RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi : Teks eksplanasi
Pertemuan Ke : 5,6
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai denagn bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian |
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi baik melalui lisan maupun tulisan | 3.4.1 Mengidentifikasi struktur teks eksplanasi. 3.2.2 Mengidentifikasi struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14. 3.4.3 Mengidentifikasi konjungsi hubungan kausal |
4.2 Memproduksi teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan / reviu film / drama baik melalui lisan maupun tulisan | 4.2.1 Menulis teks eksplanasi kompleks dengan memerhatikan struktur dan kaidah penulisan |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Setelah mencermati, tanya jawab, dan berdiskusi, dan mengerjakan LK, siswa dapat mengidentifikasi struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14.
2. Setelah membandingkan teks eksplanasi yang dipilih, peserta didik dapat menulis teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kaidah penulisan
D. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
Mengidentifikasi teks eksplanasi
a. Struktur bahasa
b. Kaidah kebahasaan
c. Pola penulisan
d. Istilah
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik, Discovery
Metode : Diskusi, Tanya jawab, penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media
Teks eksplanasi
Alat
-
Sumber Pembelajaran
Maryanto, Anik Muslikah Indiriastuti, Dessy Wahyuni, dan Nur Hayati. 2014. Bahasa Indonesia : Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta : Politeknik Negeri Media Kreatif.
G. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Bagian | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Siswa memberi salam hormat kepada guru, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar. 2. Siswa bertanya jawab (dengan siswa yang lain dan guru) berkaitan dengan materi teks eksplanasi yang akan dipelajari. 3. Siswa menyimak tujuan pembelajaran materi pembelajaran. 4. Siswa menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran | 8 menit |
Inti | Mengamati 1. Peserta didik membaca teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14. 2. Peserta didik membaca informasi mengenai struktur dan kaidah teks eksplanasi melalui buku teks halaman 3 dan 14 . | 10 menit |
Menanya 1. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda masalah yang relevan dengan bahan pelajaran 2. Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, siswa memilih dan merumuskan salah satu di antaranya (struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah). | 10 menit | |
Mengumpulkan Data 1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok untuk mencari tahu tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi yang dibacanya 2. Peserta didik membaca teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14. 3. Peserta didik menginventaris persamaan dan perbedaan struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi yang dibacanya | 15 menit | |
Mengasosiasi 1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok untuk mengolah informasi yang diperoleh dari hasil kegiatan inventarisasi persamaan dan perbedaan struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah untuk memperluas dan memperdalam materi. 2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memverifikasi sehingga dapat menemukan konsep tentang teks eksplanasi. | 15 menit | |
Mengomunikasikan Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik membuat laporan dan peserta didik dapat menyampaikan laporan hasil membandingkan teks eksplanasi berjudul Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14. | 10 menit | |
Penutup | 1. Siswa dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi 2. Siswa melalukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi. 3. Siswa mengerjakan evaluasi formatif berkaitan struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi 4. Siswa saling bertukar pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi. 5. Siswa memperoleh tugas pengayaan untuk mendeskripsikan berkaitan struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi dan mencari contoh satu teks eksplanasi | 12 Menit |
Pertemuan 2
Bagian | Kegiatan Pembelajaran |
Pendahuluan | 1. Siswa memberi salam hormat kepada guru, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar. 2. Siswa bertanya jawab (dengan siswa yang lain dan guru) berkaitan dengan materi teks eksplanasi yang telah dipelajari. 3. Siswa menyimak tujuan pembelajaran materi pembelajaran. 4. Siswa menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran |
Inti | Mengamati 1. Siswa membaca teks eksplanasi yang telah dipilihnya sebagai tugas pada pertemuan 1. |
Menanya 2. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberi alasan terhadap teks yang dipilih. | |
Mengumpulkan Data 3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok untuk memilih tema teks eksplanasi. | |
Mengasosiasi 4. Dalam kelompok, siswa merancang kerangka teks eksplanasi. 5. Dalam kelompok, siswa menentukan bahan tulisan teks ekslanasi kompleks. 6. Secara kelompok, siswa menulis teks eksplanasi. | |
Mengomunikasikan 7. Setelah menulis teks eksplanasi kompleks, tiap kelompok menyajikan /menayangkan hasil kerja kelompok. 8. Tiap kelompok menanggapi sajian kelompok lain | |
Penutup | 1. Siswa dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang Menulis teks eksplanasi kompleks. 2. Siswa melakukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi. |
H. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1. Penilaian Sikap
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk instrumen : Lembar Observasi
c. Kisi-kisi
Lembar Pengamatan Sikap
NO | ASPEK YANG DIAMATI | 4 | 3 | 2 | 1 |
1 | Selalu menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||||
2 | Lebih memilih kata, istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia dalam membandingkan teks eksplanasi baik dalam lisan maupun tulis. | ||||
3 | Menunjukkan perilaku jujur pada kegiatan membandingkan teks eksplanasi | ||||
4 | Menunjukkan rasa peduli dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis dalam membandingkan teks eksplanasi | ||||
5 | Menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain. | ||||
6 | Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas |
Nilai = Skor Perolehan x 4
24
Rubrik Pengamatan Sikap
Skor | Indikator |
4 | Selalu berperilaku sesuai dengan yang diharapkan |
3 | Sering berperilaku sesuai yang diharapkan |
2 | Kadang-kadang berperilaku sesuai yang diharapkan |
1 | Tidak pernah berperilaku sesuai yang diharapkan |
2. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis Uraian
b. Bentuk instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi :
1. Temukan persamaan kedua teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14 dilihat dari struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14.
2. Temukan perbedaan kedua teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14 dilihat dari struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah dalam teks eksplanasi berjudul “Siklus Hidrologi” dan “Banjir” dari buku teks halaman 3 dan 14.
Rubrik Penilaian Tes Uraian
Skor | Deskripsi |
1 | Belum menemukan persamaan / perbedaan |
2 | Menemukan persamaan / perbedaan tanpa disertai bukti |
3 | Menemukan persamaan / perbedaan disertai bukti |
Nilai = Skor Perolehan x 4
3
3. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b. Bentuk instrument :Produk
c. Kisi-kisi :
Carilah 2 buah teks eksplanasi kompleks!
Bandingkan kedua teks eksplanasi tersebut dari struktur bahasa, kaidah kebahasaan, pola penulisan, dan istilah!
Tulislah sebuah teks eksplanasi dengan tema tertentu !
Mengetahui | ….., Juli 2017 |
Kepala SMA | Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar