ajakan, protes, penawaran produk, upaya pendidikan, dan penyaluran aspirasi tertentu.
Slogan dan poster biasanya dituangkan dalam bentuk plakat, stiker, spanduk, baliho, dan sebagainya. Sebagai media informasi visual dan bersifat luar ruangan (outdoor), terutama poster, penggunaan format bahasa, bentuk tulisan, penyertaan gambar, dan komposisi warna akan sangat berpengaruh terhadap minat seseorang untuk membacanya.
Maka dari itu, pemasangan media tersebut biasanya dipilih tempat-tempat strategis yang mudah dilihat oleh khalayak umum.
1. Isi atau muatan slogan berupa penjelasan mengenai tujuan ideologi suatu organisasi, golongan, dan sebagainya.
2. Isi atau muatan poster dapat berupa imbauan, ajakan, protes, penawaran produk, upaya pendidikan, dan penyaluran aspirasi tertentu.
Slogan dan poster biasanya dituangkan dalam bentuk plakat, stiker, spanduk, baliho, dan sebagainya. Sebagai media informasi visual dan bersifat luar ruangan (outdoor), terutama poster, penggunaan format bahasa, bentuk tulisan, penyertaan gambar, dan komposisi warna akan sangat berpengaruh terhadap minat seseorang untuk membacanya.
Maka dari itu, pemasangan media tersebut biasanya dipilih tempat-tempat strategis yang mudah dilihat oleh khalayak umum.
Contoh slogan dan poster
Contoh gambar slogan dan poster
Contoh gambar slogan
Contoh gambar poster
Contoh kalimat slogan dan poster
Contoh kalimat slogan
- Saatnya WANITA Tampil di Depan
- PKK Budi Mulya, Hidup bersosialisasi, berkreativitas dan berprestasi
- PKK Budi Mulya, Hidup bersosialisasi, berkreativitas dan berprestasi
Contoh kalimat poster
- Keluarga bahagia dengan emansipasi
- Buang sampah sembarangan = tidak cinta lingkungan
- Keberhasilan membangun karier bukan berarti meninggalkan urusan rumah tangga
Setelah memerhatikan contoh slogan dan poster di atas, dapat disimpulkan bahwa slogan dan poster merupakan bentuk penyampaian informasi atau pemberitahuan yang berupa kalimat pendek, singkat, sarat pesan, mudah diingat, dan menarik.
- Buang sampah sembarangan = tidak cinta lingkungan
- Keberhasilan membangun karier bukan berarti meninggalkan urusan rumah tangga
Setelah memerhatikan contoh slogan dan poster di atas, dapat disimpulkan bahwa slogan dan poster merupakan bentuk penyampaian informasi atau pemberitahuan yang berupa kalimat pendek, singkat, sarat pesan, mudah diingat, dan menarik.
LAMPIRAN PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Petunjuk:
a. Amati perkembangan sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
b. Isi jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol)
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP
Kelas/Semester : VII/2
Tahun Pelajaran : 2017/2018
No. | Tanggal | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap |
2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik : tes tertulis
b. Bentuk : uraian
c. Indikator soal/Kisi-kisi:
No | Materi | Indikator | Bentuk tes | No.Soal |
1. | Iklan Slogan Poster | Disajikan teks iklan,slogan dan poster
| Uraian | 1 2 3 4 5 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar