Nama Satuan Pendidikan : SMAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi : Teks Ceramah
Jumlah Pertemuan : 2 pertemuan (4 X 45’)
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian |
3.5 Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah, kebahasaan,isi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah. | Pertemuan 1 3.3.1 Menentukan unsur-unsur ceramah. 3.3.2 Menentukan isi informasi ceramah. 3.3.3 Menentukan unsur kebahasaan ceramah |
4.5 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah. b | Pertemuan 2 4.5.1 Menulis kembali kerangka ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memperhatikan isi,kebahasaan dan topik teks ceramah. 4.5.2 Mempresentasikan,mengomentari, dan merevisi teks ceramah yang disusun. |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
1. Setelah mencermati teks ceramah, peserta didik dapat menuliskan unsur – unsur ceramah dengan penuh tanggung jawab.
2. Setelah mencermati teks ceramah, peserta didik dapat menuliskan isi teks ceramah dengan penuh tanggung jawab.
3. Setelah mencermati teks ceramah,peserta didik dapat menyebutkan unsur kebahasaan teks ceramah.
4. Setelah mencermati teks ceramah , peserta didik menulis kembali informasi atau kerangka ceramah secara lisan dan tulis.
Pertemuan 2:
1. Setelah membaca dan mencermati teks ceramah,peserta didik dapat menuliskan kerangka teks ceramah teks ceramah.(Literasi)
5. Setelah mencermati teks ceramah,peserta didik dapat mempresentasikan ceramah secara lisan dan tulis.
D. Materi Pembelajaran
Pertemuan 1:
Unsur-unsur ceramah:
1. Pembuka
2. Isi
3. Penutup
Kebahasaan teks ceramah:
1. Kalimat persuasif
Pertemuan 2:
Menyusun teks ceramah:
1. Pembuka
a. Salam pembuka
b. Ucapan Penghormatan
c. Ucapan syukur
2. Isi ceramah
3. Penutup Ceramah
a. Simpulan pendek dari uraian yang disampaikan
b. Permintaan maaf kepada hadirin
c. Salam penutup
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Metode : diskusi, tanya jawab, penugasan
Model : Discovery Learning
F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1. Media : CD interaktif, LCD, laptop
2. Alat dan bahan : Teks Ceramah
3. Sumber Belajar :
Anderson, Mark dan Kathy Anderson. 2003. Text Types in English. South Yarra: Macmillan Education Australia.
Hartono, Bambang. 2012. Dasar-dasar Kajian Wacana Bahasa Indonesia. Semarang: Pustaka Zaman.
Kemdikbud, 2013b. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Siswa. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kemdikbud.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1:
Bagian | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu |
Pendahuluan | a. Peserta didik memberi salam hormat kepada pendidik, berdoa, dan mengondisikan diri siap belajar. b. Peserta didik bertanya jawab (dengan peserta didik yang lain dan pendidik) berkaitan dengan materi teks ceramah yang akan dipelajari. c. Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran. d. Peserta didik menyimak pokok-pokok/cakupan meteri pembelajaran | 9 menit |
Inti | Mengamati a. Peserta didik membaca teks ceramah.(Literasi) b. Peserta didik mencermati teks ceramah secara berpasangan. | |
Menanyakan c. Peserta didik secara berpasangan bertanya jawab tentang unsur-unsur teks ceramah,isi informasi,kebahasaan teks ceramah secara kritis. (ppk) d. Peserta didik secara berpasangan menuliskan masalah yang muncul tentang unsur ceramah,isi informasi,kebahasaan. | ||
Mengeksplorasi e. Peserta secara berkelompok (4C) membaca berbagai sumber tentang teks ceramah.(Kerja sama) f. Peserta didik secara berkelompok menuliskan unsur-unsur,isi informasi,kebahasaan teks ceramah berdasarkan berbagai sumber yang dibaca.(Kerja Sama) | ||
Mengasosiasikan g. Peserta didik secara berkelompok menuliskan unsur-unsur,isi informasi,kebahasaan teks ceramah yang telah disediakan h. Peserta didik menuliskan hasil diskusi tentang unsur-unsur,isi informasi,kebahasaan teks ceramah. | ||
Mengomunikasikan i. Secara berkelompok peserta didik melaporkan hasil diskusi (4C) masing-masing tentang unsur-unsur,isi informasi,kebahasaan teks ceramah. j. Kelompok lain menyampaikan sanggahan (pertanyaan, pernyataan setuju/tidak setuju) terhadap laporan yang disampaikan temannya. k. Pendidik memberikan penguatan hasil diskusi. | ||
l. Peserta didik menarik simpulan dan merevisi temuannya tentang unsur-unsur,isi informasi,kebahasaan teks ceramah yang disediakan. m. Peserta didik membuat rangkuman. n. Peserta didik mencacat tugas untuk mencari teks ceramah dari majalah atau surat kabar atau internet dan menganalisisnya dari segi unsur-unsur,isi,kebahasaannya . | ||
Penutup | a. Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi yang diajarkan tentang teks ceramah berdasarkan struktur dan kaidah. b. Peserta didik melalukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat catatan penguasaan materi. c. Peserta didik mengerjakan evaluasi formatif berkaitan unsur dan kaidah teks ceramah. d. Peserta didik saling bertukar hasil pekerjaan dan mengoreksi pekerjaan serta memberikan umpan balik hasil evaluasi. e. Peserta didik memperoleh tugas pengayaan untuk menganalisis unsur –unsur dan kaidah bahasa teks ceramah yang diambil dari surat kabar atau majalah. | 13 menit |
Pertemuan ke-2:
Bagian | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi waktu |
Pendahuluan | a. Peserta didik memberi salam hormat kepada pendidik, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar. b. Peserta didik bertanya jawab (dengan peserta didik yang lain dan pendidik) berkaitan dengan materi teks ceramah yang akan dipelajari. c. Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran dan manfaat menguasai materi pembelajaran. d. Peserta didik menyimak pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran | 9 menit |
Inti | Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan) a. Guru meminta siswa untuk menyebutkan jenis-jenis ceramah. b. Guru mengingatkan siswa bahwa setiap bentuk ceramah ada c. Guru menstimulasi siswa sehingga siswa memiliki keinginan untuk mengetahui berceramah yang baik. | 10 menit |
Problem statement (pertanyaan/identifikasi masalah) a. Peserta didik merumuskan hal-hal atau isi ceramah. | 10 menit | |
Data collection (pengumpulan data) a. Peserta didik membaca kembali secara cermat teks ceramah yang disediakan. b. Peserta didik membaca literatur (jika diperlukan) yang dapat digunakan sebagai sarana dalam menjawab pertanyaan yang dirumuskan pada langkah problem statemen. | 15 menit | |
Data processing (pengolahan data) a. Peserta didik mengidentifikasi dan menentukan hal-hal yang akan dijadikan teks ceramah b. Peserta didik menentukan kalimat persuasif dalam teks ceramah | 16 menit | |
c. Peserta didik memberi tanda pada bagian-bagian pembuka,isi,penutup dalam teks ceramah.. d. Peserta didik secara berkelompok membaca dan memberikan tanggapan pada bagian-bagian teks ceramah.. | 16 menit | |
Generalization (menarik simpulan/generalisasi) a. Peserta didik menarik simpulan dan merevisi temuannya tentang hasil suntingan teks ceramah . b. Guru dan siswa menyimpulkan tentang teks ceramah yang baik. | 10 menit | |
Penutup | a. Peserta didik menarik simpulan dan merevisi temuannya tentang hasil suntingan struktur dan kaidah teks ceramah . b. Peserta didik membuat ringkasan berdasarkan isi teks. c. Peserta didik mencacat tugas untuk mencari teks ceramah dari surat kabar dan atau internet menyuntingnya dari segi struktur dan kaidahnya. | 14 menit |
H. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1. Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk instrument : Lembar Observasi
c. Kisi-kisi :
Lembar Observasi
Sikap Spiritual
Sikap/Nilai | Indikator | Butir Pertanyaan | |
1 | Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa. | Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam memahami struktur dan kaidah teks ceramah baik lisan maupun tulisan | A1 |
Menggunakan kata kerja material dan relasional dalam menganalisis teks ceramah baik lisan maupun tulis. | A2 |
2. Penilaian Sikap
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk instrumen : Lembar Observasi
c. Kisi-kisi
Lembar Observasi
Sikap Sosial
No. | Sikap/Nilai | Indikator | Butir Pertanyaan |
1 | Jujur | Menunjukkan perilaku tidak berbohong pada kegiatan mengungkapkan informasi dari berbagai sumber | A3 |
Berperilaku selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain. | A4 | ||
2 | Tanggung jawab | Berperilaku selalu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik pada kegiatan pembelajaran teks ceramah | A5 |
Berperilaku selalu menyelesaikan tugas dengan data atau informasi yang dapat dipercaya pada kegiatan pembelajaran teks ceramah | A6 | ||
3 | Santun | Menggunakan pilihan kata, ekspresi, dan gestur santun. | A7 |
Berperilaku yang menunjukkan sifat halus dan baik dari sudut pandang bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang. | A8 |
3. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b. Bentuk instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi
No. | Indikator | Butir Soal |
1. | Menuliskan unsur-unsur ceramah | B1 |
2. | Menuliskan isi teks ceramah | B2 |
3. | Menyusun teks ceramah | B3 |
4. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Unjuk Kerja
b. Bentuk instrumen : Produk
c. Kisi-kisi
No. | Indikator | Butir Soal | ||
1 | Mempresentasikan hasil menulis kembali informasi teks ceramah. | C1 | ||
2 | Mengomentari dan merevisi teks ceramah yang telah disusun teman lain. | C2 | ||
Mengetahui | Boyolali, Juli 2017 | |||
Kepala SMAN | Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia | |||
.................................... | .......................................................... | |||
Lampiran 2: INSTRUMEN PENILAIAN
1. Sikap Spiritual
LEMBAR OBSERVASI
SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 = sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati
2 = kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
Nama Peserta Didik : ...
Kelas : ...
Tanggal Pengamatan : ...
Materi Pokok : ...
No. | Sikap/Nilai yang Diamati | Skor | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Berdoa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran teks eksplanasi kompleks | ||||
2 | Mengucapkan syukur atas karunia Tuhan sebagai tanda telah dipermudah mendapatkan informasi pembelajaran teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||||
3 | Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi dengan bahasa yang baik dan benar. | ||||
4 | Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan melalui isi teks eksplanasi kompleks dengan kata, istilah, dan ungkapan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | ||||
5 | Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan melalui isi teks eksplanasi kompleks | ||||
Jumlah Skor |
Keterangan:
1 : Kurang
1 : Cukup
2 : Baik
3 : Baik Sekali
2. Sikap Sosial
a. Jujur
Nama Peserta Didik : …
Kelas : …
Materi Pokok : …
Tanggal : …
Petunjuk
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No. | Aspek Pengamatan | Skor | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Sebagai peserta didik melakukan tugas-tugas dengan baik | ||||
2 | Bekerja sama dalam kelompok | ||||
3 | Menuduh orang lain tanpa bukti | ||||
4 | Mau mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain | ||||
5 | Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain |
b. Sikap Tanggung Jawab
Nama Peserta Didik : …
Kelas : …
Materi Pokok : …
Tanggal : …
Petunjuk
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No. | Aspek Pengamatan | Skor | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Sebagai peserta didik melakukan tugas-tugas dengan baik | ||||
2 | Bekerja sama dalam kelompok | ||||
3 | Menuduh orang lain tanpa bukti | ||||
4 | Mau mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain | ||||
5 | Berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain |
c. Sikap Santun
Nama Peserta Didik : ...
Kelas : …
Materi Pokok : …
Tanggal : …
Petunjuk
STS : Jika kamu sangat tidak setuju dengan pernyataan
tersebut
TS : Jika kamu tidak setuju dengan pernyataan tersebut
S : Jika kamu setuju dengan pernyataan tersebut
SS : Jika kamu sangat setuju dengan pernyataan tersebut
No. | Pernyataan | Penilaian | |||
STS | TS | S | SS | ||
1 | Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi sesama teman | ||||
2 | Tidak berkata kata kotor, kasar dan takabur | ||||
3 | Tidak menyela pembicaraan orang | ||||
4 | Mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan dari orang lain | ||||
5 | Tersenyum, menyapa, memberi salam kepada orang yang ada di sekitar |
PENILAIAN DIRI
Nama Peserta Didik : …
Kelas : …
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda (V) yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No. | Perilaku | Dilakukan/Muncul | |
Ya | Tidak | ||
1. | Mengungkapkan informasi disertai dengan sumber rujukan. | ||
2. | Aktif menyelesaikan masalah dalam diskusi dalam kelompok | ||
3. | Menggunakan kalimat yang tidak menyinggung perasaan teman diskusi. |
Keterangan:
Ya = 2
Tidak = 0
PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK
Nama/No.Penilai : …
Nama/No.yang Dinilai : …
Kelas : …
- Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pelajaran
- Berikan tanda (V) pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatanmu.
- Serahkan hasil pengamatanmu kepada guru.
No. | Perilaku | Dilakukan/Muncul | |
Ya | Tidak | ||
1. | Mengungkapkan informasi disertai dengan sumber rujukan. | ||
2. | Aktif menyelesaikan masalah dalam diskusi dalam kelompok | ||
3. | Menggunakan kalimat yang tidak menyinggung perasaan teman diskusi. |
Keterangan:
Ya = 2
Tidak = 0
JURNAL PENILAIAN SIKAP
Tulislah hal-hal/peristiwa/kejadian luar biasa yang dilakukan peserta didik baik hal yang positif maupun negatif!
No. | Kelas | Nama Peserta Didik | Hari/ Tanggal | Catatan |
1. | ||||
2. | ||||
3. | ||||
4. | ||||
Dst. |
REKAPITUASI
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran : ...
Kelas/Semester : ...
Tahun Pelajaran : ...
Waktu Pengamatan : ...
Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif, dan kerja keras
1. BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2. MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3. MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4. MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan check list (√) pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Lembar Pengamatan Sikap
No. | Nama Siswa | Jujur | Tanggung Jawab | Santun | Jumlah | Nilai | |||||||||
BT | MT | MB | MK | BT | MT | MB | MK | BT | MT | MB | MK | ||||
1. | |||||||||||||||
2. | |||||||||||||||
3. | |||||||||||||||
4. |
2. Penilaian Pengetahuan
Tugas: Carilah teks ceramah dari majalah atau surat kabar dan analisislah dari segi struktur dan kaidahnya!
Pedoman penskoran
No. | Kriteria | Skor |
1. | Menganalisis teks ceramah dengan struktur dan kaidah benar | 91-100 |
2. | Menganalisis teks ceramah dengan struktur dan kaidah cukup benar | 81-90 |
3. | Menganalisis teks ceramah dengan struktur dan kaidah agak benar | 71-80 |
4. | Menganalisis teks ceramah dengan struktur dan kaidah kurang benar | 61-70 |
5. | Menganalisis teks ceramah dengan struktur dan kaidah tidak benar | 0-60 |
3. Penilaian Keterampilan
SOAL KETERAMPILAN
Petunjuk
a. Bacalah dengan cermat teks ceramah yang ditulis temanmu!
b. Setelah itu, suntinglah berdasarkan struktur dan bahasanya!
Rubrik Penilaian Keterampilan Menyunting Teks ceramah
No. | Kriteria | Skor |
1. | Menyunting teks ceramah dengan struktur dan kaidah benar | 91-100 |
2. | Menyunting teks ceramah dengan struktur dan kaidah cukup benar | 81-90 |
3. | Menyunting teks ceramah dengan struktur dan kaidah agak benar | 71-80 |
4. | Menyunting teks ceramah dengan struktur dan kaidah kurang benar | 61-70 |
5. | Menyunting teks ceramah dengan struktur dan kaidah tidak benar | 0-60 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar