RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Satuan Pendidikan : SMAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI IPA dan XI IPS/ 1
Materi Pokok : Dunia Remaja dalam Teks Cerpen (Teks Cerita Pendek)
Alokasi Waktu : 11 Pertemuan (22 JP)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam mendapatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora, dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam rangka kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan.
4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek.
3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun teks cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek.
4.9 Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Mengidentifikasi struktur teks cerita pendek.
3.2.1 Mengidentifikasi cirri bahasa teks cerita pendek.
3.3.1 Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dua teks cerita pendek.
3.4.1 Mendeskripsikan isi,unsure instrinsik dan ekstrinsik teks cerita pendek.
3.5.1 Mengidentifikasi kekurangan atau kelebihan teks cerita pendek dari segi struktur isi dan ciri bahasa.
4.1.1 Menjelaskan makna kata,ungkapan dan jenis majas yang terdapat dalam teks cerita pendek.
4.2.1 Menemukan keterkaitan isi teks cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari.
4.3.1 Menentukan topic teks cerita pendek sesuai dengan pengalaman,kejadian peristiwa.
4.4.1 Membuat teks cerita pendek sesuai dengan struktur isi dan kaidah teks cerita pendek.
4.5.1 Menyunting teks cerita pendek dari aspek struktur isi dan ciri bahasa dengan cermat.
4.6.1 Menuliskan garis besar isi teks cerita pendek(abstraksi) dalam beberapa kalimat secara terpadu.
4.7.1 Menulis ulang teks cerita pendek dalam bentuk teks drama.
D. Materi Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pengalaman Peserta Didik Mengenai Teks Cerita Pendek
b. Struktur Teks Cerita Pendek
c. Kaidah-kaidah Teks Cerita Pendek
2. Pertemuan 2
a. Ciri Bahasa Teks Cerita Pendek
b. Kata bersinonim
c. Kata Kiasan/Ungkapan
d. Jenis-Jenis Majas
3. Pertemuan 3
a. Unsur Instrinsik Teks cerita Pendek
b. Unsur ekstrinsik Teks cerita Pendek.
4. Pertemuan 4
a. Struktur Teks Cerita Pendek
b. Unsur-Unsur Pembangun Teks Cerita Pendek
c. Majas
5. Pertemuan 5
a. Ringkasan/Sinopsis Teks Cerita Pendek
b. Gagasan Utama (Hal-Hal Pokok) Teks Cerita Pendek
6. Pertemuan 6
a. Ciri-Ciri Teks Drama
b. Ciri-Ciri Teks Cerita Pendek
c. Cara Mengubah Teks Cerita Pendek ke dalam Bentuk Naskah Drama
7. Pertemuan 7
a. Struktur Teks Cerita Pendek
b. Ciri Bahasa Teks Cerita Pendek
c. Membandingkan Dua Buah Teks Cerita Pendek
8. Pertemuan 8
a. Struktur dan Kaidah Teks Cerita Pendek
b. Hasil Evaluasi Teks Cerita Pendek
9. Pertemuan 9
a. Unsur-Unsur Pembangun Teks Cerita Pendek
b. Struktur dan Kaidah Teks Cerita Pendek
c. Pengalaman Pribadi
d. Langkah-Langkah Menulis Teks Cerita Pendek
10. Pertemuan 10
a. Struktur dan Kaidah Teks Cerita Pendek
b. Ciri Bahasa Teks Cerita Pendek
c. Menyunting Teks Cerita Pendek
11. Pertemuan 11
Ulangan Harian 1
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama :
Bagian | TAHAP PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. (PPK) 2. Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 3. Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik mengambil undian bertuliskan nomor 1,2,3,4,5,6. 5.Peserta didik bekelompok sesuai dengan nomor yang sama dengan jujur. | 15 menit | |
Inti | 1. Mengamati | 1.Peserta didik membaca dua teks cerpen “Juru Masak” halaman 7, dan cerpen “Banun” halaman 58. (literasi) 2.Peserta didik mencermati struktur dan kaidah dua teks cerpen dengan disiplin . | 10 enit |
2.Menanya | Peserta didik bertanya jawab dengan proaktif tentang struktur dan kaidah teks cerpen dengan disiplin | 10 menit | |
2. Pengumpulan data | Secara berdiskusi (4C-collaboration) peserta didik menetukan struktur dan kaidah teks cerpen dengan penuh tanggung jawab. | 10 menit | |
3. Mengasosiasikan | 1. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik secara berkelompok untuk mengolah informasi yang diperoleh dari hasil kegiatan sebelumnya untuk memperluas, memperdalam, atau mencari solusi dari masalah terkait dengan struktur dan kaidah teks cerita pendek | 15 menit | |
2. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memverifikasi sehingga dapat menemukan konsep tentang struktur dan kaidah teks cerita pendek | 15 menit | ||
4. Mengomunikasikan | 1. Setelah menemukan kesimpulan, peserta didik membuat laporan dan peserta didik dapat menyampaikan laporan hasil pengamatan struktur dan kaidah teks cerita pendek | 10 menit | |
Penutup | 1. Siswa dan guru menyimpulkan materi yang diajarkan tentang teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah. 2. Siswa melakukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi. 3. Siswa mengerjakan evaluasi formatif berkaitan struktur dan kaidah teks cerita pendek. 4. Siswa saling bertukar pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi. Siswa memperoleh tugas pengayaan untuk mendeskripsikan struktur dan kaidah bahasa teks cerita yang berjudul ”Banun”. | 15 menit |
- Pertemuan Kedua :
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 2. Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 3. Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik kembali berkelompok sesuai dengan kelompok sebelumnya dengan jujur | 15 menit |
Inti | MENGAMATI Peserta didik membaca teks cerita pendek Selama Langit Masih berwarna Merah, MENANYA 1. Peserta didik mengidentifikasi pertanyaaan tentang ciri kebahasaan cerpen dengan penuh tanggung jawab 2. Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan tentang kata bersinonim. MENGUMPULKAN DATA 1. Mengumpulkan data a. Peserta didik menentukan ciri bahasa teks cerpen dengan tema Adiwiyata. b. Peserta didik menentukan kata bersinonim teks cerpen c. Peserta didik menentukan kata kiasan cerpen yang sudah dibuat d. Peserta didik menentukan jenis majas yang terdapat dalam cerpen dengan penuh tanggung jawab MENGASOSIASIKAN 1.Peserta didik mendiskusikan ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks cerpen yang dibaca. 2. Peserta didik mendiskusikan kata bersinonim 3. Peserta didik mendiskusikan kata kiasan yang terdapat dalam teks cerita pendek. 4. Peserta didik mendiskusikan jenis majas yang terdapat dalam teks cerpen yang dibaca. MENGOMUNIKASIKAN 5. Peserta didik membaca hasil diskusi tentang ciri kebahasaan,kata bersinonim,kata kiasan,/ungkapan,jenis majas yang terdapat dalam cerpen | 10 menit 20 menit 10 menit 10 menit 10 menit |
Penutup | 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari 2. Peserta didik bersama guru melakukan evaluasi pembelajaran 3. Peserta didik bersama guru saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai 4. Peserta didik bersama guru menyepakati tugas portofolio, teks cerpen | 15 menit |
- Pertemuan Ketiga
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 2. Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 3. Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik kembali berkelompok sesuai dengan kelompok sebelumnya dengan jujur | 15 menit |
Inti | MENGAMATI 1.Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untukmelakukan pengamatan melalui kegiatan membaca kutipan cerpen yang telah disediakan. 2. Peserta didik mengamati penjelasan tentang unsure-unsur pembangun cerita yang terdapat pada kutipan cerita pendek. MENANYA Peserta didik mengidentifikasi pertanyaaan yang diajukan dalam cerpen dengan penuh tanggung jawab MENGUMPULKAN DATA 1.Peserta didik mengumulkan informasi tentang unsure instrinsik cerpen dengan penuh tanggung jawab. 2. Peserta didik mengumulkan informasi tentang unsure ekstrinsik yang terdapat dalam cerpen yang dibaca dengan penuh tanggung jawab. MENGASOSIASIKAN 1.Peserta didik mendiskusikan tentang unsure- unsure instrinsik yang terdapat dalam cerpen yang dibaca. 2.Peserta didik mendiskusikan tentang unsure- unsure ekstrinsik yang terdapat dalan teks cerpen yang dibaca. MENGOMUNIKASIKAN Peserta didik membacakan hasil diskusi tentang unsure-unsur insitrisik dan unsure-unsur ekstrinsik yang terdapat dalam cerpen yang dibaca dengan penuh tanggung jawab.. | 10 menit 20 menit 10 menit 10 menit 10 menit |
Penutup | 1.Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari 2.Peserta didik bersama guru melakukan evaluasi pembelajaran 3.Peserta didik bersama guru saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai 4.Peserta didik bersama guru menyepakati tugas portofolio, yakni mencari unsure instrisik dan ekstrinsik teks cerpen | 15 menit |
- Pertemuan Keempat :
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1.Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 2.Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 3. Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik kembali berkelompok sesuai dengan kelompok sebelumnya dengan jujur | 15 menit |
Inti | MENGAMATI 1.Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untukmelakukan pengamatan melalui kegiatan membaca kutipan cerpen yang telah disediakan. 2. Peserta didik mengamati penjelasan tentang struktur,ciri kebahasaan unsure-unsur pembangun cerita yang terdapat pada kutipan cerita pendek yang dibaca. MENANYA 1.Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai teks cerpen dengan penuh tanggung jawab . 2.Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang isi teks cerita pendek dengan penuh tanggung jawab. 3.Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi lebih lanjut dan beragam dari berbagai sumber. MENGUMPULKAN DATA 1.Dengan dipandu guru,peserta didik mengenali struktur teks cerita pendek. 2.Dengan dipandu guru,peserta didik mengenali unsure-unsur pembangun teks cerita pendek. 3.Dengan dipandu oleh guru,peserta didik mengenali ciri bahasa teks cerita pendek khususnya penggunaan majas. MENGASOSIASIKAN 1.Peserta didik mendiskusikan tentang struktur,cirri kebahasaan dan unsure-unsur pembangun teks cerpen Musibah Pertama dengan menjawab pertanyaan yang ada pada buku Kreatif Bahasa Indonesia Kelas XI semester 1 hal 16 dengan tanggung jawab. 2.Peserta didik menyimpulkan apakah teks cerita pendek Musibah Pertama memiliki struktur yang lengkap dan tersusun secara sistematis dengan penuh tanggung jawab. MENGOMUNIKASIKAN 1.Peserta didik membaca hasil diskusi tentang struktur teks cerpen. 2. Peserta didik menjelaskan tentang unsure-unur pembangun teks cerpen yang dibaca. 3.Peserta didik menjelaskan kalimat-kalimat dalam teks cerita pendek yang mengandung majas dan menentukan jenis majasnya. | 10 menit 10 menit 10 menit 20 menit 10 menit |
Penutup | 1.Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari 2.Guru bersama peserta didik bersama guru melakukan evaluasi pembelajaran 3.Guru bersama peserta didik bersama guru saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai 4.Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
5. Pertemuan Kelima
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1.Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 2.Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 3.Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4.Peserta didik kembali berkelompok sesuai dengan kelompok sebelumnya dengan jujur | 10 menit |
Inti | MENGAMATI 1.Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untukmelakukan pengamatan melalui kegiatan membaca kutipan cerpen yang telah disediakan. 2. Peserta didik mengamati penjelasan tentang sinopsis kutipan cerita pendek yang dibaca. 3. Peserta didik mengamati tentang gagasan utama yang terdapat pada cerpen yang dibaca dengan tanggung jawab.. MENANYA 1.Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai mater membuat synopsis teks cerpen dengan penuh tanggung jawab . 2.Guru mengembangkan rasa ingin tahu Peserta didik dari pertanyaan yang telah diajukan.. 3.Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi lebih lanjut dan beragam dari berbagai sumber. MENGUMPULKAN DATA 1.Dengan dipandu guru,peserta didik menggali dan mengumpulkan informasi tentang materi sinopsis teks cerita pendek dari berbagai sumber melalui berbagai cara.. 2.Dengan dipandu guru,peserta didik mencatat hal-hal pokok yang terdapat dalam teks cerita pendek yang dibaca dengan penuh tanggung jawab. MENGASOSIASIKAN 1.Peserta didik mendiskusikan tentang hal-hal pokok yang terdapat dalam teks cerpen Musibah Pertama dengan menjawab pertanyaan yang ada pada buku Kreatif Bahasa Indonesia Kelas XI semester 1 hal 16 dengan tanggung jawab. 2.Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan synopsis teks cerita pendek yang telah ditulis dengan penuh tanggung jawab. MENGOMUNIKASIKAN 1.Peserta didik menulis synopsis cerita pendek yang dibaca berdasarkan hal-hal pokok cerita pendek yang telah ditemukan secara berkelompk dengan penuh tanggung jawab. 2.Peserta didik membandingkan synopsis teks cerita pendek yeng telah ditulis dengan synopsis teks cerita pendek dari kelompok lain. | 10 menit 10 menit 10 menit 20 menit 10 menit |
Penutup | 1.Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari 2.Peserta didik bersama guru melakukan evaluasi pembelajaran 3.Peserta didik bersama guru saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai 4.Peserta didik bersama guru menyepakati tugas portofolio, yakni membuat sinopsis teks cerpen yang lain. | 15 menit |
6. Pertemuan keenam :
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1.Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 2.Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang mengonversi teks cerita pendek kedalam bentuk tesk drama dari guru. 3.Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan dari guru. 4.Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari. | 15 menit |
Inti | MENGAMATI 1.Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan membaca kutipan cerpen yang telah disediakan. 2. Peserta didik mengamati penjelasan tentang sinopsis persamaan dan perbedaan dua jenis teks cerita pendek yang dibaca. 3. Peserta didik menyimak informasi dari guru tentang langkah-langkah meengubah teks cerita pendek menjadi drama dengan tanggung jawab.. MENANYA 1.Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai persamaan dan perbedaan antara teks cerpen dengan teks drama dengan penuh tanggung jawab . 2. Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai langkah-langkah mengonversi teks cerita pendek ke dalam bentuk teks drama. 2.Guru mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah diajukan.. 3.Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi lebih lanjut dan beragam dari berbagai sumber. MENGUMPULKAN DATA 1.Dengan dipandu guru,peserta didik menggali dan mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri teks cerita pendek dengan teks drama dari berbagai sumber melalui berbagai cara dengan tanggung jawab. 2.Dengan dipandu guru,peserta didik mengenali cirri-ciri teks cerita pendek dan teks drama dengan penuh tanggung jawab. 3. Dengan dipandu guru,peserta didik mengenali mengenali unsure pembangun teks cerita pendek seperti latar cerita,penokohan,dan teknik yang digunakan pengarang untuk menggambarkan karakter tokoh. 4.Peserta didik menandai peristiwa-peristiwa penting yang terdapat dalam teks cerita pendek. 5.Peserta didik mencatat dialog atau percakapan yang terdapat dalam teks cerita pendek. MENGASOSIASIKAN 1.Peserta didik mendiskusikan tentang isi teks cerpen Musibah Pertama yang akan dikonversi ke dalam bentuk teks drama dengan tanggung jawab. . MENGOMUNIKASIKAN 1.Peserta didik mengubah paragraf-paragraf dalam cerita pendek yang dibaca ke dalam bentuk percakapan atau dialog pada teks drama secara berkelompok dengan penuh tanggung jawab. 2.Peserta didik bersama kelompok mementaskan teks drama yang telah dibuat di depan kelas. 3.Peserta didik menanggapi pementasan drama kelompok lain secara santun. | 10 menit 10 menit 10 menit 20 menit 10 menit |
Penutup | 1.Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari 2.Peserta didik bersama guru melakukan evaluasi pembelajaran 3.Peserta didik bersama guru saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai 4.Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
7.Pertemuan ketujuh :
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1.Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 2.Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang mengonversi teks cerita pendek kedalam bentuk tesk drama dari guru. 3.Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan dari guru. 4.Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari. | 15 menit |
Inti | MENGAMATI 1.Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan membaca kutipan cerpen yang telah disediakan. 2.Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pengamat tentang persamaan dan perbedaan dua jenis teks cerita pendek yang dibaca. MENANYA 1.Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai teks cerpen yang sudah diamati dengan penuh tanggung jawab . 2.Guru mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah diajukan.. 3.Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi lebih lanjut dan beragam dari berbagai sumber. MENGUMPULKAN DATA 1.Dengan dipandu guru,peserta didik menggali dan mengumpulkan informasi tentang struktur kedua teks cerita pendek dengan tanggung jawab. 2.Dengan dipandu guru,peserta didik mengenali cirri bahasa kedua teks cerita pendek dengan penuh tanggung jawab. 3. Dengan dipandu guru,peserta didik mengenali unsur pembangun kedua teks cerita pendek seperti latar cerita,penokohan,dan teknik yang digunakan pengarang untuk menggambarkan karakter tokoh. MENGASOSIASIKAN 1.Peserta didik mendiskusikan tentang persamaan dan perbedaan isi dua teks cerpen dengan tanggung jawab. 2. .Peserta didik menyimpulkan tentang persamaan dan perbedaan isi dua teks cerpen yang dibaca dalam diskusi kelas dengan tanggung jawab MENGOMUNIKASIKAN 1.Peserta didik menjelaskan persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita pendek dengan penuh tanggung jawab. 2.Peserta didik menyimpulkan tentang persamaan dan perbedaan isi dua teks cerpen yang dibaca dalam diskusi kelas dengan tanggung jawab. | 10 menit 10 menit 20 menit 10 menit 10 menit |
Penutup | 1.Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari 2.Peserta didik bersama guru melakukan evaluasi pembelajaran 3.Peserta didik bersama guru saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai 4.Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
8.Pertemuan kedelapan
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1.Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 2.Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang mengonversi teks cerita pendek kedalam bentuk tesk drama dari guru. 3.Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan dari guru. 4.Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari. | 15 menit |
Inti | MENGAMATI 1.Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan membaca kutipan cerpen yang telah disediakan. 2.Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pengamat melalui kegiatan membaca beberapa teks cerita pendek darai beberapa sumber. MENANYA 1.Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai membaca contoh hasil evaluasi(kelebihan / kekurangan) struktut isi dan cirri kebahasaan teks cerpen yang sudah dibaca dengan penuh tanggung jawab . 2.Guru mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah diajukan.. 3.Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi lebih lanjut dan beragam dari berbagai sumber. MENGUMPULKAN DATA 1.Dengan dipandu guru,peserta didik mencari beberapa teks cerita pendek dari berbagai sumber melalui berbagai cara dengan tanggung jawab. 2.Dengan dipandu guru,peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan)teks cerita pendek dengan penuh percaya diri. MENGASOSIASIKAN 1.Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) teks cerita pendek dengan percaya diri. MENGOMUNIKASIKAN 1.Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) teks cerita pendek dengan penuh tanggung jawab. 2.Peserta didik menanggapi pementasan drama kelompok lain secara santun. | 10 menit 10 menit 20 menit 10 menit 10 menit |
Penutup | 1.Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari 2.Peserta didik bersama guru melakukan evaluasi pembelajaran 3.Peserta didik bersama guru saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai 4.Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
9.Pertemuan kesembilan
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1.Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 2.Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang mengonversi teks cerita pendek kedalam bentuk tesk drama dari guru. 3.Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan dari guru. 4.Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari. | 15 menit |
Inti | MENGAMATI 1.Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan membaca kutipan cerpen yang telah disediakan. 2.Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pengamat tentang persamaan dan perbedaan dua jenis teks cerita pendek yang dibaca. MENANYA 1.Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai langkah-langkah menulis teks cerpen dengan percaya diri. 2.Peserta didik mempertanyakan topik pengalaman,peristiwa kejadian yang digali. 3.Guru mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah diajukan.. 4.Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi lebih lanjut dan beragam dari berbagai sumber. MENGUMPULKAN DATA 1.Dengan dipandu guru,peserta didik menggali dan mengumpulkan informasi tentang waktu,tempat kejadian,peristiwa yang terjadi,dan orang-orang yang terkait dengan tanggung jawab. 2.Dengan dipandu guru,peserta didik menentukan topik teks cerita pendek sesuai pengalaman dengan penuh tanggung jawab. MENGASOSIASIKAN 1.Peserta didik mendiskusikan tentang teks cerpen yang dibuat dengan tanggung jawab. 2.Peserta didik menyimpulkan teks cerita pendek yang dibuat. MENGOMUNIKASIKAN 1.Peserta membuat kerangka teks cerita pendek dengan menuliskan garis besar urutan-urutan kejadian (alur cerita) dengan penuh tanggung jawab. 2.Peserta didik mengembangkan kerangka teks cerita pendek menjadi teks cerita pendek yang utuh dengan memperhatikan struktur dan bahasanya. 3.Peserta didik membacakan teks cerita pendek yang telah dibuat dengan intonasi dan ekspresi yang tepat. | 10 menit 10 menit 20 menit 10 menit 10 menit |
Penutup | 1.Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari 2.Peserta didik bersama guru melakukan evaluasi pembelajaran 3.Peserta didik bersama guru saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai 4.Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 15 menit |
10.Pertemuan kesepuluh
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi waktu |
Pendahuluan | 1.Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 2.Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang mengonversi teks cerita pendek kedalam bentuk tesk drama dari guru. 3.Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan dari guru. 4.Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari. | 15 menit |
Inti | MENGAMATI 1.Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk melakukan pengamatan melalui kegiatan membaca kutipan cerpen yang telah disediakan. 2.Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pengamat tentang struktur dan bahasa teks cerita pendek yang dibaca. MENANYA 1.Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai teks cerpen yang sudah diamati dengan penuh tanggung jawab . 2.Guru mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah diajukan.. 3.Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi lebih lanjut dan beragam dari berbagai sumber. MENGUMPULKAN DATA 1.Dengan dipandu guru,peserta didik menggali dan mengumpulkan informasi tentang struktur dan bahasa teks cerita pendek teman dengan tanggung jawab. 2.Dengan dipandu guru,peserta didik menandai bagian-bagian teks cerita pendek yang dianggap meragukan dengan penuh tanggung jawab. MENGASOSIASIKAN 1.Peserta didik mendiskusikan bagian-bagian teks cerita pendek teman yang dianggap meragukan dengan percaya diri. 2.Peserta didik menyimpulkan apakah teks cerita pendek teman telah memenuhi kaidah teks cerita pendek yang baik. 3.Peserta didik memperbaiki teks cerita pendek berdasarkan hasil suntingan. . MENGOMUNIKASIKAN 1.Peserta didik mengubah paragraf-paragraf dalam cerita pendek yang dibaca ke dalam bentuk percakapan atau dialog pada teks drama secara berkelompok dengan penuh tanggung jawab. 2.Peserta didik bersama kelompok mementaskan teks drama yang telah dibuat di depan kelas. 3.Peserta didik menanggapi pementasan drama kelompok lain secara santun. | 10 menit 10 menit 20 menit 10 menit 10 menit |
Penutup | 1.Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari 2.Peserta didik bersama guru melakukan evaluasi pembelajaran 3.Peserta didik bersama guru saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai 4.Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 5.Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk mengerjakan proyek(Buku Kreatif Bahasa Indonesia Kelas XI semester 1 halaman 20). | 15 menit |
11.Pertemua 11
1.Peserta didik mengerjakan soal pilihan ganda sejumlah 15 butir soal dan soal uraian sejumlah 5 butir soal(Ulangan harian 1,Buku Kreatif Bahasa Indonesia Kelas XI semester 1 halaman 22 s.d. 25).
2.Membahas soal/melakukan refleksi terhadap indicator pencapaian kompetensi.
E. Penilaian,Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
1. Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian : observasi
b. Bentuk Instrumen : lembar observasi
c. Kisi-kisi
Lembar Observasi
Sikap Spiritual
No. | Sikap/Nilai | Indikator | Butir Pertanyaan |
1 | Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan YangMaha Esa | Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah teks cerpen baik lisan maupun tulisan | A1 |
Menggunakan kata,istilah, atau ungkapan bahasa Indonesia dalam mengekspresikan makna teks cerpen baik lisan maupun tulis. | A2 |
2.Penilaian sikap
a. Teknik Penilaian : observasi
b. Bentuk Instrumen : lembar observasi
c. Kisi-kisi
No | Sikap/ Nilai | ASPEK YANG DIAMATI | |
1 | Jujur | Menunjukkan perilaku tidak menjiplak pada kegiatan menulis teks cerpen | A3 |
Berperilaku selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak orang lain | A4 | ||
2 | Peduli | Menunjukkan rasa peduli dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis terhadap masalah-masalah yang dikemukakan dalam teks cerpen | A5 |
Berperilaku peduli dengan selalu mengerjakan tugas dengan baik | A6 | ||
3 | Tanggung jawab | Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks cerpen | A7 |
Berperilaku selalu menyelesaikan tugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan pembelajaran teks cerpen | A8 | ||
4. | Santun | Menggunaakan pilihan kata, ekspresi, gesture | A9 |
Berperilaku yang menunjukkan sifat halus dan baik dari sudut pandang bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang | A10 |
3.Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk instrumen : soal pilihan ganda dan Uraian
c. Kisi-kisi
No. | Indikator | Butir Soal |
1 | Fungsi social teks cerita pendek | 1 |
2 | Menjelaskan struktur teks cerpen | 2 |
3 | Menjelaskan ciri bahasa teks cerpen | 3 |
4 | Unsur pembangun teks cerita pendek | 4 |
4.Keterampilan
d. Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
e. Bentuk instrumen :Produk
f. Kisi-kisi
No. | Indikator | Butir Soal |
1 | Mendengarkan pembacaan teks cerita pendek | 1 |
2 | Berbicara(berdiskusi dan presentasi | 2 |
3 | Membaca teks cerita pendek | 3 |
4 | Menulis teks cerita pendek | 4 |
F.Media/alat,Bahan, dan Sumber Belajar
1.Media
a. CD interaktif pembelajaran cerita pendek
b. Media lain yang sesuai
2.Alat dan Bahan
a. Tek cerita pendek dalam buku Kreatif Bahasa Indonesia Kelas XI semester 1.
b. Teks cerita pendek dari berbagai media massa
c. Alat dan bahan lain yang relevan
3.Sumber Belajar
a. Buku paket Bahasa Indonesia Kelas XI Kemendikbud
b. Buku Kreatif Bahasa Indonesia Kelas XI semester 1 terbitan CV VIVA PAKARINDO
c. Buku pelajaran Bahasa Indonesia yang relevan
d. Buku-buku lain yang relevan
e. Media Cetak dan elektronik
Mengetahui, Boyolali, Juli 2017
Kepala SMAN Guru Mata Pelajaran,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar