CONTOH PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UJIAN NASIONAL SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(Disusun berdasarkan kisi-kisi UN tahun pelajaran 2017/2018 dari BSNP)
No.
|
Aspek
|
Level Kognitif
|
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No.
|
1
|
Membaca Nonsastra
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Memaknai
|
Memaknai istilah/kata
|
Disajikan paragraf, siswa mampu memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
1
|
Mengidentifikasi informasi tersurat
|
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf dengan tepat.
|
2
| |||
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat.
|
3
| ||||
Disajikan teks biografi, siswa mampu menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan tepat
|
4
| ||||
Disajikan teks biografi, siswa mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat
|
5
| ||||
Aplikasi
- Menginterpretasi
- Menggunakan
|
Menemukan ide pokok
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan ide pokok paragraf dengan tepat.
|
6
| ||
Menemukan inti kalimat
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan inti kalimat dalam paragaf dengan tepat.
|
7
| |||
Menentukan makna rujukan
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan makna rujukan (kata penunjuk ini, itu, tersebut, atau tadi) dalam paragraf dengan tepat.
|
8
| |||
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis dengan tepat.
|
9
| |||
Disajikan penggalan tajuk, siswa mampu menentukan opini /pendapat penulis berdasarkan penggalan dengan tepat.
|
10
| ||||
Disajikan penggalan tajuk, siswa mampu menyimpulkan keberpihakan penulis berdasarkan penggalan dengan tepat.
|
11
| ||||
Menentukan kalimat utama
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan kalimat utama paragaf dengan tepat.
|
12
| |||
Menentukan kalimat penjelas
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan kalimat penjelas paragaf dengan tepat.
|
13
| |||
Penalaran
- Membanding-kan
- Menunjukkan bukti
- Menganalisis
- Menanggapi/mengomentari
- Merefleksi
- Mengevaluasi
- Memvariasi-kan
|
Membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks
|
Disajikan dua buah penggalan teks berita, siswa mampu membandingkan bahasa kedua teks dengan tepat.
|
14
| ||
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks
|
Disajikan dua buah penggalan teks berita, siswa mampu menyimpulkan perbedaan/persamaan isi kedua teks dengan tepat.
|
15
| |||
Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
|
Disajikan dua buah teks (teks eksposisi dan teks prosedur), siswa mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat.
|
16
| |||
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks ulasan/resensi), siswa mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat.
|
17
| ||||
Mengomentari isi teks
|
Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengomentari isi teks dengan tepat.
|
18
| |||
Menunjukkan bukti suatu simpulan
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menunjukkan bukti suatu simpulan dengan tepat.
|
19
| |||
2
|
Membaca Sastra
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifi-kasi
- Memaknai
|
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
|
Disajikan puisi, siswa mampu mengartikan kata simbolik dalam puisi dengan tepat.
|
20
|
Disajikan puisi, siswa mampu mengidentifikasi majas yang dominan dalam puisi dengan tepat.
|
21
| ||||
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
|
Disajikan gurindam, siswa mampu menentukan maksud gurindam dengan tepat
|
22
| |||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan latar cerita dengan tepat.
|
23
| ||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan cara penggambaran watak tokoh dengan tepat.
|
24
| ||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan watak tokoh dengan tepat.
|
25
| ||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan sudut pandang berdasarkan kutipan dengan tepat.
|
26
| ||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan (tahapan) alur berdasarkan kutipan dengan tepat.
|
27
| ||||
Aplikasi
- Menginterpre-tasi
- Menggunakan
|
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai -nilai)
|
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan konflik dengan tepat.
|
28
| ||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan penyebab konflik cerita dengan tepat.
|
29
| ||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan peristiwa yang terjadi akibat konflik dengan tepat.
|
30
| ||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan amanat cerita dengan tepat.
|
31
| ||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan nilai moral cerita dengan tepat.
|
32
| ||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan nilai sosial cerita dengan tepat.
|
33
| ||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan nilai agama cerita dengan tepat.
|
34
| ||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan nilai budaya cerita dengan tepat.
|
35
| ||||
Penalaran
- Membanding-kan
- Menunjukkan bukti
- Menganalisis
- Menanggapi/mengomentari
- Merefleksi
- Mengevaluasi
- Memvariasi-kan
|
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (cerpen), siswa mampu membandingkan persamaan isi dua kutipan dengan tepat.
|
36
| ||
Disajikan dua kutipan teks sastra berbeda ( cerita rakyat dan hikayat), siswa mampu membandingkan persamaan isi dua kutipan dengan tepat.
|
37
| ||||
Disajikan dua kutipan teks sastra yang sejenis (pantun), siswa mampu membandingkan perbedaan isi dua kutipan dengan tepat.
|
38
| ||||
Disajikan dua kutipan teks sastra (cerpen dan hikayat), siswa mampu membandingkan perbedaan pola penyajian dua kutipan dengan tepat.
|
39
| ||||
Disajikan dua buah teks puisi, siswa mampu membandingkan kedua puisi berdasarkan tema dengan tepat.
|
40
| ||||
Menganalisis hubungan antarbagian karya sastra
|
Disajikan kutipan cerita rakyat, siswa mampu mengaitkan watak tokoh dengan latar dengan tepat.
|
41
| |||
Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
|
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
|
42
| |||
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
|
43
| ||||
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat bukti tentang nilai cerita dengan tepat.
|
44
| ||||
Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
Disajikan penggalan hikayat, siswa mampu mengaitkan isi hikayat dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
|
45
| |||
Disajikan penggalan novel, siswa mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
|
46
| ||||
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Disajikan penggalan novel, siswa mampu menunjukkan keunggulan cerita dengan tepat.
|
47
| |||
Disajikan penggalan novel, siswa mampu menentukan (kalimat kritik dengan tepat.
|
48
| ||||
Disajikan sebuah puisi, siswa mampu memberikan tanggapan yang berisi penilaian terhadap puisi tersebut dengan tepat
|
49
| ||||
Meringkas isi karya sastra
|
Disajikan penggalan cerita rakyat, siswa mampu meringkas isi cerita dengan tepat.
|
50
| |||
Disajikan penggalan esai sastra, siswa mampu menentukan simpulan esai dengan tepat.
|
51
| ||||
3
|
Menulis Terbatas
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Memaknai
|
Melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
|
Diajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah/kata dengan tepat.
|
52
|
Diajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan dengan tepat.
|
53
| ||||
Diajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan peribahasa dengan tepat.
|
54
| ||||
Aplikasi
- Menginterpretasi
- Menggunakan
|
Melengkapi unsur teks eksposisi
|
Disajikan penggalan teks eksposisi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan unsur/kalimat yang tepat.
|
55
| ||
Melengkapi unsur teks deskripsi
|
Disajikan penggalan teks deskripsi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
56
| |||
Melengkapi unsur teks argumentasi
|
Disajikan penggalan teks argumentasi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
57
| |||
Melengkapi unsur teks narasi
|
Disajikan penggalan teks narasi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
58
| |||
Melengkapi unsur teks ulasan
|
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
59
| |||
Melengkapi unsur teks biografi
|
Disajikan penggalan teks ulasan biografi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
60
| |||
Melengkapi teks prosedur
|
Disajikan penggalan teks prosedur yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
61
| |||
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
|
Disajikan penggalan teks sastra yang dirumpangkan (teks cerpen atau teks novel), siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
62
| |||
Disajikan penggalan teks drama yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
63
| ||||
Disajikan pantun yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan baris yang tepat.
|
64
| ||||
Disajikan puisi yang dirumpangkan salah satu barisnya, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan larik berima/bersajak dengan tepat.
|
65
| ||||
Disajikan puisi yang dirumpangkan salah satu barisnya, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan larik bermajas dengan tepat.
|
66
| ||||
Menggabungkan kalimat
(mengurutkan kalimat acak)
|
Disajikan lima kalimat deskripsi secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat.
|
67
| |||
Disajikan lima kalimat narasi secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf narasi dengan tepat.
|
68
| ||||
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun cerita dengan tepat.
|
69
| ||||
Disajikan lima kalimat ulasan secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf ulasan dengan tepat.
|
70
| ||||
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
|
71
| ||||
Mengurutkan unsur teks
|
Disajikan unsur teks eksposisi secara acak, siswa mampu mengurutkan unsur teks dengan tepat.
|
72
| |||
Disajikan unsur teks ulasan secara acak, siswa mampu mengurutkan unsur teks dengan tepat.
|
73
| ||||
Disajikan unsur teks prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan unsur teks dengan tepat.
|
74
| ||||
Penalaran
- Membandingkan
- Menunjukkan bukti
- Menganalisis
- Menanggapi/mengomentari
- Merefleksi
- Mengevaluasi
- Memvariasikan
|
Memvariasikan kata yang bermakna sama
|
Disajikan sebuah paragraf dengan tiga kata bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
|
75
| ||
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata/kelompok kata bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama (konotasi) pada kata/kelompok kata bercetak miring dengan tepat.
|
76
| ||||
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
|
Disajikan sebuah paragraf dengan satu kalimat bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bercetak miring dengan tepat.
|
77
| |||
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
|
78
| ||||
Menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan konjungsi antarkalimatnya, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan konjungsi antarkalimat dengan tepat.
|
79
| |||
Memvariasikan unsur teks
|
Disajikan suatu teks, siswa mampu memvariasikan unsur teks dengan tepat.
|
80
| |||
Mengubah bentuk teks lain
|
Disajikan teks tertentu, siswa mampu mengubah ke bentuk teks yang lain.
|
81
| |||
4
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Memaknai
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
|
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
82
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
|
Disajikan paragraf dengan empat konjungsi yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi dalam paragraf dengan tepat.
|
83
| |||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf dengan tepat.
|
84
| |||
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
85
| |||
Aplikasi
- Menginter-pretasi
- Menggunakan
|
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
|
86
| ||
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata serapan yang tepat.
|
87
| ||||
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat bagian, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan kata ulang yang tepat.
|
88
| ||||
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat bagian, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan frasa yang tepat.
|
89
| ||||
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat bagian, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan konjungsi yang tepat.
|
90
| |||
Penalaran
- Membandingkan
- Menunjukkan bukti
- Menganalisis
- Menanggapi/mengomentari
- Merefleksi
- Mengevaluasi
- Memvariasi-kan
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
|
91
| ||
Memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf
|
Disajikan teks yang salah satu paragrafnya salah fungsi, siswa mampu memperbaiki paragraf sehingga berfungsi betul sehubungan dengan jenis teks tertentu (teks eksposisi, teks ulasan, atau teks prosedur)
|
92
| |||
Menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata dengan tepat.
|
93
| |||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat dengan tepat.
|
94
| ||||
5
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifi-kai
- Memaknai
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
|
Disajikan judul karya ilmiah, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan judul dengan tepat.
|
95
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata sapaan/gelar, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan kata sapaan/gelar dengan tepat.
|
96
| ||||
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan nama geografi, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan nama geografi dengan tepat.
|
97
| ||||
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan nama diri, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan nama diri dengan tepat.
|
98
| ||||
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan kata tugas, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan kata tugas dengan tepat.
|
99
| ||||
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca titik dua, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca titik dua dengan tepat.
|
100
| |||
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda pisah/aposis, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda pisah/aposis dengan tepat.
|
101
| ||||
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda koma, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda koma dengan tepat.
|
102
| ||||
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda titik koma, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda titik koma dengan tepat.
|
103
| ||||
Aplikasi
- Menginterpre-tasi
- Menggunakan
|
Menggunakan ejaan
|
Disajikan paragraf terdapat penggunaan akronim, siswa mampu menggunakan akronim dengan tepat.
|
104
| ||
Menggunakan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda hubung, siswa mampu menggunakan tanda hubung dengan tepat.
|
105
| |||
Penalaran
- Membanding-kan
- Menunjukkan bukti
- Menganalisis
- Menanggapi/mengomentari
- Merefleksi
- Mengevaluasi
- Memvariasi-kan
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
|
106
| ||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan istilah, siswa mampu menentukan perbaikan istilah dengan tepat.
|
107
| ||||
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik, siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda titik dengan tepat.
|
108
| |||
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda petik siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
|
109
| |||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
|
110
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH,
SEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN, DAN SEKOLAH MENENGAH AGAMA KATOLIK
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
1. Bahasa Indonesia - IPA/IPS/KeagamaanSEKOLAH MENENGAH TEOLOGI KRISTEN, DAN SEKOLAH MENENGAH AGAMA KATOLIK
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
PREDIKSI KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(Disusun berdasarkan kisi-kisi UN 2017/2018 dan soal UN tahun 2016/2017)
No.
|
Aspek
|
Level Kognitif
|
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No.
|
Soal UN
2016/2017
|
1
|
Membaca Nonsastra
|
Pngetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Memaknai
|
Memaknai istilah/kata
|
Disajikan paragraf, siswa mampu memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
1.
|
2
|
Mengidentifikasi informasi tersurat
|
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf dengan tepat.
|
2.
|
5
| |||
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat.
|
3.
|
4
| ||||
Disajikan teks biografi, siswa mampu menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan tepat
|
4.
|
9
| ||||
Disajikan teks biografi, siswa mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat
|
5.
|
10
| ||||
Aplikasi
- Menginterpretasi
- Menggunakan
|
Menemukan ide pokok
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan ide pokok paragraf dengan tepat.
|
6.
|
6
| ||
Menemukan inti kalimat
|
Disajikan kalimat kompleks, siswa mampu menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
|
7.
|
15
| |||
Menentukan makna rujukan
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan makna rujukan (kata penunjuk ini, itu, tersebut, atau tadi) dalam paragraf dengan tepat.
|
8.
|
13
| |||
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis dengan tepat.
|
9.
|
7
| |||
Disajikan penggalan tajuk, siswa mampu menentukan opini /pendapat penulis berdasarkan penggalan dengan tepat.
|
10.
|
11
| ||||
Disajikan penggalan tajuk, siswa mampu menyimpulkan keberpihakan (pihak yang dituju) penulis berdasarkan penggalan dengan tepat.
|
11.
|
12
| ||||
Menentukan kalimat utama
|
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan kalimat utama paragaf dengan tepat.
|
12.
|
1
| |||
Penalaran
- Membandingkan
- Menunjukkan bukti
- Menganalisis
- Menanggapi/mengomentari
- Merefleksi
- Mengevaluasi
- Memvariasi-kan
|
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
|
Disajikan dua buah penggalan teks berita (teks laporan observasi), siswa mampu menyimpulkan perbedaan/persamaan isi kedua teks dengan tepat.
|
13.
|
14
| ||
Mengomentari isi teks
|
Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengomentari isi teks dengan tepat.
|
14.
|
30
| |||
2
|
Membaca Sastra
|
Pngetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Memaknai
|
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
|
Disajikan kutipan cerpen , siswa mampu mengartikan kata simbolik dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
|
15.
|
16
|
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang bermajas dalam kutipan cerpen dengan tepat.
|
16.
|
17
| ||||
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
|
Disajikan gurindam, siswa mampu menentukan maksud gurindam dengan tepat
|
17.
|
26
| |||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan cara penggambaran watak tokoh dengan tepat.
|
18.
|
18
| ||||
Aplikasi
- Menginterpretasi
- Menggunakan
|
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai -nilai)
|
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan konflik dengan tepat.
|
19.
|
20
| ||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan amanat cerita dengan tepat.
|
20.
|
23
| ||||
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa mampu menentukan nilai budaya cerita dengan tepat.
|
21.
|
22
| ||||
Penalaran
- Membandingkan
- Menunjukkan bukti
- Menganalisis
- Menanggapi/mengomentari
- Merefleksi
- Mengevaluasi
- Memvariasikan
|
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa mampu membandingkan kedua penggalan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks dengan tepat
|
22.
|
24
| ||
Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
|
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
|
23.
|
21
| |||
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
|
24.
|
19
| ||||
Disajikan penggalan cerpen/ novel, siswa mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
|
25.
|
25
| ||||
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
|
Disajikan penggalan novel, siswa mampu menunjukkan keunggulan cerita dengan tepat.
|
26.
|
27
| |||
Disajikan sebuah puisi, siswa mampu memberikan tanggapan (esai) yang sesuai dengan isi puisi tersebut dengan tepat
|
27.
|
38
| ||||
Meringkas isi karya sastra
|
Disajikan penggalan novel, siswa mampu meringkas isi penggalan novel dengan tepat.
|
28.
|
28
| |||
3
|
Menulis Terbatas
|
Aplikasi
- Menginterpretasi
- Menggunakan
|
Melengkapi unsur teks eksposisi
|
Disajikan penggalan teks eksposisi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan unsur/kalimat yang tepat.
|
29.
|
42
|
Melengkapi unsur teks deskripsi
|
Disajikan penggalan teks deskripsi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
30.
|
34
| |||
Melengkapi unsur teks argumentasi
|
Disajikan penggalan teks argumentasi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
31.
|
35,
| |||
Melengkapi unsur teks ulasan
|
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
32.
|
31
| |||
Melengkapi teks prosedur
|
Disajikan penggalan teks prosedur yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
|
33.
|
37
| |||
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
|
Disajikan pantun yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan baris yang tepat.
|
34.
|
36
| |||
Menggabungkan kalimat
(mengurutkan kalimat acak)
|
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
|
35.
|
29
| |||
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
|
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
|
36.
|
32
| |||
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan ungkapan yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
|
37.
|
33
| ||||
4
|
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
Pngetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Memaknai
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah
|
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
|
38.
|
8
|
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
|
39.
|
3
| |||
Aplikasi
- Menginterpretasi
- Menggunakan
|
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata berimbuhan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat.
|
40.
|
40
| ||
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat bagian, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan kata ulang yang tepat.
|
41.
|
41
| ||||
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
|
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat bagian, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan konjungsi yang tepat.
|
42.
|
39
| |||
Penalaran
- Membanding-kan
- Menunjukkan bukti
- Menganalisis
- Menanggapi/mengomentari
- Merefleksi
- Mengevaluasi
- Memvariasi-kan
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
|
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
|
43.
|
44
| ||
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata dengan tepat.
|
44.
|
45
| |||
5
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Pngetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Memaknai
|
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
|
Disajikan judul karya ilmiah, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan judul dengan tepat.
|
45.
|
48
|
Aplikasi
- Menginterpretasi
- Menggunakan
|
Menggunakan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda koma, siswa mampu menggunakan tanda koma dengan tepat.
|
46.
|
49
| ||
Penalaran
- Membanding-kan
- Menunjukkan bukti
- Menganalisis
- Menanggapi/mengomentari
- Merefleksi
- Mengevaluasi
- Memvariasi-kan
|
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan frasa/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
|
47.
|
43
| ||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/ istilah, siswa mampu menentukan perbaikan kata/istilah dengan tepat.
|
48.
|
46
| ||||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata serapan/ istilah, siswa mampu menentukan perbaikan kata serapan dengan tepat.
|
49.
|
47
| ||||
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda koma, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
|
50.
|
50
|
PREDIKSI KEMAMPUAN YANG DIUJI
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA
IPA/IPS/KEAGAMAAN
UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
1. Menentukan kalimat utama pada bacaan
2. Menentukan makna istilah dalam paragraf
3. Menentukan kalimat penjelas tidak padu dalam paragraph
4. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
5. Menentukan kalimat fakta pada bacaan
6. Menentukan ide pokok pada paragraf
7. Menentukan tujuan penulis dalam paragraf
8. Menentukan kata tidak baku pada paragraf
9. Menentukan keteladanan tokoh biografi
10. Menjawab pertanyaan sesuai isi biografi
11. Menentukan opini penulis dalam tajuk rencana
12. Menentukan pihak yang dituju dalam tajuk rencana
13. Menentukan kata rujukan
14. Membandingkan isi dua teks.
15. Menemukan inti kalimat
16. Menentukan makna kata lambang / simbolik
17. Menentukan kalimat bermajas
18. Menentukan cara pendeskripsian watak tokoh
19. Menentukan latar cerita
20. Menentukan konflik cerita
21. Membandingkan isi dua teks karya sastra
22. Membandingkan isi dua pantun
23. Menentukan amanat gurindam
24. Mengaitkan isi dalam teks karya sastra dengan kehidupan saat ini
25. Menentukan kalimat persuasif pada paragraf
26. Menentukan kalimat argumentasi
27. Menentukan urutan sebab akibat sesuai isi teks
28. Menentukan makna istilah dalam teks
29. Menyusun beberapa kalimat menjadi paragraf padu
30. Menyusun beberapa kalimat menjadi paragraf narasi
31. Memperbaiki kata penghubung antarparagraf yang salah
32. Menyusun kalimat logis untuk mendukung kalimat argumentasi
33. Memperbaiki kesalahan penggunaan kata buku
34. Memperbaiki kesalahan penulisan kata serapan
35. Menggunakan konjungsi pada paragraf
36. Menggunakan kata berimbuhan pada paragraf
37. Menggunakan kata ulang pada paragraf
38. Menggunakan peribahasa dalam paragraf
39. Menggunakan ungkapan dalam paragraf
40. Memperbaiki penggunaan konjungsi dalam paragraf
41. Melengkapi paragraf eksposisi dengan kalimat
42. Memperbaiki penggunaan frase ajektiva pada paragraf
43. Memperbaiki kesalahan penulisan istilah dalam paragraf
44. Melengkapi paragraf dengan kalimat
45. Memperbaiki penulisan judul
46. Melengkapi pantun dengan larik
47. Melengkapi teks dialog dengan kalimat
48. Menyusun kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan karya sastra
49. Menyusun kalimat kritik pada karya sastra
50. Menyusun kalimat esai sesuai kutipan teks karya sastra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar