RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 9
Sekolah : SMP ………
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII / I
Materi Pokok : Teks Eksplanasi
Tema : Peristiwa Alam
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 pertemuan )
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar | | Indikator | |
3.9 | Mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi berupa paparan jadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca | 3.9.1. 3.9.2. 3.9.3. | Menunjukkan kekurangan teks eksplanasi berdasar susunan teks, paragraf dalam teks, kosa kata, dan kunjungsi yang digunakan di dalam teks. Memahami ciri-ciri kebahasaan dalam teks eksplanasi. Mengklasifikasikan makna kata dan istilah dalam teks eksplanasi |
4.9 | Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang didengar dan dibaca. | 4.9.1. 4.9.2. 4.9.3. | Menjawab tentang kekurangan teks eksplanasi berdasar susunan teks, paragraf dalam teks, kosa kata, dan kunjungsi yang digunakan di dalam teks. Menangkap makna teks eksplanasi ciri-ciri kebahasaan lisan maupun tulisan. Meringkas teks eksplanasi makna kata pada tema tentang fenomina alam. |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran tentang terjadinya fenomina alam, siswa diharapkan dapat :
1. menentukan informasi keadaan alam secara benar .
2. menentukan informasi tentang terjadinya gempa bumi secarabenar.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran tentang fenomina alam, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan keadaan alam secara benar.
2. menjelaskan terjadinya gempa bumi, dengan ukuran secara benar.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran tentang fenomina alam dengan, siswa diharapkan dapat:
1. menjawab/menyimpulkan pertanyaan tentang isi keadaan alam yang sebenarnya.
2. Menjawab/ menyimpulkan pertanyaan tentang terjadinya gempa bumi dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Kukurangan teks eksplanasi berdasar
a. Susunan teks
b. Paragraf dalam teks
c. Kosa kata
d. Kunjungsi yang digunakan di dalam teks
2. Meringkas teks eksplanasi
Urutan isi/struktur teks eksplanasi :
a. Orientasi pada peristiwa alam
b. Mengetahui peristiwa yang benar-benar terjadi.
E. METODE/MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Model Pembelajaran : Problem Bases Learning (PBL), diskusi, tanya jawab, penugasan, dan
presentasi.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1. Media::
- LCD proyektor
- Teks eksplanasi dengan judul “gempa Bumi”
2. Bahan :
a. Film berjudul Gempa Bumi
b. Gambar atau vidio
3. Sumber belajar:
a. Buku Siswa : Buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan dari Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan halaman 128 -140
b. Gambar peristiwa
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. (PPK) - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Guru menayangkan judul “Gempa Bumi”. (Literasi) - Siswa menuliskan prediksi isi film berdasarkan judul tersebut. - Guru menayangkan potongan film tentang adanya Gunung Berapi. - Siswa mengidentifikasi isi bagian film yang ditayangkan. (literasi media) - Siswa menyimpulkan isi bagian film yang ditayangkan. (literasi media). - Guru menanyakan keterkaitan tayangan film dengan materi yang akan diajarkan. - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang. (4C) - Siswa dalam kelompok mengamati teks eksplanasi tentang Gunung Berapi. - Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai informasi terjadinya Gunung Berapi. - Masing-masing kelompok mencari informasi dari berbagai sumber informasi atau berdiskusi dengan anggota kelompoknya tentang terjadinya Gunung Berapi. (HOTS) - Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C) - Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan. | 60’ |
Penutup | - Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari. - Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung. - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. | 10’ |
Pertemuan Kedua
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru memberikan motivasi kepada siswa - Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas empat orang. - Siswa membaca gambar tentang fenomena alam berkelompok (literasi) - Setiap kelompok mengidentifikasi susunan teks dan kosa kata, serta kunjungsi dalam tek Gunung Berapi. - Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai susunan teks dan kosa kata - Siswa menukarkan hasil kerja dengan hasil kerja kelompok lain. - Setiap kelompok memberikan penilaian atas hasil kelompok lain. - Setiap kelompok menyampaikan hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi. | 60’ |
Penutup | - Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa menerima tugas dari guru, yaitu membaca contoh-kosa kata dan susunan teks dari berbagai sumber. - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. | 10’ |
Pertemuan Ketiga
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru memberikan motivasi kepada siswa - Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang. - Siswa dalam kelompok membaca beberapa teks “Gempa Bumi”. - Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai teks eksplanasi judul Gampa Bumi. - Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. - Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan tentang terjadi gempa bumi.. | 60’ |
Penutup | - Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari. - Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan teks “Gunung Merapi” - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur. | 10’ |
H. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
1) Tes tertulis (Uraian)
2) Penugasan (Lembar Kerja)
c. Keterampilan :
Praktik (Penilaian Praktik)
2. Pembelajaran Remedial
Kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
• pembelajaran ulang
• bimbingan perorangan
• belajar kelompok
• pemanfaatan tutor sebaya
Catatan : bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil
analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Kartasura, 15 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala, Guru,
……… ……
NIP ….. NIP …..
LAMPIRAN MATERI TEKS EKSPLANASI
TENTANG GUNUNG MERAPI
A. Tes Tertulis
Tes Uraian
Gunung Merapi
Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Gunung Merapi telah meletus dan mengeluarkan awan panas. Sejak pukul 17.02 sampai dengan 17.34 telah terjadi empat kali awan panas dan terus muncul susul-menyusun. Munculnya awan panas tersebut sebagai tanda erupsi Gunung Merapi.
Sirene bahaya di Kaliurang berbunyi pada pukul 17.57 dan pukul 18.03 WIB. Semburan awan panas tahun ini lebih dari 20 menit. Lamanya semburan awan panas menunjukkan energi yang cukup besar dari Gunung Merapi. Tipe letusan Merapi sudah dipastikan sebagai letusan eksplosif.
Pada pukul 18.00 terdengar letusan sebanyak tiga kali yang terdengar dari pos Jrakah dan pos Selo yang disusul dengan asap membumbung setinggi 1,5 kilometer mengarah ke selatan. Awan panas tersebut membuat tanaman ataupun daerah yang dilalui terbakar dan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut dievakuasi ke tempat yang lebih aman.
1) Berdasarkan teks eksplanasi yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks eksplanasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
2) Tentukan ide pokok tiap paragraf dari teks peristiwa alam!
3) Kembangkan ide pokok yang sudah ditemukan menjadi teks eksplanasi!
Kunci Jawaban
1) | | Struktur Teks | Kalimat |
| | Pernyataan Umum | Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. |
| | Deretan Penjelasan | Gunung Merapi telah meletus dan mengeluarkan awan panas. Sejak pukul 17.02 sampai dengan 17.34 telah terjadi empat kali awan panas dan terus muncul susul-menyusun. Munculnya awan panas tersebut sebagai tanda erupsi Gunung Merapi. Sirene bahaya di Kaliurang berbunyi pada pukul 17.57 dan pukul 18.03 WIB. Semburan awan panas tahun ini lebih dari 20 menit. Lamanya semburan awan panas menunjukkan energi yang cukup besar dari Gunung Merapi. Tipe letusan Merapi sudah dipastikan sebagai letusan eksplosif. |
| | Interpretasi | Awan panas tersebut membuat tanaman ataupun daerah yang dilalui terbakar dan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut dievakuasi ke tempat yang lebih aman. |
2) | | Ide pokok | Kalimat |
| | Paragraf 1 Paragraf 2 Paragraf 3 | Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Tanda bahaya dari letusan Gunung Merapi. Pukul 18.00 terdengar letusan tiga kali yang terdengar dari pos Jrakah dan pos Selo yang disusul asap membumbung setinggi 1,5 kilometer ke arah selatan. |
3. Subjektif
Rubrik Penilaian Menyusun Teks Eksplanasi
No. | Aspek yang Diamati | Rincian | 3 | 2 | 1 |
1. | Judul | · Apakah judul sudah berisi tentang peristiwa alam · memunculkan ciri khas dari sesuatu yang hendak diinformasikan | Berisi 3 unsur | Berisi 2 unsur | Belum Berisi Unsur |
2. | Struktur teks eksplanasi | · Apakah ada pernyataan umum berisi pengenalan fenomena benda yang akan dibicarakan · menyertakan deretan penjelas fenomena alam · Menyertakan interpretasi (opsional) | Berisi 3 unsur | Berisi 2 unsur | Berisi 1 unsur |
3. | Keterpaduan | · Apakah antara paragraf satu dengan paragraf berikutnya berkaitan ditandai oleh kata penghubung secara tepat? · Apakah urutan penyajian logis dan mudah diikuti? | | | |
4. | Kesalahan struktur kalimat | · Apakah tidak ada kesalahan struktur kalimat? · Apakah pilihan kata menggunakan istilah denotatif (objektif)? | Tidak terdapat kesalahan struktur kalimat atau pilihan kata | terdapat maksimal 2 kesalahan | Lebih dari 3 kalimat |
5. | Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca | · Apakah tidak ada kesalahan dalam penulisan ejaan dan tanda baca? | Tidak terdapat kesalahan penggunaan tanda baca/ ejaan | terdapat maksimal 3 kesalahan | terdapat lebih dari 3 kesalahan penggunaan tanda baca/ ejaan |
a. Tes Unjuk Kerja
1) Berdasarkan teks eksplanasi, tentukan makna kata atau istilah yang digarisbawahi pada teks eksplanasi tersebut!
2) Berdasarkan teks eksplanasi, tentukan makna teks laporan tersebut disertai dengan data yang mendukung!
Kunci Jawaban
1. Makna kata atau istilah
awan panas : ”ladu”
erupsi : ”letusan gunung api”
eksplosif : ”mudah meledak”
dievakuasi : ”pemindahan penduduk dari daerah yang berbahaya”
sirene : ”bunyi tanda bahaya”
2. Makna teks eksplanasi adalah Gunung Merapi yang termasuk gunung berapi paling aktif di Indonesia kembali mengeluarkan awan panas. Adanya erupsi Merapi, tanaman dan daerah yang dilalui awan panas terbakar. Warga di sekitar Merapi di evakuasi ke tempat yang aman
LAMPIRAN PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Petunjuk:
a. Amati perkembangan sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
b. Isi jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol)
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP
Kelas/Semester : VIII/2
Tahun Pelajaran : 2017/2018
No. | Tanggal | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar