RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi Pokok : Teks Eksposisi
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi Waktu : 4 JP (4 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
KD 3.3
Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
|
3.3.1 Menentukan struktur, isi teks eksposisi
yang dibaca dan didengar
3.3.2 Menentukan ciri-ciri untuk menulis teks
eksposisi dengan topik tertentu
3.3.3 Menentukan struktur kebahasaan teks
eksposisi yang dibaca
|
KD 4.3
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
4.3.1 Menemukan ciri-ciri kebahasaan teks
eksposisi
4.3.2 Menganalisis kesalahan kebahasaan
teks eksposisi
|
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan penerapan model pembelajaran project based learning (pembelajaran berbasis projek) siswa dapat bekerja mandiri, jujur dalam menentukan struktur, isi teks eksposisi dan menentukan ciri kebahasaan teks eksposisi.
D. Materi Pembelajaran
1. Faktual
- Contoh Teks Eksposisi berjudul “Manfaat Bursa Efek”
2. Konseptual
- Pemahaman struktur teks eksposisi
- Pemahaman ciri-ciri teks eksposisi
- Pemahaman ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi
- Pemahaman dalam menganalisis kesalahan kebahasaan teks eksposisi
3. Prosedural
Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
- Menentukan topik
- Menentukan struktur teks eksposisi
- Menulis teks eksposisi
- Menganalisis teks eksposisi
- Menyunting teks eksposisi
4. Metakognitif
Menyimpulkan keterkaitan (relevansi) atas kemanfaatan pemahaman teks eksposisi terhadap kehidupan
E. Pendekatan/Metode/Model
1. Pendekatan
Scientifik Learning
2. Metode
Diskusi
3. Model
- Inquiri Learning
- Project Based Learning
F. Media/Alat dan Bahan
1. Media/Alat
Laptop, LCD Projector
2. Bahan
Teks Eksposisi berjudul “Manfaat Bursa Efek”
G. Sumber Belajar
1. Buku Teks Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2016 berjudul “Buku Siswa, Bahasa Indonesia Kelas X untuk SMA/MA/SMK/MAK”
2. Internet : www.materikelas.com/2016/01/4-contoh-teks-eksposisi-html
H. Kegiatan Pembelajaran
1) Pertemuan pertama (2 JP)
No
|
Uraian Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK)
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
3. Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks eksposisi.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
1. Peserta didik membaca contoh teks eksposisi (LITERASI)
2. Guru mengemukakan ciri, struktur, kaidah yang berkenaan dengan teks eksposisi dan kebahasaannya
3. Peserta didik mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan teks eksposisi misalnya struktur, ciri teks eksposisi, ciri kebahasaan teks eksposisi.
4. Peserta didik menuliskan hal-hal yang ditemukan berkenaan dengan struktur, ciri, kebahasaan teks eksposisi.
4. Mengidentifikasi definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah teks penulisan teks eksposisi dari berbagai sumber referensi yang telah dibaca.
5. Mendiskusikan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah teks teks eksposisi dari berbagai sumber referensi yang telah dibaca. (4C= COLLABORATIVE)
6. Membuat simpulan definisi, ciri, jenis, struktur, dan
kaidah teks teks eksposisi dari berbagai sumber
9. Mempresentasikan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah penulisan teks eksposisi (4C= COMMUNICATION)
10. Siswa lain menanggapi hasil presentasi teks eksposisi.
|
70 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
1. Peserta didik melakukan konfirmasi dengan guru tentang hasil presentasi yang meliputi definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah penulisan teks ekposisi.
2. Peserta didik menerima penjelasan tugas membuat teks eksposisi dengan tema lingkungan. (HOTS)
|
10 menit
|
Pertemuan kedua (2JP)
NNo
|
Uraian Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
3. Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks eksposisi.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
1. Peserta didik menyiapkan teks eksposisi dengan tema lingkungan yang telah disiapkan sebelumnya dari rumah.
2. Melalui diskusi kelompok, peserta didik menanyakan isi teks eksposisi yang ditulis teman.
3. Peserta didik menyunting teks eksposisi yang ditulis teman dari aspek struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
4. Peserta didik memperbaiki teks eksposisi berdasarkan hasil suntingan.
5. Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
6. Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
70 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
1. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman.
2. Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan refleksi, misalnya menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.
3. Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran
|
10 menit
|
I. Teknik Penilaian
1. Tes tertulis
2. Tes praktik
Instrumen Penilaian
1. Soal uraian
2. Soal Praktik
J. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat : Laptop dan LCD Projector
2. Bahan : Lembar Teks Eksposisi
3. Sumber Belajar : Buku Teks Kurikulum 2013 (Pusat Perbukuan Nasional)
K. Lampiran
1. Materi Pembelajaran
2. Instrumen Penilaian
|
Lampiran 1
A. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran
a. Pengertian Teks ekposisi
Pengertian Teks Eksposisi
Pengertian teks Eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Pendapat lain menyatakan bahwa Teks Eksposisi adalah jenis atau ragam teks yang memiliki fungsi menyampaikan gagasan-gagasan berupa pemikiran tentang suatu topik. Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi. Ragam teks Eksposisi ini sering digunakan dalam konteks komunikasi sehari-hari secara lisan, maupun tulisan. Misalnya, ketika kalian melakukan diskusi dalam forum seminar, seseorang yang menyampaikan argumen dalam debat pendapat dan sebagainya.
Untuk memperjelas uraian, dapat dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik. Sebagai catatan, tidak jarang eksposisi ditemukan hanya berisi uraian tentang langkah/cara/proses kerja. Eksposisi demikian lazim disebut paparan proses. Teks Eksposisi layaknya teks yang lain, yakni memiliki struktur.
b. Ciri-ciri teks eksposisi
Ciri Umum Teks Eksposisi
- Singkat
- Padat
- Akurat
- Berusaha menjelaskan sesuatu
- Gaya bersifat informatif
- Fakta dipakai sebagai alat distribusi
- Fakta dipakai sebagai alat konkritasi
- Umumnya menjawab pertanyaan apa,siapa,kapan,di mana,mengapa,bagaimana
c. Struktur teks eksposisi
1. Judul
Judul hendaknya menggambarkan sesuatu yang dibahas dalam teks Eksposisi. Judul hendaklah ditulis dengan kata-kata yang singkat, menarik dan sarat akan makna.
2. Pernyataan Umum atau Tesis
Bagian ini berfungsi untuk memperkenalkan topik sekaligus menempatkan pembaca pada posisi tertentu. Karena dengan teks yang digunakan penulis itu ingin mengemukakan pendapat, maka pembaca bisa berada pada posisi yang sependapat atau pada posisi yang bersebrangan dengannya.
3. Argumentasi atau alasan
Bagain dari teks Eksposisi adalah argumen atau alasan. Panjang dan pendeknya bagian ini tergantung pada jumlah argumen yang telah kalian kenalkan secara garis besar di dalam pernyataan umum, kemudian kalian menyebutkan ulang dan menjabarkan argumen tersebut dalam paragraf-paragraf. Pengembangan argumen menjadi paragraf ini dilakukan melalui penyajian contoh dan alasan.
4. Penegasan Ulang Pendapat (Simpulan)
Pengulangan tersebut dilakukan dengan berdasarkan pada argumen yang telah disajikan di dalam bagian sebelumnya. Pengulangan opini bersifat pilihan, sehingga tidak semua teks Eksposisi mempunyainya.
d. Kaidah penulisan teks eksposisi
Beberapa langkah tersebut, sebagai berikut.
1. Menentukan topik yang akan disajikan
Langkah pertama yang harus dilakukan saat membuat teks eksposisi adalah menentukan tema. Dengan menentukan tema, pada saat menulis kita lebih terfokus pada tema tersebut sehingga dapat lebih menjiwai tulisan yang dibuat. Adapun sifat topik-topik yang dikembangkan dalam teks eksposisi, sebagai berikut.
2 Menentukan tujuan eksposisi
Setelah menentukan topik yang akan dipaparkan, kita harus memiliki tujuan yang nantinya akan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada pembaca.
3. Memilih data yang sesuai dengan tema
Setelah menentukan tema dan tujuan penulisan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data atau bahan yang diperlukan dalam penulisan teks eksposisi. Bahan dapat diperoleh dari buku, majalah, pencarian di internet, surat kabar, maupun wawancara langsung.
4. Membuat kerangka karangan
Sebelum pembuatan karangan eksposisi, terlebih dahulu membuat kerangkanya secara lengkap dan sistematis.
5. Pembahasan dengan mengembangkan kerangka karangan
Setelah kerangka karangan tersusun, mengembangkan secara lebih lengkap lagi agar ciri-ciri eksposisi dapat tersalurkan, eksposisi yang bersifat informatif, objektif, dan logis. Dalam karangan ini, pengarang lebih menjelaskan maksud dari topiknya itu dengan menyertakan bukti-bukti yang konkret sebagai penunjang dari pembahasan itu.
6. Membuat simpulan
Sesuai dengan tujuan menuliskan sebuah karangan eksposisi, kesimpulan harus sejalan, bahkan harus memperkuat tesis tersebut.
e. Unsur kebahasaan teks eksposisi
1. Pronomina
Pronomina atau kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Pronomina dapat diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu pronomina persona dan pronomina nonpersona.
Pronomina Persona (kata ganti orang) yaitu Persona Tunggal. Contohnya seperti ia, dia, anda, kamu, aku, saudara, -nya, -mu, -ku, si-., dan Persona Jamak Contohnya seperti kita, kami, kalian, mereka, hadirin, para.
Pronomina Nonpersona (kata ganti bukan orang) yaitu Pronomina Penunjuk contohnya seperti ini, itu, sini, situ, sana. dan pronomina penanya contohnya seperti apa, mana, siapa.
2. Nomina dan Verba
Nomina (kata benda)
Merupakan kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan. Nomina dasar contohnya gambar, meja, rumah, pisau. Nomina turunan contohnya perbuatan, pembelian, kekuatan, dll.
Verba (kata kerja)
Merupakan kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses, atau keadaan yang bukan sifat. Dalam kalimat biasanya berfungsi sebagai predikat.
3. Konjungsi
Kata penghubung (konjungsi). Contohnya pada kenyataannya, kemudian, lebih lanjut. Untuk memperkuat argumentasi, kata hubung atau konjungsi dapat dimanfaatkan. Dalam konteks pengajuan pendapat tentang kebijakan bahasa ASEAN itu, penulis menghubungkan argumentasi dengan kata hubung pada kenyataannya, kemudian, dan lebih lanjut. Idealnya, argumentasi tidak disajikan secara acak. Kata hubung seperti itu dapat digunakan untuk menata argumentasi dengan cara mengurutkan dari yang paling kuat menuju ke yang paling lemah atau sebaliknya.
Teks 2 (eksposisi)
Manfaat Bursa Efek
Pada umumnya terdapat peranan besar atas pasar modal yang meliputi dua hal yaitu pertama, menjadi tempat pertemuan untuk dapat memperoleh informasi mengenai keadaan pasar efek. Kedua, menjadi tempat pertemuan dan alat untuk dapat mengetahui seperti apa situasi pinjaman jangka panjang seperti Obligasi dan saham. Dengan adanya peningkatan pada volume transaksi dan semakin banyaknya perusahaan yang aktif pada lantai bursa telah mengindikasikan bahwa akan semakin membaiknya perekonomian nasional, yang berarti bahwa keadaan ini bisa terjadi disebabkan perusahaan mempunyai kesempatan yang lebih luas lagi dalam mengembangkan investasi yang akhirnya akan dapat menggugah adanya peningkatan produksi. Semakin meningkatnya kemampuan beli masyarakat, berarti terdapat peningkatan produksi yang pada gilirannya akan dapat menciptakan sebuah lapangan kerja dan secara sekaligus terjadi pemerataan ekonomi kerakyatan, serta dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, keadaan ini adalah sebuah konsekuensi logis dari sehatnya aktivitas ekonomi yang ada didalam masyarakat.
B. Instrumen penilaian
Pertemuan1
soal
Jenis soal : tes tertulis
bentuk soal : uraian
a. Jelaskan definisi teks eksposisi!
b. Sebutkanlah ciri-ciri kebahasaan teks eksposisii!
c. Sebutkan jenis-jenis teks eksposisi!
d. Jelaskanlah struktur teks eksposisii
e. Tuliskanlah kaidah penulisan teks eksposisi.
soal
jenis soal : tes praktik
bentuk soal : soal proyek
a. Buatlah sebuah teks ekposisi dengan tema lingkungan sepanjang satu halaman buku tulis
Pertemuan2
Soal
Jenis soal : tes tertulis
bentuk soal : tes uraian
1) Bacalah teks eksposisi hasil tulisan temanmu!
2) Suntinglah teks eksposisi yang ditulis teman berdasarkan ciri bahasa teks eksposisi dengan cermat!
3) Rubrik kemampuan menyunting teks eksposisi
C. Rubrik Penilaian
Pertemuan 1
No
|
Indikator
|
Skor
|
1.
|
Definisi teks eksposisi
Menyebutkan definisi teks ekposisi secara lengkap, dan tepat
Menyebutkan definisi teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat
Menyebutkan definisi teks ekposisi kurang tepat
|
15-20
9-14
1-8
|
2
|
Ciri Kebahasaan teks ekposisi
Menyebutkan ciri kebahasaan teks ekposisi secara lengkap, dan tepat
Menyebutkan ciri kebahasaan teks ekposisi secara lengkap namun kurang tepat
Menyebutkan ciri kebahasaan teks ekposisi kurang tepat
|
15-20
9-14
1-8
|
3
|
Jenis teks eksposisi
Menyebutkan jenis teks ekposisi secara lengkap, dan tepat
Menyebutkan jenis teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat
Menyebutkan jenis teks ekposisi kurang tepat
|
15-20
9-14
1-8
|
4
|
Struktur teks ekposisi
Menyebutkan struktur teks ekposisi secara lengkap, dan tepat
Menyebutkan struktur teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat
Menyebutkan struktur teks ekposisi kurang tepat
|
15-20
9-14
1-8
|
5
|
Kaidah kepenulisan teks ekposisi
Menyebutkan kaidah kepenulisan teks ekposisi secara lengkap, dan tepat
Menyebutkan kaidah kepenulisan teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat
Menyebutkan kaidah kepenulisan teks ekposisi kurang tepat
|
15-20
9-14
1-8
|
Nilai: Skor Perolehan
------------------------- X 100 = ................
100
Pertemuan 2
Aspek
|
Subkompetensi
|
Indikator
|
Ya
(1)
|
Tidak
(0)
|
Ejaan dan tanda baca
|
Ejaan dan tanda baca tepat
|
1. Apakah teks eksposisi yang ditulis temanmu ejaan dan tanda baca sudah tepat?
| ||
Struktur kalimat
|
lengkap dan benar
|
2. Apakah teks eksposisi temanmu sudah terdapat judul?
3. Apakah antara judul dan isi sesuai?
4. Apakah terdapat konjungsi juga dalam teks tersebut?
5. Apakah terdapat konjungsi selain itu dalam teks tersebut?
6. Apakah terdapat konjungsi dengan demikian dalam teks tersebut?
7. Apakah penulis menambahkan pula konjungsi untuk menata argumentasi tersebut?
| ||
Pilihan kata
|
Memilih diksi
|
8. Apakah kata yang digunakan dapat membuat pembaca tertarik membaca teks eksposisi yang sedang dibaca?
9. Apakah pilihan kata yang digunakan mengandung kata-kata argumentatif?
|
Nilai: Skor Perolehan
------------------------- X 100 = ................
9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar