Rabu, 02 Agustus 2017

SOAL BAIK DAN SOAL TIDAK BAIK SD/MI




Soal yang baik adalah soal yang sesuai dengan kaidah penulisan soal. Soal yang tidak baik adalah soal yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan soal. Berikut ini disajikan contoh-contoh soal yang baik dan tidak baik bentuk pilihan ganda disertai dengan penjelasan/ pembahasan sesuai dengan kaidah penulisan soal pilihan ganda (PG).
 KAIDAH PENULISAN SOAL BENTUK PILIHAN GANDA (PG)

Dalam menulis soal bentuk PG, penulis soal harus memperhatikan kaidah-kaidah sebagai berikut:

Materi

1. Soal harus sesuai dengan indikator.

2. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.

3. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar atau yang paling benar.

Konstruksi

1. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.

2. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang

diperlukan saja.

3. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar.

4. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.

5. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama.

6. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan, “Semua pilihan jawaban di atas salah” atau “Semua pilihan jawabandi atas benar”.

7. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut atau kronologisnya.

8. Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi.

9. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.

Bahasa

1. Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.

2. Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat jika soal akan digunakan untuk daerah lain atau nasional.

3. Setiap soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif.

4. Setiap pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu kesatuan pengertian.

Hal-hal penting lain yang perlu diperhatikan dalam penulisan soal:

1. Soal tidak boleh menyinggung suku, agama, ras, antargolongan (SARA).

2. Soal tidak boleh bermuatan politik, pornografi, promosi produk komersil (iklan) atau instansi (nama sekolah, nama wilayah), kekerasan, dan bentuk lainnya yang dapat menimbulkan efek negatif atau hal-hal yang dapat menguntungkan atau merugikan kelompok tertentu.

 CONTOH SOAL PILIHAN GANDA KURANG BAIK DAN BAIK
KAIDAH 1

Soal harus sesuai dengan indikator soal dalam kisi-kisi.
Artinya, soal harus menanyakan perilaku dan materi yang hendak diukur sesuai dengan tuntutan indikator soal.
Indikator Soal:
Disajikan gambar 4 tumbuh-tumbuhan, peserta didik dapat menentukan dua tumbuhan yang
berkembang biak dengan cara yang sama.
Contoh soal yang kurang baik:
Tumbuh-tumbuhan pada gambar di bawah ini berkembang biak secara vegetatif alami. Tumbuhan yang berkembang biak dengan akar tinggal adalah ....

Kunci jawaban: D
Penjelasan
:
Soal di atas tidak sesuai dengan indikator karena:
• indikator meminta disajikan gambar di pokok soal bukan di pilihan jawaban.
• indikator meminta 2 tumbuhan yang cara perkembangbiakannya sama, sedangkan pada soal
tersebut hanya menanyakan satu tumbuhan dengan cara perkembangbiakan tertentu.

Contoh soal yang lebih baik:
Perhatikan gambar tumbuhan berikut!





Tumbuh-tumbuhan tersebut berkembang biak secara vegetatif alami. Di antara tumbuhan tersebut yang memiliki cara perkembangbiakan yang sama adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Kunci Jawaban : A

KAIDAH 2
Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
Contoh soal yang kurang baik:






Kunci jawaban: A
Penjelasan
:
Pilihan jawaban (d) tidak logis dan tidak homogen karena atmosfer bumi tidak termasuk ke dalam pembagian struktur bumi sehingga pilihan jawaban (d) tidak berfungsi sebagai pengecoh yang baik.
Contoh soal baik:






KAIDAH 3
Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar atau yang paling benar.
Contoh soal yang kurang baik:
Contoh peristiwa konveksi dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
A. panas matahari yang sampai ke bumi
B. terjadinya angin darat dan angin laut
C. air yang dimasak di dalam panci lama kelamaan mendidih
D. pangkal besi yang terasa panas ketika ujungnya dibakar
Kunci jawaban: B dan C
Penjelasan
:
Pada soal ini B dan C merupakan kunci jawaban. Hal ini dapat membingungkan peserta didik. Bagi peserta didik yang menguasai materi akan merasa dirugikan kalau ternyata kunci yang dijadikan patokan adalah salah satu dari kunci tersebut.
Contoh soal yang lebih baik:
Contoh peristiwa konveksi dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
A. panas matahari yang sampai ke bumi
B. terjadinya angin darat dan angin laut
C. panci yang menjadi panas akibat adanya api dari kompor
D. pangkal besi yang terasa panas ketika ujungnya dibakar
Kunci jawaban: B

KAIDAH 4
Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.
Contoh soal yang kurang baik:
Kabel listrik di jalan agak kendor agar ....
A. mempermudah menyambung pada saat kabel terputus
B. mudah dipindahkan apabila ada perbaikan
C. menghindari pemuaian yang terjadi pada kabel
D. mencegah kabel putus pada saat terjadi penyusutan
Kunci jawaban: D
Penjelasan
:
Pokok soal kurang jelas karena langsung merujuk pada kabel listrik. Semestinya pokok soal tersebut membahas mengenai pemasangan kabel.
Contoh soal yang lebih tepat:
Perhatikan gambar kabel listrik berikut!






Pemasangan kabel listrik dibuat agak kendur seperti pada gambar yang bertujuan untuk ....
A. mempermudah menyambung pada saat kabel putus
B. mudah dipindahkan apabila ada perbaikan
C. menghindari pemuaian yang terjadi pada kabel
D. mencegah kabel putus pada saat terjadi penyusutan
Kunci jawaban: D

KAIDAH 5
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang
diperlukan saja.
Contoh soal yang kurang baik:
Perhatikan gambar berikut ini!







Tulang-tulang pada gambar dihubungkan oleh persendian. Arah gerakan yang dihasilkan oleh sendi bermacam-macam tergantung dari letaknya di dalam tubuh manusia. Ada gerakan sendi ke satu arah, ada yang ke dua arah, ada yang ke segala arah, dan ada yang berputar. Arah gerak sendi yang ditunjukkan pada gambar di atas adalah ....
A. berputar
B. satu arah
C. dua arah
D. segala arah
Kunci jawaban: B
Penjelasan:
Rumusan pokok soal di atas mengandung pernyataan yang tidak diperlukan. Hal ini menyita waktu dan terkadang dapat menimbulkan kesalahan dalam menginterpretasikan soal.
Contoh soal yang lebih baik:
Perhatikan gambar berikut ini!







Arah gerak sendi yang ditunjukkan pada gambar di atas adalah ....
A. berputar
B. satu arah
C. dua arah
D. segala arah
Kunci jawaban: B


KAIDAH 6
Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar.
Contoh soal yang kurang baik:
Di halaman rumah terdapat tanaman bunga matahari yang bunganya sedang bermekaran. Banyak
lebah yang hinggap di bunga itu dan mengisap nektar bunga. Dengan adanya lebah, butir-butir
benangsari berjatuhan ke kepala putik, bahkan benangsari yang menempel di tubuh lebah dapat
terbawa dan jatuh di bunga lain ketika lebah berpindah.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, terjalin hubungan saling menguntungkan antara tanaman bunga
matahari dan lebah karena ....
A. tanaman bunga matahari memperoleh makanan, sedangkan lebah memperoleh tempat
untuk hinggap dan bersembunyi dari pemangsanya
B. tanaman bunga matahari melakukan proses fotosintesis dibantu oleh lebah yang hinggap
di mahkota bunga
C. tanaman bunga matahari dibantu penyerbukannya oleh lebah, sedangkan lebah
memperoleh nektar dari bunga matahari
D. tanaman bunga matahari memiliki mahkota bunga yang menarik sehingga lebah hinggap di
mahkota tersebut
Kunci jawaban : C
Penjelasan :
Di dalam stimulus terdapat kata ‘nektar’ dan penjelasan tentang proses penyerbukan. Hal ini
mengarahkan peserta didik ke jawaban yang benar (C).
Contoh soal yang lebih baik:
Di halaman rumah terdapat tanaman bunga matahari yang sedang bermekaran. Banyak lebah yang hinggap di bunga itu.
Pada peristiwa ini terjalin hubungan saling menguntungkan antara tanaman bunga matahari dan
lebah karena ....
A. tanaman bunga matahari memperoleh makanan, sedangkan lebah memperoleh tempat
untuk hinggap dan bersembunyi dari pemangsanya
B. tanaman bunga matahari melakukan proses fotosintesis dibantu oleh lebah yang hinggap
di mahkota bunga
C. tanaman bunga matahari dibantu penyerbukannya oleh lebah, sedangkan lebah
memperoleh nektar dari bunga matahari
D. tanaman bunga matahari memiliki mahkota bunga yang menarik sehingga lebah hinggap di
mahkota tersebut
Kunci jawaban : C


KAIDAH 7
Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
Contoh soal yang kurang baik:
Penggunaan tanda baca pada kalimat berikut tidak tepat, kecuali
A. Perubahan iklim sudah terjadi, dan akan terus berlangsung.
B. Banjir, badai, dan kekeringan akan sering terjadi akhir-akhir ini.
C. Perubahan iklim berdampak pada, sektor kesehatan dan pertanian.
D. Produksi bahan pangan seperti, jagung, dan padi mengalami penurunan.
Kunci jawaban: B
Penjelasan
:
Pokok soal yang menggunakan pernyataan yang bersifat negatif ganda (kata bukan, kecuali, dan
sejenisnya) dapat membingungkan peserta didik.
Contoh soal yang lebih baik:
Penggunaan tanda baca di bawah ini yang tepat terdapat pada kalimat …
A. Perubahan iklim sudah terjadi, dan akan terus berlangsung.
B. Banjir, badai, dan kekeringan akan sering terjadi akhir-akhir ini.
C. Perubahan iklim berdampak pada, sektor kesehatan dan pertanian.
D. Produksi bahan pangan seperti, jagung, dan padi mengalami penurunan.
Kunci jawaban: B

KAIDAH 8
Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama.
Contoh soal yang kurang baik:
Bacalah dialog berikut!
Dayu : Udin, kamu sudah pernah ya berkunjung ke Kampung Rawajati.
Udin : Iya, beberapa waktu yang lalu aku ikut ayahku ke sana. Ayahku sebagai Ketua RT ingin
belajar dari sebuah permukiman hijau agar bisa menerapkannya di permukimanku.
Dayu : Apa yang membedakan Kampung Rawajati dengan permukiman lain?
Udin : Di sana setiap rumah terlihat hijau karena dipenuhi aneka pohon dan bunga. Di sekitar
kampung pot-pot tanaman tersusun rapi memenuhi gang. Selain hijau, di sana juga bersih.
Dayu : Bersih seperti apa? Tidak terlihat tumpukan sampah maksudmu?
Udin : Iya. Warga di sana memilah dan mengelola sampah dengan bijak. Jadi tidak terlihat
tumpukan sampah, bahkan di tempat sampah umum sekalipun.
Pernyataan yang sesuai dengan isi dialog di atas adalah …
A. Kampung Rawajati merupakan kampung yang menerapkan permukiman hijau.
B. Udin berkunjung ke Kampung Rawajati.
C. Beberapa rumah terlihat hijau.
D. Kampung Rawajati sama saja dengan permukiman lain.
Kunci jawaban: A
Penjelasan
:
Panjang rumusan pilihan jawaban A tidak sama dibandingkan pilihan jawaban lain. Hal ini cenderung membuat peserta didik memilih jawaban tersebut sebagai kunci.
Contoh soal yang lebih baik:
Bacalah dialog berikut!
Dayu : Udin, kamu sudah pernah ya berkunjung ke Kampung Rawajati.
Udin : Iya, beberapa waktu yang lalu aku ikut ayahku ke sana. Ayahku sebagai Ketua RT ingin
belajar dari sebuah permukiman hijau agar bisa menerapkannya di permukimanku.
Dayu : Apa yang membedakan Kampung Rawajati dengan permukiman lain?
Udin : Di sana setiap rumah terlihat hijau karena dipenuhi aneka pohon dan bunga. Di sekitar
kampung pot-pot tanaman tersusun rapi memenuhi gang. Selain hijau, di sana juga bersih.
Dayu : Bersih seperti apa? Tidak terlihat tumpukan sampah maksudmu?
Udin : Iya. Warga di sana memilah dan mengelola sampah dengan bijak. Jadi tidak terlihat
tumpukan sampah, bahkan di tempat sampah umum sekalipun.
Pernyataan yang sesuai dengan isi dialog tersebut adalah …
A. Kampung Rawajati merupakan kampung yang menerapkan permukiman hijau.
B. Udin berkunjung ke Kampung Rawajati agar menerapkan di permukimannya.
C. Beberapa rumah terlihat hijau karena dipenuhi berbagai macam pohon dan bunga.
D. Kampung Rawajati sama saja dengan permukiman lain.
Kunci jawaban: A

KAIDAH 9
Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan ‘’Semua pilihan jawaban di atas
salah’’ atau ‘’Semua pilihan jawaban di atas benar’’.
Contoh soal yang kurang baik:
Rayap melakukan adaptasi tingkah laku dengan cara ....
A. meneteskan atau mengeluarkan air dari daunnya
B. mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya
C. melakukan mimikri supaya mirip lebah
D. semua jawaban di atas salah
Kunci jawaban: D
Penjelasan:
Pada soal tersebut pilihan jawaban berkurang satu dan hanya tiga pilihan jawaban yang
dipertimbangkan. Jika semua jawaban di atas salah merupakan kunci jawaban, tidak akan diperoleh informasi yang menunjukkan pemahaman peserta didik tentang jawaban yang benar. Selain itu, opsi D bukanlah bagian dari materi.
Contoh soal yang lebih baik:
Rayap melakukan adaptasi tingkah laku dengan cara ....
A. meneteskan atau mengeluarkan air dari daunnya
B. mengubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya
C. melakukan mimikri supaya mirip lebah
D. memakan kembali kulit yang terkelupas dari tubuhnya
Kunci jawaban: D

KAIDAH 10
Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan besar
kecilnya nilai angka tersebut atau kronologinya
Contoh soal yang kurang baik:
Rata-rata tekanan darah normal pada orang dewasa sebesar ....
A. 100/60 mm Hg
B. 120/80 mm Hg
C. 140/85 mm Hg
D. 90/60 mm Hg
Kunci jawaban: B
Penjelasan:
Pilihan jawaban tidak terurut dari nominal terendah sampai tertinggi atau sebaliknya. Hal ini akan menyita waktu lebih banyak bagi peserta didik dan dapat menyebabkan kekeliruan dalam memilih jawaban.
Contoh soal yang lebih baik:
Rata-rata tekanan darah normal pada orang dewasa sebesar ....
A. 140/80 mm Hg
B. 120/80 mm Hg
C. 100/60 mm Hg
D. 90/60 mm Hg
Kunci jawaban: B

KAIDAH 11
Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas
dan berfungsi.
Contoh soal yang kurang baik:
Diagram jumlah peserta seleksi selama 7 hari.






Rata-rata jumlah peserta per hari adalah ….
A. 65,00
B. 65,29
C. 65,57
D. 66,00
Kunci jawaban : A
Penjelasan
:
Skala pada diagram untuk jumlah peserta kurang lengkap sehingga menyulitkan peserta didik
membacanya.
Contoh soal yang lebih baik:
Diagram jumlah peserta seleksi selama 7 hari.







Rata-rata jumlah peserta per hari adalah ….
A. 65,00
B. 65,50
C. 65,75
D. 66,00

KAIDAH 12
Butir soal tidak boleh bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Contoh soal yang kurang baik:
1. Rian memiliki kolam ikan berbentuk balok dengan ukuran panjang 4 m, lebar 3 m, dan dalam
1,5 m. Volume kolam ikan tersebut adalah ….
A. 1.800 liter
B. 6.000 liter
C. 18.000 liter
D. 60.000 liter
2. Jika kolam ikan pada soal nomor 1 diisi air dengan debit 30 liter/menit, waktu yang diperlukan
hingga kolam terisi penuh air adalah ….
A. 60 menit
B. 200 menit
C. 600 menit
D. 2.000 menit
Penjelasan:
Soal nomor 2 bergantung pada jawaban soal nomor 1, sehingga kalau jawaban soal nomor 1 salah maka otomatis jawaban soal nomor 2 salah. Demikian juga jangan sampai ada materi soal atau kunci jawaban terdapat pada pokok soal yang lain.
Contoh soal nomor 2 yang lebih baik:
Sebuah drum dengan volume 45.000 ml diisi air dengan debit 30 liter/menit. Waktu yang diperlukan
hingga drum terisi penuh air adalah ….
A. 1,5 menit
B. 12,5 menit
C. 15 menit
D. 125 menit


KAIDAH 13
Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa
Indonesia.
Contoh soal yang kurang baik:
Apabila mau memperkecil gaya gesek dapat dengan cara ....
A. memperkasar permukaan benda
B. memberi gerigi pada salah satu permukaan benda
C. memasang bantalan kayu pada salah satu permukaan
D. memperhalus permukaan benda
Kunci jawaban: D
Penjelasan
:
Kalimat pada pokok soal belum sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia karena tidak ada subyek dan predikatnya kurang jelas. Pokok soal merupakan anak kalimat, induk kalimat tidak jelas.
Contoh soal yang lebih baik:
Upaya untuk memperkecil gaya gesek dapat dilakukan dengan cara ....
A. memperkasar permukaan benda
B. memberi gerigi pada salah satu permukaan benda
C. memasang bantalan kayu pada salah satu permukaan
D. memperhalus permukaan benda
Kunci jawaban: D


KAIDAH 14
Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat jika soal akan digunakan untuk
daerah lain atau nasional.
Contoh soal yang kurang baik:
Perhatikan gambar rantai makanan berikut ini!





Peran ulo pada rantai makanan tersebut adalah ....
A. produsen
B. konsumen tingkat II
C. konsumen tingkat III
D. pengurai
Kunci jawaban: C
Penjelasan
:
Istilah “ulo” merupakan bahasa daerah Jawa Tengah yang berarti ular. Daerah lain belum tentu
memahami makna dari kata “ulo” sehingga akan menimbulkan kerancuan makna dari soal. Oleh
karena itu, soal seperti ini tidak dapat digunakan untuk daerah di luar Jawa Tengah ataupun nasional.
Contoh soal yang lebih baik:
Perhatikan gambar rantai makanan berikut ini!





Peran ular pada rantai makanan tersebut adalah ....
A. produsen
B. konsumen tingkat II
C. konsumen tingkat III
D. pengurai
Kunci jawaban: C

KAIDAH 15
Setiap soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif.
Contoh soal yang kurang baik:
Bagian bengkuang yang seringkali menjadi bahan konsumsi oleh manusia adalah ....
A. akar
B. batang
C. biji
D. buah
Kunci jawaban: A
Penjelasan
:
Rumusan pokok soal tersebut tidak secara langsung dapat dipahami maksudnya. Peserta didik harus membaca berulang-ulang untuk memahami pokok soal.
Contoh soal yang lebih baik:
Pada tanaman bengkuang, bagian yang dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah ....
A. akar
B. batang
C. biji
D. buah
Kunci jawaban: A
KAIDAH 16
Setiap pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan
satu kesatuan pengertian.
Contoh soal yang kurang baik:
Perhatikan gambar berikut ini!





Jika saklar S1 pada rangkaian gambar tersebut ditutup, yang terjadi adalah ....
A. lampu tetap menyala pada L1 dan L2
B. lampu tetap menyala pada L2 dan L3
C. lampu tetap menyala pada L1 dan L3
D. lampu tetap menyala pada L2 dan L4
Kunci jawaban: A
Penjelasan
:
Pada pilihan jawaban terdapat pengulangan frasa. Sebaiknya frasa tersebut dimasukkan ke dalam
pokok soal agar peserta didik tidak membaca berulang-ulang sehingga menyita waktu.
Contoh soal yang lebih baik:
Perhatikan gambar berikut ini!





Jika saklar S1 pada rangkaian tersebut ditutup, lampu yang tetap menyala adalah ....
A. L1 dan L2
B. L2 dan L3
C. L1 dan L3
D. L2 dan L4
Kunci jawaban: A
Hal-hal penting yang harus diperhatikan
Contoh yang kurang baik:
Pada suatu hari Iksan ketahuan menyontek ketika ulangan Matematika. Sepulang sekolah, teman-temannya mengejeknya. Iksan tidak terima dan mulai memukul salah satu temannya. Teman yang dipukul tersebut membalas memukul dan menendangnya. Teman-teman yang lain ikut-ikutan mengeroyok Iksan bahkan ada yang melemparinya dengan batu. Akhirnya Iksan mengalami luka-luka yang mengeluarkan sangat banyak darah. Iksan pun pingsan tak sadarkan diri.
Apabila kamu berada di sekitar tempat kejadian, apakah perbuatan terpuji yang dapat kamu
lakukan?
A. Membiarkan karena tidak mau terlibat.
B. Melerai pertengkaran.
C. Mengantar Iksan ke rumahnya.
D. Memanggil dokter.
Kunci jawaban: B
Penjelasan:
Soal tersebut mengandung unsur kekerasan yang kemungkinan berdampak negatif bagi peserta
didik.
Contoh yang baik:
Pada suatu hari Iksan ketahuan menyontek ketika ulangan Matematika. Sepulang sekolah, temantemannya mengejeknya. Iksan tidak terima dan marah. Akhirnya, terjadilah keributan di antara mereka.
Apabila kamu berada di sekitar tempat kejadian, apakah perbuatan terpuji yang dapat kamu
lakukan?
A. Membiarkan karena tidak mau terlibat.
B. Melerai pertengkaran.
C. Mengantar Iksan ke rumahnya.
D. Memanggil dokter.
Kunci B

Sumber

Puspendik. 2017. Panduan Penulisan soal 2017 SD/MI. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar