KISI-KISI UKK 2016/2017 BAHASA INDONESIA KELAS XI
KURIKULUM 2006
Kompetensi Dasar | Indikator Soal | Bentuk Soal | Nomor Soal |
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar | Disajikan penggalan pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar, siswa dapat menentukan pokok isi yang sesuai dengan pembicaraan tersebut dengan benar. | PG | 1 |
Disajikan penggalan pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar, siswa dapat menentukan pokok isi yang tidak sesuai dengan pembicaraan tersebut dengan benar. | PG | 2 | |
Disajikan penggalan pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar, siswa dapat menentukan rangkuman isi pembicaraan tersebut dengan benar. | PG | 3 | |
9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar | Disajikan pernyataan yang berupa pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar, siswa dapat menentukan kalimat persetujuan yang tepat. | PG | 4 |
Disajikan pernyataan yang berupa pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar, siswa dapat menentukan kalimat penolakan/sanggahan yang tepat. | PG | 5 | |
10.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar | Disajikan kutipan laporan hasil penelitian, siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan benar. | PG | 6 |
Disajikan kutipan laporan hasil penelitian, siswa yang kalimatnya tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan kalimat yang tepat. | PG | 7 | |
10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian | Disajikan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian, siswa dapat mengomentari ketepatan isi tanggapan tersebut dengan benar. | PG | 8 |
Disajikan tanggapan terhadap presentasi hasil penelitian, siswa dapat mengomentari kalimat tanggapan dari segi bahasa dengan tepat. | PG | 9 | |
11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit | Disajikan dua teks teks, siswa dapat menentukan perbedaan isi dua teks dengan benar. | PG | 10 |
Disajikan dua teks teks, siswa dapat menentukan persamaan isi dua teks dengan benar | PG | 11 | |
11.2 Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif | Disajikan penggalan editorial, siswa dapat menentukan kalimat fakta dengan benar. | PG | 12 |
Disajikan penggalan editorial, siswa dapat menentukan kalimat opini dengan benar. | PG | 13 | |
Disajikan penggalan editorial, siswa dapat menentukan pihak yang dituju dengan benar. | PG | 14 | |
12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku | Disajikan sebuah teks yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan pokok pikiran paragraf pertama dengan benar. | PG | 15 |
Disajikan sebuah teks yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan pokok pikiran paragraf kedua dengan benar. | PG | 16 | |
Disajikan sebuah teks yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman/ringkasan dengan benar. | PG | 17 | |
12.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya | Disajikan pendapat dua orang anggota rapat, siswa dapat menentukan rangkuman atas dua pendapat tersebut dengan benar. | PG | 18 |
Disajikan penggalan notulen yang dirumpangkan satu atau lebih bagian notulen, siswa dapat menentukan bagian yang tepat untuk melengkapi notulen tersebut dengan benar. | PG | 19 | |
12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian | Disajikan data dua buku, siswa dapat menentukan penulisan daftar pustaka yang tepat. | PG | 20 |
Disajikan sebuah topik karya ilimiah, siswa dapat menentukan latar belakang yang sesuai dengan topik karya ilmiah tersebut yang tepat. | PG | 21 | |
Disajikan sebuah topik karya tulis, siswa dapat menentukan rumusan masalah yang tepat. | PG | 22 | |
Disajikan sebuah penulisan judul dalam karya tulis yang masih salah, siswa dapat menentukan penulisan judul yang benar. | PG | 23 | |
Disajikan sebuah kalimat dari karya tulis yang belum efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya dengan benar. | PG | 24 | |
Disajikan sebuah paragraf yang mengandung kalimat penjelas yang tidak padu, siswa dapat menentukan kalimat penjelas yang tidak padu tersebut dengan benar. | PG | 25 | |
13.1 Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan | Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bagian alur (plot) sesuai isi kutipan dengan benar. | PG | 26 |
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan konflik cerpen dengan benar | PG | 27 | |
Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan watak tokoh cerpen dengan benar. | PG | 28 | |
Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan cara pendeskripsian watak tokoh cerpen dengan benar. | PG | 29 | |
Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan latar (tempat, waktu, suasana) cerpen dengan benar. | PG | 30 | |
Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan bukti kalimat dari latar suasana dengan benar. | PG | 31 | |
13.2 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan | Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan nilai moral dalam cerpen dengan benar. | PG | 32 |
Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan nilai budaya dalam cerpen dengan benar. | PG | 33 | |
Disajikan kutipan cerpen siswa dapat menentukan nilai sosial dalam cerpen dengan benar. | PG | 34 | |
15.1 Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh | Disajikan kutipan teks biografi tokoh pendidikan, siswa dapat menentukan hal yang menarik tentang tokoh dengan benar. | PG | 35 |
Disajikan kutipan teks biografi tokoh budaya, siswa dapat menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan benar. | PG | 36 | |
15.2 Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat | Disajikan penggalan hikayat, siswa dapat menentukan karakteristik hikayat yang menonjol dengan benar. | PG | 37 |
Disajikan penggalan hikayat, siswa dapat menentukan kemustahilan yang terdapat pada hikayat dengan benar. | PG | 38 | |
16.2 Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama. | Disajikan penggalan naskah drama yang dirumpangkan dialognya, siswa dapat melengkapinya dengan benar. | PG | 39 |
Disajikan penggalan naskah drama yang dirumpangkan petujuk lakuannya, siswa dapat melengkapinya dengan benar. | PG | 40 | |
15.2 Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan dengan hikayat | Disajikan penggalan novel Indonesia/terjemahan dan penggalan hikayat, siswa dapat membandingkan unsur intrinsiknya (tema, latar, amanat, nilai kehidupan) dengan benar. | Uraian | 41 |
11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit | Disajikan teks terdiri 3 paragraf, siswa dapat menentukan ide pokok paragraf dengan tepat | Uraian | 42 |
16.2 Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama. | Disajikan sebuah ilustrasi berupa pengalaman yang menarik (salah paham dengan teman), siswa dapat menarasikannya dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama yang benar. | Uraian | 43 |
11.3 Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif | Disajikan sebuah editorial, siswa dapat menentukan kalimat fakta, kalimat opini pada editorial, dan tujuan penulisan editorial dengan benar. | Uraian | 44 |
12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian | Disajikan sebuah judul karya ilmiah, siswa dapat menuliskan paragraf latar belakang yang sesuai dengan judul tersebut dengan benar. | Uraian | 45 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar