RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Singgasana 5
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Teks Surat Pribadi dan Surat Dinas
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 x Tatap Muka )
(BACA PEDOMAN TERBARU PENYUSUNAN RPP K13 REVISI 2017)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar | Indikator | ||
3.11 | Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar | 3.11.1 3.11.2 3.11.3 3.11.4 | Menentukan informasi dalam surat pribadi Menentukan informasi dalam surat dinas Menjelaskan ciri-ciri isi surat pribadi Menjelaskan ciri-ciri isi surat dinas |
4.11 | Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan | 4.11.1 4.11.2 4.11.3 4.11.4 | Menjawab pertanyaan tentang isi surat pribadi Menjawab pertanyaan tentang si surat dinas Menyimpulkan isi surat pribadi Menyimpulkan isi surat dinas |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran tentang surat pribadi dan surat dinas, siswa diharapkan dapat:
1. menentukan informasi dalam surat pribadi secara benar .
2. menentukan informasi surat dinas secara benar.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan ciri-ciri isi surat pribadi secara benar.
2. menjelaskan ciri-ciri isi surat dinas secara benar.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas dengan, siswa diharapkan dapat:
1. menjawab pertanyaan tentang isi surat pribadi dengan benar.
2. menjawab pertanyaan tentang isi surat dinas dengan benar.
Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas, siswa diharapkan dapat:
1. menyimpulkan isi surat pribadi secara benar.
2. menyimpulkan isi surat dinas secara benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian surat
2. Tujuan komunikasi surat
3. Bagian surat pribadi
4. Bagian surat dinas
5. Struktur kebahasaan surat dinas
E. METODE/MODEL PEMBELAJARAN
- Saintifik
F. MEDIA/ALAT, BAHAN
1. Media::
- LCD proyektor
2. Bahan :
a. Film “Surat Kecil untukTuhan” bagian 1.
b. Teks surat pribadi
c. Teks surat dinas
G. SUMBER BELAJAR
Harsiati,.Titik dkk.2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 243-253.
Harsiati,.Titik dkk. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud. Hlm, 117-121.
Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. .
Wahyudi, Johan. 2011. Terampil Menulis Surat. Solo: Tiga Serangkai.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Guru menayangkan judul “Surat Kecil untuk Tuhan”. - Siswa menuliskan prediksi isi film berdasarkan judul tersebut. - Guru menayangkan potongan film “Surat Kecil untuk Tuhan”. - Siswa mengidentifikasi isi bagian film yang ditayangkan. (literasi media) - Siswa mengidentifikasi karakter yang dapat diteladani dari potongan film yang ditayangkan. (PPK) - Siswa menyimpulkan isi bagian film yang ditayangkan. (literasi media). - Guru menanyakan keterkaitan tayangan film dengan materi yang akan diajarkan. - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang. - Siswa dalam kelompok mengamati teks surat pribadi dan teks surat dinas. - Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai informasi dalam surat pribadi dan surat dinas. (4 C) - Masing-masing kelompok mencari informasi dari berbagai sumber informasi atau berdiskusi dengan anggota kelompoknya tentang surat pribadi dan surat dinas. (4C) - Siswa menuliskan informasi yang diperoleh dari teks surat pribadi dan surat dinas. - Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C) - Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan. (4C) | 60’ |
Penutup | - Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari. - Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa menerima tugas dari guru untuk menemukan informasi dari surat pribadi dan surat dinas. (HOTS) - Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung. - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. (PPK) | 10’ |
Pertemuan Kedua
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru memberikan motivasi kepada siswa - Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas empat orang. - Siswa membaca dua teks surat pribadi dan dinas secara berkelompok (literasi) - Setiap kelompok mengidentifikasi ciri isi surat pribadi dan surat dinas - Siswa menuliskan informasi dari dua teks surat dinas. - Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai ciri-ciri isi surat pribadi dan surat dinas. - Siswa menukarkan hasil kerja dengan hasil kerja kelompok lain. - Setiap kelompok memberikan penilaian atas hasil kelompok lain. - Setiap kelompok menyampaikan hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi. | 60’ |
Penutup | - Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa menerima tugas dari guru, yaitu membaca contoh-contoh surat pribadi dan surat dinas dari berbagai sumber. - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. | 10’ |
Pertemuan Ketiga
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. - Guru memberikan motivasi kepada siswa - Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang. - Siswa dalam kelompok membaca beberapa teks surat pribadi. - Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai isi surat pribadi surat dinas yang dibaca - Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. - Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan tentang isi surat pribadi. | 60’ |
Penutup | - Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari. - Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas dari berbagai sumber. - Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur. | 10’ |
Pertemuan Keempat
Langkah/ Tahap | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | - Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam. - Guru menanyakan ketidakhadiran siswa. - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. - Guru memberikan motivasi kepada siswa. - Guru menyampaikan langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi. | 1 10’ |
Kegiatan Inti | - Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas empat orang. - Siswa dalam kelompok membaca teks surat dinas. - Masing-masing kelompok mencari informasi dari berbagai sumber informasi atau berdiskusi untuk menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas - Siswa mempresentasikan simpulan isi surat pribadi dan surat dinas di depan kelas. - Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan tentang simpulan isi surat pribadi dan surat dinas. | 60’ |
Penutup | - Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung. - Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas dari berbagai sumber. - Guru dan siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar mengucap salam. | 10’ |
I. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
1) Tes tertulis (Uraian)
2) Penugasan (Lembar Kerja)
c. Keterampilan :
Praktik (Penilaian Praktik)
2. Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
• pembelajaran ulang
• bimbingan perorangan
• belajar kelompok
• pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Mengetahui,
Kepala, Guru Mapel,
Nama Kepsek Nama Guru
NIP 1234567890 NIP 1234567890
LAMPIRAN MATERI SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS
A. PENGERTIAN SURAT
Surat adalah sejenis karangan (komposisi) paparan. Di dalam paparan pengarang menemukan maksud dan tujuannya, menjelaskan apa yang dipikirkan dan diserahkannya. Komunikasi tertulis dapat dilakukan dengan macam-macam cara, salah satunya adalah dengan surat.
Menurut Dra. Sedarmayanti M. Pd (2001: 162) dalam bukunya ”Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Manajemen Perkantoran” mengatakan bahwa Surat adalah alat komunikasi tertulis yang berasal dari satu pihak dan ditujukan kepada pihak lain untuk menyampaikan berita. Menurut I. G. Warsanto (1997: 120) surat adalah sejenis warkat yang dipergunakan sebagai sarana komunikasi tertulis antara pihak pertama dengan pihak lain dengan mempergunakan kertas berukuran tertentu.
Dari berbagai definisi diatas dapat ditarik simpulan bahwa surat merupakan salah satu bentuk komunikasi tertulis yang dilaksanakan dengan menggunakan sehelai kertas/lebih. Surat berisikan informasi yang berasal dari satu pihak kepada pihak lainnya, antar pribadi, kedudukannya, dalam organisasi/badan pemerintahan. Surat dapat menghubungkan seseorang dengan kelompok atau menghubungkan kelompok dengan seseorang yang berjauhan.
Surat menyurat yang ada dalam masyarakat banyak ragamnya baik dilihat dari sisi dan tujuan maupun wujud dan sifatnya. Dari laman http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-surat-fungsi-jenis-menurut.html untuk memudahkan mengetahui macam/jenis surat kita dapat meninjau dari berbagai segi.
Menurut sifat isi dan asalnya, surat dibedakan menjadi:
1. Surat Dinas adalah surat yang digunakan oleh instansi-instansi pemerintah baik sipil maupun militer untuk kepentingan tugas dinas.
2. Surat Niaga/Bisnis adalah surat yang digunakan di kalangan lembaga-lembaga usaha.
3. Surat Pribadi adalah surat yang dikirimkan oleh sesorang secara pribadi kepada seseorang pribadi atau seorang petugas lembaga.
4. Surat yang isinya masalah sosial adalah surat yang dibuat oleh lembaga-lembaga sosial.
B. TUJUAN KOMUNIKASI SURAT
Surat memiliki banyak fungsi/tujuan. Sebagai sebuah sarana pemberitahuan, surat bisa digunakan untuk menyampaikan hal-hal tertentu seperti pemikiran dan gagasan. Sebagai bukti tertulis, dalam hal ini digunakan sebagai bukti otentik dalam bentuk dokumen yang isinya bisa dipertanggung jawabkan (bisa dipercaya). Pedoman kerja, maksudnya adalah untuk menyampaikan langkah-langkah kerja dan digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pekerjaan tertentu. Alat pengingat, yaitu digunakan sebagai kumpulan data yang bisa mengingatkan penerima mengenai suatu hal, dalam hal ini surat disimpan dan sewaktu-waktu akan dibutuhkan lagi untuk mengingatkan penerimanya. Sebagai bukti historis, merupakan bukti kronologis(perjalanan) yang jelas
C. SURAT PRIBADI
1. Ciri-ciri surat pribadi
a. Berkaitan dengan kepentingan pribadi
b. Tidak ada kepala suratnya
c. Bahasa yang dipergunakan adalah bahasa tidak resmi
d. Tidak ada pokok suratnya
e. Terdapat nama tempat penulisan surat
2. Mengurutkan bagian-bagian surat pribadi
a. Tempat dan tanggal surat
b. Nama dan alamat yang dituju
c. Salam pembuka
d. Isi
e. Salam penutup
f. Nama dan tanda tangan pembuat surat
D. SURAT DINAS
1. Definisi Surat Dinas
a. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat dinas didefinisikan sebagai surat yang dikirimkan oleh kantor pemerintah.
b. Surat dinas merupakan sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan informasi dari seseorang, organisasi, instansi, maupun swasta kepada pihak lain.
c. Surat dinas adalah surat yang dibuat oleh lembaga atau seseorang untuk urusan resmi.
2. Fungsi surat dinas antara lain:
a. sebagai sarana untuk menyampaikan permohonan, pemberitahuan, pemikiran; alat bukti tertulis dan alat pengingat;
b. bukti sejarah, contohnya surat-surat bersejarah; dan
c. pedoman kerja, misalnya surat keputusan.
3. Bagian-bagian Surat Dinas
Kepala Surat
Kepala surat umumnya terdiri atas nama instansi, alamat lengkap, nomor telepon, kodepos, dan logo instansiterkait.
Kepala surat umumnya terdiri atas nama instansi, alamat lengkap, nomor telepon, kodepos, dan logo instansiterkait.
Contoh kepala surat adalah sebagai berikut.
PT Muara Senja Jalan Tendean Raya No. 82 Bogor, 13728 Telepon (0252) 63873672 |
Tanggal Surat
Tanggal surat mencakup tanggal (ditulis angka), bulan (ditulis huruf), dan tahun (ditulis angka). Tanggal surat ditulis di bagian pojok kanan atas surat. Pada bagian ini, tidak perlu mencantumkan kota karena nama kota sudah disebutkan di kepala surat.
Contoh penulisan tanggal surat adalah sebagai berikut.
29 Juli 2016 |
Nomor, Lampiran, dan Perihal
Kata nomor, lampiran, dan perihal (atau seringd isingkat “Hal”) ditulis dengan huruf awal kapital. Nomor, lampiran, dan perihal diikuti dengan tanda titikdua. Jika nomor dan lampiran disingkat, maka penulisannya harus konsisten, yakni “No.” dan “Lamp”. Jika tidak ada yang dilampirkan, tulisan lampiran tidak perlu dicantumkan. Penulisan nomor, lampiran, dan hal diletakkan di bagian kiri surat.
Contoh penulisan nomor, lampiran, dan hal adalah sebagai berikut.
Contoh penulisan nomor, lampiran, dan hal adalah sebagai berikut.
Nomor | : | 15/SMPN 2 Purwokerto/09/2016 |
Lampiran | : | – |
Perihal | : | Undangan |
AlamatSurat
Alamat surat berisi nama dan jabatan orang yang dituju. Penulisan alamat surat bisa di sebelah kanan atas, di bawah tanggal surat, atau di sebelah kiri atas di bawah bagian Hal.
Contoh penulisan alamat surat adalah sebagai berikut.
Alamat surat berisi nama dan jabatan orang yang dituju. Penulisan alamat surat bisa di sebelah kanan atas, di bawah tanggal surat, atau di sebelah kiri atas di bawah bagian Hal.
Contoh penulisan alamat surat adalah sebagai berikut.
Yth. Orang Tua/Wali Murid Kelas VII SMPN 45 Surabaya di tempat |
Salam pembuka
Salam pembuka merupakan awal komunikasi dari pengirim kepada penerima surat. Salam pembuka umumnya ditulis di sebelah kiri di bawah alamat surat.
Isi surat
Isi surat terdiri atas tiga bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Bagian pembuka berisi latar belakang menulis surat. Bagian isi berisi hal utama yang ingin disampaikan. Bagian penutup berisi kesimpulan, harapan, dan/atau ucapan terimakasih.
Contoh penulisan isi surat adalah sebagai berikut.
Dengan terpilihnya kelompok Pramuka SMP Negeri 6 Riau untuk mewakili Jambore Nasional di Jakarta, saya meminta Bapakselaku pembina pramuka untuk mendampingi siswa pada acara tersebut yang akan dilaksanakan pada : | ||
hari, tanggal | : | Kamis–Minggu, 1–4 April 2016 |
waktu | : | Pukul 08.00 s.d.selesai |
tempat | : | Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta |
Salam Penutup
Salam penutup berisi salam untuk menutup surat.
Salam penutup berisi salam untuk menutup surat.
Pengirim
Bagian ini berisi jabatan, tanda tangan, dan nama pengirim surat.
Bagian ini berisi jabatan, tanda tangan, dan nama pengirim surat.
4. Struktur Kebahasaan Bahasa Surat Dinas
Struktur kebahasaan surat dinas terdiri atas:
- penggunaan kalimat formal dan baku, dan
- penggunaan kata ganti persona, seperti Saya, Saudara, kami, Ibu/Bapak, dsb.
5. Perbedaan Surat Dinas dan Surat Pribadi
Perbedaan surat dinas dan surat pribadi dapat dilihat dari sisi tujuan penulisan, bahasa yang digunakan, dan bentuknya.
Perbedaan | SuratDinas | SuratPribadi |
Tujuan Penulisan | Ditujukan untuk pihak formal, misalnya instansidanintitusipemerintah. | Ditujukan untuk pihak nonformal, seperti keluarga, kerabat, teman, dansahabat. |
Bahasa | Menggunakan bahasa formal dan baku. | Menggunakan bahasa nonformal dan tidak baku, misalnya bahasa percakapan sehari-hari. |
Bentuk | Memiliki struktur surat yang lengkap, mulaidari kop ataukepalasurat, tanggal, nomor, lampiran, perihal, alamat tujuan, salam pembuka, isi, salam penutup, dan nama jelas pengirim. |
|
DAFTAR PUSTAKA
http://contohsuratindonesia.com/pengertian-surat-resmi-lengkap-fungsi-jenis-dan-ciri-ciri/--diunduh10 maret 2017
Sedarmayanti. 2001. Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang Manajemen Perkantoran, Edisi Revisi. Bandung: CV. Mandar Maju.
Warsanto, I. G.1997. Kearsipan I, Cetakan Ketiga, Jakarta.
http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-surat-fungsi-jenis-menurut.html
LAMPIRAN PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Petunjuk:
a. Amati perkembangan sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
b. Isi jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol)
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP
Kelas/Semester : VII/2
Tahun Pelajaran : 2017/2018
No. | Tanggal | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap |
2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik : tes tertulis
b. Bentuk : uraian
c. Indikator soal/Kisi-kisi:
No | Materi | Indikator | Bentuk tes | No.Soal |
1. | Surat Pribadi | Disajikan surat pribadi, siswa mampu 1. Menjelaskan tujuan komunikasi surat. 2. Menentukan penerima surat pribadi tersebut. 3. Menentukan kapan surat tersebut ditulis. 4. Menentukan alasan mengapa surat tersebut ditulis. 5. Mampu menentukan ciri-ciri isi surat pribadi. | Uraian | 1 2 3 4 5 |
No | Materi | Indikator | Bentuk tes | No.Soal |
1. | Surat Dinas | Disajikan surat dinas, siswa mampu 1. Menjelaskan tujuan komunikasi surat. 2. Menentukan penulis surat dinas tersebut. 3. Menentukan kapan surat tersebut ditulis. 4. Menentukan perihal surat tersebut ditulis 5. Menentukan lembaga penulis surat 6. Menentukan isi surat tersebut ditulis 7. Mampu menentukan ciri-ciri isi surat dinas. | Uraian | 1 2 3 4 5 6 7 |
d. Butir soal :
Bacalah surat pribadi berikut!
Surat 1
Yogyakarta, 10 November 2016 Bapak Guruku , Salam hormat, Salam jumpa Pak, bagaimana kabar Bapak ? Saya berharap Bapak selalu berada dalam keadaan sehat walafiat. Oh iya Pak, saya ingin menyampaikan sebuah berita gembira untuk Bapak. Saya berhasil meraih medali emas dalam Olimpiade Sains Nasional tingkat SMA tahun ini. Saya ingin menghaturkan terimakasih kepada Bapak atas didikan dan bimbingannya selama ini. Saya tidak akan pernah melupakan jasa-jasa Bapak karena Bapak lah yang telah membimbingku menjadi siswa yang berprestasi. Tiada kata lelah apalagi putus asa dalam mendidikku. Bapak selalu melatihku dengan penuh keyakinan dalam hati Bapak. Bapak selalu memotivasi dan menyakinkan saya untuk menjadi yang terbaik. Kini semua usaha Bapak selama ini telah terbayar. Oleh karena itu, saya sangat berterimakasih kepada Bapak atas jasa-jasa yang telah Bapak berikan kepadaku. Selain itu, saya juga mengundang Bapak untuk menemani saya dalam penerimaan penghargaan dari Gubernur. Saya akan menjemput di rumah Bapak sekiranya Bapak berkenan. Sekian surat ini, balasan surat Bapak sangat saya nantikan. . Salam Hormat, Moza Saputra |
Surat 2
Yogyakarta, 9 November 2016 Yth. Bunda di rumah Salam hormat ananda, Apa kabar Bunda, semoga Ibunda sehat selalu dan semoga Bunda selalu di bawah lindungan Allah, Amin. Bunda, ananda di sini sehat dan baik-baik saja. Ibunda jangan khawatirkan ananda di sini, Insya Allah ananda bisa jaga diri. O ya Bunda, di perantauan ini ananda sudah punya banyak teman. Mereka semua baik terhadap ananda mereka selalu membimbing ananda dan selalu memberi ananda nasihat agar selalu berusaha keras dan pantang menyerah. Selain itu, mereka teman-teman ananda yang baik, jadi bunda tidak usah terlalu memikirkan ananda. Ananda hanya minta restu Bunda dan mendoakan ananda agar ananda di perantauan ini sukses. Sebenarnya anada sudah kangen ingin merebahkan kepala ananda di pangkuan Bunda, tapi ananda masih belum bisa pulang. Ananda selalu berdoa untuk Bunda semoga Bunda di sana baik-baik saja. Ananda baru merasakan bagaimana rasanya jauh dari seorang ibu, kasih sayang Bunda tak terhingga kepada ananda. Ananda berharap bisa segera pulang dan ingin segera berbakti pada Bunda walaupun ananda tahu bakti ananda takkan cukup membalas kasih sayang Bunda. Udah dulu ya Bunda, jaga diri baik-baik dan sekali lagi ananda di sini baik-baik saja. Ananda tak ingin Bunda terlalu mengkhawatirkan ananda, Salam bakti ananda untuk bunda. Hormat Ananda Ttd Mutiara |
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan surat pribadi tersebut!
No | Pertanyaan | Surat 1 | Surat 2 |
1. | Apa tujuan surat tersebut? | ||
2. | Ditujukan kepada siapakah surat tersebut | ||
3. | Kapan surat tersebut ditulis? | ||
4. | Mengapa Moza menulis surat tersebut? | ||
5. | Apa ciri-ciri isi surat pribadi? |
Pedoman penskoran
No. | Deskriptor | Skor |
1. | Dapat menyebutkan tujuan komunikasi surat | 3 |
2. | Dapat menjawab nama penulis surat dengan benar | 2 |
3. | Dapat menjawab waktu penulisan surat dengan benar | 2 |
4. | Dapat menjawab alasan penulisan surat dengan benar | 4 |
5. | Dapat menjawab ciri-ciri isi surat dengan benar | 3 |
Nilai = (skor perolehan:skor maksimal 14) x 100
Surat 1
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1234 JAKARTA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) Jalan Jaya 123 Jakarta, Telepon (021) 555-12345 20 September 2016 Nomor : 299/smp249/2014 Lampiran : Satu helai Perihal : Undangan Wali Murid Yth. Orang Tua / Wali Murid SMP Negeri 1234 Jakarta Dengan hormat, Dalam rangka memeringati hari ulang tahun SMP Negeri 1234 Jakarta, pengurus OSIS akan melakukan acara pentas kreasi siswa. Berhubungan dengan hal tersebut kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada hari / tanggal : Senin / 22 september 2014 tempat : Aula Serba Guna SMP Negeri 1234 Mengingat pentingnya acara tersebut, dimohon Bapak/Ibu hadir tepat pada waktunya. Atas kehadiran Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih. Hormat kami, Mengetahui, Kepada SMP Negeri 1234 Jakarta Ketua OSIS Hanif Nusantara, M.Pd. Widiatmoko NIP .... |
Surat 2
SMP NEGERI SINGGASANA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) Jalan Kaliurang Km 17, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Telepon (0274) 8954800 Nomor : 03/OSIS/2017 17 Februari 2017 Lampiran : - Perihal : Permohonan meminjam alat Yth. Kepala SMP Negeri Singgasana di tempat Dengan hormat, Dalam rangka kegiatan PASCREW di SMP Negeri 4 Pakem, pengurus OSIS akan mengadakan kegiatan lomba. Untuk kelancaran kegiatan PASCREW tersebut, kami memohon izin untuk meminjam alat yang diperlukan pada acara tersebut. Alat-alat yang kami pinjam, yaitu peluit, bola, raket, dan net. Acara pertandingan akan diselenggarakan pada hari : Rabu s.d. Jumat, tanggal : 22 Februari 2017 s.d. 24 Februari 2017, waktu : 07.00 s.d. 11.00 WIB, tempat : SMP Negeri 4 Pakem. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Atas bantuan Bapak, kami ucapkan terima kasih. Hormat kami, Ketua OSIS Sekretaris Puti Shalida Divakaruni Rofi’atul Karomah |
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan surat dinas tersebut!
No | Pertanyaan | Surat 1 | Surat 2 |
1 | Apa tujuan komunikasi surat tersebut? | ||
2 | Siapakah penulis surat tersebut? | ||
3 | Kapan surat tersebut ditulis? | ||
4 | Apa perihal surat tersebut? | ||
5 | Apa nama lembaga penulis surat dinas tersebut? | ||
6 | Apa isi surat dinas tersebut? | ||
7 | Apa ciri-ciri isi surat dinas? |
Pedoman penskoran
No. | Deskriptor | Skor |
1. | Dapat menjawab tujuan komunikasi teks surat dengan benar | 3 |
2. | Dapat menjawab nama penulis surat dengan benar | 2 |
3. | Dapat menjawab waktu penulisan surat dengan benar | 2 |
4. | Dapat menjawab tujuan penulisan surat dengan benar | 3 |
5. | Dapat menjawab nama lembaga penulis surat dengan benar | 2 |
6. | Dapat menjawab isi surat dengan benar | 2 |
7. | Dapat menjawab ciri-ciri isi surat dinas dengan benar | 3 |
Nilai = (skor perolehan:skor maksimal 17 x 100
Kunci jawaban
Surat Pribadi
No. | Surat 1 | Surat 2 |
1. | Mengabarkan keadaan Moza | Mengabarkan keadaan Mutiara |
2. | Bapak guru | Ibu |
3. | 10 November 2016 | 9 November 2016 |
4. | Alasan Moza menulis surat: a. ingin menyampaikan sebuah berita gembira untuk bapak guru karena berhasil meraih medali emas dalam Olimpiade Sains Nasional tingkat SMA, b. ingin menghaturkan terimakasih kepada bapak guru atas didikan dan bimbingannya selama ini, c. bapak selalu memotivasi dan menyakinkan Moza untuk menjadi yang terbaik, d. Moza sangat berterimakasih kepada Bapak guru atas jasa-jasa yang telah diberikan. Selain itu, Moza juga mengundang bapak untuk menemani Moza dalam penerimaan penghargaan dari Gubernur. | Alasan Mutiara menulis surat: a. ingin menceritakan teman Mutiara b. ingin menyampaikan bahwa Mutiara kangen kepada Ibu |
5. | Menyampaikan informasi terkait dengan urusan persahabatan dan kekeluargaan | Menyampaikan informasi terkait dengan urusan persahabatan dan kekeluargaan |
Surat Dinas
No | Surat 1 | Surat 2 |
1 | Menyampaikan undangan | Menyampaikan permohonan |
2 | Ketua OSIS (Widiatmoko) | Sekretaris OSIS |
3 | 20 September 2016 | 17 Februari 2017 |
4 | Undangan | Permohonan meminjam alat |
5 | OSIS SMP Negeri 1234 Jakarta | OSIS SMP Singgasana |
6 | Mengundang orang tua siswa untuk menyaksikan acara pentas kreasi. | Meminjam alat |
7 | Isi surat berkait dengan kedinasan, keorganisasian, kelembagaan | Isi surat berkait dengan kedinasan, keorganisasian, kelembagaan |
3. Penilaian Kompetensi Keterampilan
a. Teknik : kinerja/praktik
b. Indikator soal/Kisi-kisi:
No | Materi | Indikator | Bentuk tes | No.Soal |
1. | Surat Pribadi | Disajikan surat pribadi, siswa mampu 1. menentukan penulis surat pribadi tersebut. 2. menentukan penerima surat pribadi tersebut. 3. menentukan kapan surat pribadi tersebut ditulis 4. menentukan dimana surat pribadi tersebut ditulis 5. menentukan isi surat tersebut ditulis 6. mampu menyimpulkan isii surat pribadi. | Uraian | 1 2 3 4 5 6 |
No | Materi | Indikator | Bentuk tes | No.Soal |
1. | Surat Dinas | Disajikan surat dinas, siswa mampu 1. menentukan penulis surat dinas tersebut. 2. menentukan penerima surat dinas tersebut. 3. menentukan kapan surat dinas tersebut ditulis 4. menentukan dimana surat dinas tersebut ditulis 5. menentukan isi surat tersebut ditulis 6. mampu menyimpulkan isi surat dinas. | Uraian | 1 2 3 4 5 6 |
c. Butir soal
Cermati teks surat pribadi berikut kemudian jawab pertanyaannya!
Malaysia, 11 November 2016 Yth. Ibu Rahmawati di Yogyakarta Salam hormat selalu, Ibu Rahma Bagaimana kabar Ibu? Semoga Ibu sekeluarga senantiasa dalam perlindungan Allah. Ibu mungkin sedikit kaget menerima surat saya. Saya Hendra, Bu, murid yang pernah Ibu marahi karena tidak mengerjakan pekerjaan rumah beberapa kali. Masih kuingat ketika Ibu terpaksa mengundang ibuku ke sekolah. Terima kasih Ibu, sapaan-sapaan Ibu yang kadang kurasakan begitu keras saat itu, ternyata sungguh bermakna dalam hidup saya. Semua Ibu lakukan dengan tulus. Melalui surat ini saya hanya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan perhatian Ibu sehingga saya memiliki kesempatan mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Alhamdullilah, Bu, saya bisa direkomendasikan oleh kepala sekolah untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini. Saya masih mengharapkan bimbingan dan doa dari Ibu Rahma semoga kegiatan belajar saya selama mengikuti pertukaran pelajar bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan. Mudah-mudahan pada liburan semester berikutnya saya bisa kembali ke Indonesia dan bersilaturahmi ke rumah Ibu bersama dengan kedua orang tua saya untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan Ibu selama ini. Bersama ini pula saya kirimkan cinderamata dari Malaysia yang saya beli pada saat berkunjung ke Johor. Mudah-mudahan Ibu berkenan untuk menerimanya. Demikian Ibu surat saya dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuan Ibu selama ini. Hormat saya, Hendra |
Setelah membaca teks surat pribadi tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
1. Siapa penulis surat tersebut?
2. Siapa penerima surat tersebut?
3. Di mana surat tersebut ditulis?
4. Kapan surat tersebut ditulis?
5. Apa isi surat tersebut?
6. Tuliskan simpulan isi surat tersebut dalam satu paragraf!
Pedoman penskoran
No. | Deskriptor | Skor |
1. | Dapat menjawab pertanyaan nomor 1 dengan benar | 2 |
2. | Dapat menjawab pertanyaan nomor 2 dengan benar | 2 |
3. | Dapat menjawab pertanyaan nomor 3 dengan benar | 2 |
4. | Dapat menjawab pertanyaan nomor 4 dengan benar | 2 |
5. | Dapat menjawab pertanyaan nomor 5 dengan benar | 2 |
6. | Dapat menjawab pertanyaan nomor 6 dengan benar | 5 |
Nilai = (skor perolehan:skor maksimal 15) x 100
Cermati teks surat berikut kemudian jawab pertanyaannya!
SMK Negeri 1 Klaten Jalan Sawah Hijau 234 Polokarto Klaten 52398 Telp. (0272) 7120982 ___________________________________ 22 Februari 2017 No : 019/SMKN 1 Klaten/02/2015 Lampiran : – Perihal : Pemberitahuan kegiatan studi lapangan Yth. Orang tua / Wali Murid Kelas XII SMK Negeri 1 Klaten Dengan hormat, Untuk menambah pemahaman siswa-siswi SMKN 1 Klaten terutama kelas XII maka tentang permesinan, dengan surat ini kami akan menyelenggarakan studi lapangan untuk seluruh siswa-siswi kelas XII. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari/tanggal : Senin, 25 Januari 2016 waktu : 08.00 hingga 13.00 WIB tempat : PT Logam Metal Mulia Klaten acara : Pengenalan instrumen mesin Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, untuk perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih. Kepala Sekolah Drs. Suratmo Jiran NIP 19690505199512 1 001 |
Setelah membaca teks surat dinas tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
1. Siapa penulis surat tersebut?
2. Siapa penerima surat tersebut?
3. Di mana surat itu dibuat?
4. Kapan surat itu dibuat?
5. Apa isi surat tersebut?
6. Simpulkan isi surat tersebut dalam satu paragraf!
Pedoman penskoran
No. | Deskriptor | Skor |
1. | Dapat menjawab pertanyaan nomor 1 dengan benar | 2 |
2. | Dapat menjawab pertanyaan nomor 2 dengan benar | 2 |
3. | Dapat menjawab pertanyaan nomor 3 dengan benar | 2 |
4. | Dapat menjawab pertanyaan nomor 4 dengan benar | 2 |
5. | Dapat menjawab pertanyaan nomor 5 dengan benar | 2 |
6. | Dapat menjawab pertanyaan nomor 6 dengan benar | 5 |
Nilai = (skor perolehan:skor maksimal 15) x 100
ALTERNATIF JAWABAN
Surat Pribadi
1. Hendra
2. Ibu Rahmawati di Yogyakarta
3. Malaysia
4. Tanggal 11 November 2016
5. Ucapan terimakasih atas bantuan dan perhatian Ibu Rahmawati sehingga Hendra memiliki kesempatan mengubah hidupnya menjadi lebih baik.
6. Hendra, ketika di Malysia pada tanggal 11 November 2016, menulis surat kepada Ibu Rahmawati di Yogyakarta berisi Ucapan terimakasih atas bantuan dan perhatian Ibu Rahmawati sehingga Hendra memiliki kesempatan mengubah hidupnya menjadi lebih baik.
Surat Dinas
1. Drs. Suratmo Jiran, Kepala SMKN 1 Klaten
2. Orang tua/ Wali Murid Kelas XII SMK Negeri 1 Klaten
3. Klaten
4. 22 Februari 2017
5. SMK Negeri 1 Klaten berencana akan menyelenggarakan studi lapangan untuk seluruh siswa kelas XII pada hari/tanggal Senin, 25 Januari 2016, pukul 08.00 hingga 13.00 WIB di PT Logam Metal Mulia Klaten untuk pengenalan instrumen mesin
6. Drs. Suratno Jiran, Kepala SMK Negeri 1 Klaten, pada tanggal 22 Februari 2017 memberitahukan kepada orang tua/wali siswa kelas XII SMK Negeri 1 Klatenbahwa SMK Negeri 1 Klaten berencana akan menyelenggarakan studi lapangan untuk seluruh siswa-siswi kelas XII pada hari/tanggal Senin, 25 Januari 2016, pukul 08.00 hingga 13.00 WIB di PT Logam Metal Mulia Klaten untuk pengenalan instrumen mesin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar