Sabtu, 05 Agustus 2017

RPP TEKS EKSPLANASI KELAS XI (draf)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan         : SMA N

Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             :  XI/1

Materi                             :  Teks eksplanasi

Pertemuan Ke                : 5,6

Alokasi Waktu                : 2 x 45 menit



A.   Kompetensi Inti

1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

            2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai denagn bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan  dari yang dipelajarinya  di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.



B.   Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4.1 Mengidentifikasi struktur teks  eksplanasi.
3.2.2      Mengidentifikasi struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14.
3.4.3 Mengidentifikasi konjungsi hubungan kausal
4.2 Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan / reviu film / drama baik melalui lisan maupun tulisan
4.2.1 Menulis teks eksplanasi kompleks dengan memerhatikan struktur dan kaidah penulisan



C.   Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1

1.   Setelah mencermati, tanya jawab, dan berdiskusi, dan mengerjakan LK, siswa dapat mengidentifikasi struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14.

2.   Setelah membandingkan teks eksplanasi yang dipilih, peserta didik dapat menulis teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kaidah penulisan



D.   Materi Pembelajaran

Pertemuan 1

Mengidentifikasi teks eksplanasi

a.    Struktur bahasa

b.    Kaidah kebahasaan

c.    Pola penulisan

d.    Istilah



E.    Metode Pembelajaran

Pendekatan     : Saintifik, Discovery

Metode            : Diskusi, Tanya jawab, penugasan



F.    Media, Alat, dan Sumber Belajar

Media

Teks eksplanasi



Alat

-

Sumber Pembelajaran

Maryanto, Anik Muslikah Indiriastuti, Dessy Wahyuni, dan Nur Hayati. 2014. Bahasa Indonesia : Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta : Politeknik Negeri Media Kreatif.



G.   Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan 1



Bagian
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Siswa memberi salam hormat kepada guru, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar.
2.    Siswa bertanya jawab (dengan siswa yang lain dan guru) berkaitan dengan materi teks eksplanasi yang akan dipelajari.
3.    Siswa menyimak tujuan pembelajaran materi pembelajaran.
4.    Siswa menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran
8 menit
Inti



























Mengamati
1.    Peserta didik membaca teks eksplanasi  berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14. 
2.    Peserta didik membaca informasi mengenai struktur dan kaidah teks eksplanasi  melalui buku teks halaman 3 dan 14 .
10 menit
Menanya
1.    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda masalah yang relevan dengan bahan pelajaran
2.    Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, siswa memilih dan merumuskan salah satu di antaranya (struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah).
10 menit
Mengumpulkan Data
1.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok untuk mencari tahu  tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi yang dibacanya
2.    Peserta didik membaca teks eksplanasi  berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14. 
3.    Peserta didik menginventaris persamaan dan perbedaan struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi yang dibacanya
15 menit
Mengasosiasi
1.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok untuk mengolah informasi yang diperoleh dari hasil kegiatan inventarisasi persamaan dan perbedaan struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah untuk memperluas dan memperdalam materi.
2.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memverifikasi sehingga dapat menemukan konsep tentang teks eksplanasi.
15 menit
Mengomunikasikan
Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik membuat laporan dan peserta didik dapat menyampaikan laporan hasil membandingkan teks eksplanasi berjudul Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14. 
10 menit
Penutup
1.    Siswa dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi
2.    Siswa melalukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi.
3.    Siswa mengerjakan evaluasi formatif berkaitan struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi
4.    Siswa saling bertukar pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi.
5.    Siswa memperoleh tugas pengayaan untuk mendeskripsikan berkaitan struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi dan mencari contoh satu teks eksplanasi
12 Menit



Pertemuan 2

Bagian
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.    Siswa memberi salam hormat kepada guru, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar.
2.    Siswa bertanya jawab (dengan siswa yang lain dan guru) berkaitan dengan materi teks eksplanasi yang telah dipelajari.
3.    Siswa menyimak tujuan pembelajaran materi pembelajaran.
4.    Siswa menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran
Inti






















Mengamati
1.    Siswa membaca teks eksplanasi yang telah dipilihnya sebagai tugas pada pertemuan 1.
Menanya
2.    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberi alasan terhadap teks yang dipilih.

Mengumpulkan Data
3.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok untuk memilih tema teks eksplanasi.

Mengasosiasi
4.    Dalam kelompok, siswa merancang kerangka teks eksplanasi.
5.    Dalam kelompok, siswa menentukan bahan tulisan teks ekslanasi kompleks.
6.    Secara kelompok, siswa menulis teks eksplanasi.

Mengomunikasikan
7.    Setelah menulis teks eksplanasi kompleks, tiap kelompok menyajikan /menayangkan  hasil kerja kelompok.
8.    Tiap kelompok menanggapi sajian kelompok lain
Penutup
1.    Siswa dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang
Menulis teks eksplanasi kompleks.
2.     Siswa melakukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi.






H.   Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.    Penilaian Sikap

a.      Teknik Penilaian     : Observasi

b.      Bentuk instrumen  : Lembar Observasi

c.      Kisi-kisi

Lembar Pengamatan Sikap



NO
ASPEK YANG DIAMATI
4
3
2
1
1
Selalu menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.




2
Lebih memilih kata, istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia dalam membandingkan teks eksplanasi baik dalam lisan maupun tulis.




3
Menunjukkan perilaku jujur pada kegiatan membandingkan teks eksplanasi




4
Menunjukkan rasa peduli dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis dalam membandingkan teks eksplanasi




5
Menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain.




6
Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas







Nilai = Skor Perolehan  x 4

                        24

Rubrik Pengamatan Sikap

Skor
Indikator
4
Selalu berperilaku sesuai dengan yang diharapkan
3
Sering berperilaku sesuai yang diharapkan
2
Kadang-kadang berperilaku sesuai yang diharapkan
1
Tidak pernah berperilaku sesuai yang diharapkan







2.    Pengetahuan

a.    Teknik Penilaian     : Tes Tertulis Uraian

b.    Bentuk instrumen : Uraian

c.    Kisi-kisi :

1.    Temukan persamaan kedua teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14  dilihat dari struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14.

2.    Temukan perbedaan kedua teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14  dilihat dari struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14.



Rubrik Penilaian Tes Uraian



Skor
Deskripsi
1
Belum menemukan persamaan / perbedaan
2
Menemukan persamaan / perbedaan tanpa disertai bukti
3
Menemukan persamaan / perbedaan disertai bukti



Nilai = Skor Perolehan  x 4

  3

3.    Keterampilan

a.    Teknik Penilaian     : Unjuk Kerja

b.    Bentuk instrument  :Produk

c.    Kisi-kisi                    :

Carilah 2 buah teks eksplanasi kompleks!

Bandingkan kedua teks eksplanasi tersebut dari struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah!

Tulislah sebuah teks eksplanasi dengan tema tertentu !





Mengetahui
…..,  Juli  2017
Kepala SMA




Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia






Tidak ada komentar:

Posting Komentar